Skip to main content

Antara Yahoo! Answer dan Semangat nge-BLoG PanDe Baik ; Happy Anniversary 5th BLoG www.pandebaik.com

Entah apa yang saya pikirkan ketika memutuskan untuk bergabung di Yahoo! Answer awal April lalu. Hanya sekedar ingin tahu, penasaran bahkan ada juga rasa untuk ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain. Hasilnya lumayan. Dalam jangka waktu satu setengah bulan, saya mampu meraih posisi di Level 4 dengan jumlah Poin 2.547, 130 Jawaban Terbaik dari 380 jawaban yang saya berikan dengan tingkat prosentase sebesar 25%. Hasil ini pula akhirnya memberikan ganjaran sebagai Kontributor TOP Yahoo! Answer pada kategori PDA & Gadget. Ada sedikit kebanggaan bahwa Level tersebut bisa dicapai dengan cara yang baik dan benar.

Memang tidak ada penghargaan khusus yang diberikan setiap kali jawaban yang kita berikan dinyatakan sebagai jawaban terbaik oleh si Penanya, namun ada juga rasa bangga ketika apa yang kita sampaikan minimal mendapatkan respon atau paling tidak bisa berguna bagi orang lain. Sebuah Spirit yang sama dengan aktifitas BLoG yang sudah berjalan 5 tahun ini.

26 Mei 2006 merupakan awal dari semua perjalanan www.pandebaik.com. Saat itu BLoG masih merupakan pengetahuan baru bagi saya, hingga isi tulisan saat itu beneran narsis abisss. Kadang jadi malu juga kalo lagi membacanya. Menumpang di alamat gratisan milik blogspot, hampir tidak ada pengunjung yang berkenan mampir saat itu. Baru mulai terdengar ketika saya mendapatkan voucher Free Hosting dari acara Launching-nya Bali Blogger awal tahun 2008 lalu. Itupun domain yang saya gunakan sudah tidak gratisan lagi. PanDeividuaLity.net. Sebuah nama yang sulit diingat bukan ?

Alamat www.pandebaik.com baru saya gunakan ketika melakukan Hijrah tempat hosting dari RakhaHost ke Bali Orange, dan masih berlangsung hingga hari ini. Pasca perpindahan ini rasanya semangat untuk menulis BLoG saya jadi makin besar. Makin jadi kecanduan, Addict dan sepertinya jadi makin gag bisa tidur kalo belum menulis. Hampir selalu ada saja yang namanya Ide Tulisan bersliweran di kepala. Dari yang gag penting sampe yang gag nyambung. He… Datang tiba-tiba meski sesaat sebelum beranjak tidur.

Berbagi pengetahuan dan pengalaman pada akhirnya menjadi misi terakhir yang saya lakukan untuk selalu konsisten menulis, meski jarak publikasi antara satu tulisan dengan tulisan lainnya memerlukan jeda waktu 2-3 hari sekali. Ini saya siasati lantaran waktu untuk menulis sudah tidak lagi bisa full day akibat dari beban pekerjaan dan tentu saja kehadiran Mirah GayatriDewi, putri kecil kami. Beberapa tema yang sempat saya tulis secara beruntun diantaranya Reuni SMA 6 Denpasar Angkatan 1992 bulan April 2010 lalu, kesibukan baru bersama LPSE Badung, merintis terbentuknya organisasi pemuda keagamaan Yowana Pande, Berburu BadGes FourSQuare, berbagi Tips penggunaan FaceBook atau bahkan Android yang sebulan terakhir saya lakukan. Semua itu muncul begitu saja tanpa ada beban yang harus saya pikul.

Di tahun kelima ini pula BLoG www.pandebaik.com mulai memasuki masa-masa yang yang barangkali sejak dua tiga tahun lalu sudah terpikirkan. Moneytize BLoG. Minimal mampu mendatangkan sedikit pemasukan sekedar untuk menggantikan biaya Domain dan Hosting tiap tahunnya. Terima Kasih untuk Warung BeBeque dan Mai Bus. Tapi Ngomong-ngomong soal Hosting, di tahun ini pula pada akhirnya saya memutuskan untuk menaikkan space hosting dua kali lipatnya. Ini saya lakukan setelah melihat sisa space yang ada sudah rada mepet-mepet, minta diselamatkan. Begitu juga dengan Bandwidth bulanan yang dinaikkan pasca kasus peghinaan Nyepi bulan Maret lalu, kunjungan langsung melonjak hingga 2500 orang dalam seharinya. Bersyukur satu bulan terakhir sudah kembali normal. Ternyata susah juga ya kalo yang namanya Traffic naik drastis ? hehehe…

Bersyukur pula yang namanya Spirit nge-BLoG masih bisa berlangsung seperti biasa. Tersendat-sendat. Hehehe… jadi makin sulit ketika mulai berkenalan dengan Yahoo! Answer. Keasyikan berbagi yang saya temukan dalam menjawab setiap pertanyaan (yang saya kuasai tentu saja Meskipun terkadang membuat ilfil lantaran banyaknya pertanyaan yang saling menghujat Agama), membuat waktu untuk menulis dalam bentuk tulisan BLoG makin lama makin sedikit saja. Bahkan Tulisan inipun datangnya last minute dan dituliskan ya last minute juga. Walau begitu, ada rasa senang ketika jawaban itu saya kirimkan.

Sudah lima tahun ya ternyata. Gag terasa memang. Dari 1.790 tulisan yang hingga kini ada di halaman  www.pandebaik.com ada sekitar 63 Draft Tulisan yang batal untuk dipublikasikan. Penyebabnya sederhana, karena ada beberapa tulisan yang saya buat jauh sebelumnya, kemudian disimpan terlalu lama sehingga baik konteks ataupun unsur faktual yang ada dalam tulisan tersebut malah menjadi basi dan tidak akurat. padahal saat dibuat sudah diusahakan dengan berbagai data yang terkini. Tapi ketimbang dibuang, saya biarkan saja tetap disitu.

Yah, meski agak tersendat, semoga BLoG ini masih bisa setia menemani hari –hari berikut dengan informasi ataupun cerita yang minimal bisa berguna kelak bagi yang membacanya. So, Happy Anniversary 5th BLoG www.pandebaik.com.

Comments

Postingan Lain

Jodoh di Urutan ke-3 Tanda Pesawat IG

Kata Orangtua Jaman Now, Jodoh kita itu adanya di urutan ke-3 tanda pesawat akun IG.  Masalahnya adalah, yang berada di urutan ke-3 itu bapak-bapak ganteng brewokan berambut gondrong.  Lalu saya harus gimana ?  #jodohurutanketigadipesawat  Mestinya kan di urutan SATU ?

Mewujudkan Agenda Cuti Bersama Lebaran

Tampaknya di Hari terakhir Cuti Bersama Lebaran, sebagian besar rencana yang ingin dilakukan sejak awal liburan sudah bisa terwujud, meski masih ada beberapa agenda lainnya yang belum bisa dijalani.  Satu hal yang patut disyukuri, setidaknya waktu luang jadi bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan tertunda beberapa waktu lalu.  1. Migrasi Blog Aksi pulang kampung ke laman BlogSpot tampaknya sudah bisa dilakukan meski dengan banyak catatan minus didalamnya. Namun setidaknya, harapan untuk tidak lagi merepotkan banyak orang, kedepannya bisa dicapai. Sekarang tinggal diUpdate dengan postingan tulisan tentang banyak hal saja.  2. Upload Data Simpeg Melakukan pengiriman berkas pegawai ke sistem online milik BKD rasanya sudah berulang kali dilakukan sejauh ini. Termasuk Simpeg Badung kali ini, yang infonya dilakukan pengulangan pengiriman berkas dengan menyamakan nomenklatur penamaan file. Gak repot sih sebenarnya. Tapi lumayan banyak yang harus dilengkapi lagi. 

Warna Cerah untuk Hidup yang Lebih Indah

Seingat saya dari era remaja kenal baju kaos sampai nganten, isi lemari sekitar 90an persen dipenuhi warna hitam. Apalagi pas jadi Anak Teknik, baju selem sudah jadi keharusan.  Tapi begitu beranjak dewasa -katanya sih masa pra lansia, sudah mulai membuka diri pada warna-warna cerah pada baju atasan, baik model kaos oblong, model berkerah atau kemeja.  Warna paling parah yang dimiliki sejauh ini, antara Peach -mirip pink tapi ada campuran oranye, atau kuning. Warna yang dulu gak bakalan pernah masuk ke lemari baju. Sementara warna merah, lebih banyak digunakan saat mengenal ke-Pandean, nyaruang antara warna parpol atau merahnya Kabupaten Badung.  Selain itu masih ada warna hijau tosca yang belakangan lagi ngetrend, merah marun atau biru navy. Semua warna dicobain, mengingat hidup rasanya terlalu sederhana untuk dipakein baju hitaaaaam melulu.  Harapannya bisa memberikan warna pada hidup yang jauh lebih cerah, secerah senyum istri pas lagi selfie. 

Semua Berakhir di 5 Besar Teruna Teruni Denpasar 2024

Bermula dari coba-coba lalu masuk menjadi 5 Besar Finalis Teruna Teruni Denpasar Tahun 2024, putri kami Pande Putu Mirah Gayatridewi ternyata masih berusia 15 Tahun saat Grand Final dilaksanakan di Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Kota Denpasar, hari Minggu 18 Februari 2024 kemarin. Berhasil menyisihkan puluhan peserta dengan tingkat prestasi berskala Kab/Kota, Provinsi dan Nasional, ia mendapatkan undangan dari Panitia TTD untuk mengikuti perhelatan bergengsi ini, pasca meraih Juara Pertama Teruna Bagus Teruni Jegeg Sisma -SMAN 7 Denpasar Tahun 2023 lalu. Sehingga batas bawah Umur Peserta yang seharusnya 16 Tahun, infonya ditoleransi mengingat usianya sudah jalan menuju angka 16 sebulan kedepan.  Meski hanya sampai di peringkat 5 Besar, kami semua turut bangga mengingat ini adalah kali pertama putri kami mengikuti ajang tingkat Kab/Kota, menjadikannya sebagai Finalis Termuda diantara peserta lainnya. Bahkan kami dengar, merupakan siswa pertama di sekolahnya yang lolos hingga jenja

62 Tahun Bang Iwan Fals

Pekan ini Bang Iwan Fals kalau gak salah genap berusia 62 tahun. Umur yang gak muda lagi meski masih sering melahirkan karya-karya baru bareng anak-anak muda milenial.  Saya mengenal lagu-lagu Bang Iwan tepatnya di era Album Wakil Rakyat. Sebuah karya jelang Pemilu 1988 yang mengetengahkan lagu soal para legislatip yang biasa bersafari, dengan keragaman perilaku mereka di jaman itu.  Lirik lagunya tergolong sederhana, dan aransemennya juga mudah diingat. Gak heran di jaman itu pula, saya kerap membawakan lagu Wakil Rakyat sebagai lagu kebanggaan pas didaulat nyanyi didepan kelas, didepan 40an anak kelas 4 atau 5 kalau gak salah.  Dan ada juga beberapa karya sang musisi, yang dibawakan sesekali macam Kereta Tua atau Sore Tugu Pancoran yang bercerita soal si Budi kecil.  Terakhir menyukai karya Bang Iwan kalau ndak salah di album Suara Hati (2002). Yang ada track Untuk Para Pengabdi dan Seperti Matahari. Dua lagu favorit saya di album itu. Setelahnya hanya sebatas suka mendengar sebagian