Skip to main content

Inilah Cara Bayar BPJS Kesehatan Online

Kesehatan menjadi hal paling utama yang harus diperhatikan, di mana sekarang sudah ada yang namanya BPJS untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Apalagi adanya BPJS kesehatan online dapat membuat semuanya semakin mudah.

Baik membayar iuran bulanan, mengecek tagihan, hingga klaim penggunaan kini dapat dilakukan melalui online. Anda tidak perlu ribet lagi bila ingin mempunyai BPJS untuk Anda pribadi dan keluarga tentunya.

Pentingnya Memiliki BPJS Kesehatan

Alasan mengapa BPJS sangat penting ialah untuk memproteksi diri saat sedang dibutuhkan, baik karena sakit, kecelakaan, ataupun jaminan kesehatan di hari tua. Selain lebih aman, BPJS akan sangat membantu di keadaan darurat.
Di sini Anda juga bisa membuat BPJS untuk keluarga, di mana Anda bisa tetap menjaga keluarga meski sedang jauh di luar kota sekalipun.

Bayar BPJS Kesehatan Online

Penggunaan BPJS tidak serta merta bisa Anda gunakan, namun ada iuran bulanan yang harus Anda bayar. Biasanya pengguna mengeluhkan proses pembayaran yang lama di kantor BPJS, namun Anda tidak perlu khawatir karena sekarang pembayaran BPJS sudah bisa dilakukan secara online.

1. Cara Bayar BPJS di Marketplace

Pastinya banyak dari Anda yang belum tahu bahwa membayar BPJS bisa melalui marketplace, sebut saja Tokopedia, Shopee, hingga Bukalapak sudah menyediakan fitur ini.
Caranya juga sangatlah mudah dan gampang, berikut caranya:

  • Pergilah ke marketplace yang Anda biasa belanja online, lalu cari menu Pembayaran dan Pembelian.
  • Pilih Pembayaran BPJS dan klik BPJS Kesehatan.
  • Selanjutnya masukkan VA Keluarga atau nomor BPJS Anda.
  • Di sini Anda akan diberi informasi tagihan BPJS yang harus dibayar, Anda juga bisa membayar untuk beberapa bulan ke depan.
  • Setelah itu pilih metode pembayaran yang Anda sukai, baik melalui transfer bank, minimarket, dan lain sebagainya.
  • Klik Bayar dan Anda akan diarahkan menuju menu pembayaran.
  • Kemudian pergilah untuk membayar tagihan yang ada melalui metode yang sudah dipilih.
  • Foto bukti pembayaran dan upload di menu konfirmasi.
  • Dari sini Anda tinggal klik Konfirmasi dan tunggu beberapa saat.
  • Otomatis akan ada notifikasi baik melalui email atau nomor telepon BPJS Anda bahwa tagihan bulanan sudah berhasil dibayar.

  • 2. Cara Bayar BPJS dengan Dompet Digital

    Menggunakan dompet digital menjadi cara lain yang bisa Anda gunakan, di mana caranya lebih efektif dan juga efisien. Caranya ialah sebagai berikut:

  • Pertama Anda harus memiliki dompet digital terlebih dahulu, seperti Dana, LinkAja, OVO, dan lain sebagainya.
  • Lakukan deposit di dompet digital yang Anda pilih, di sini Anda bisa mengisinya melalui ATM bank.
  • Kemudian bukalah dompet digital dan pilih menu Beli/Bayar.
  • Carilah pilihan Asuransi, lalu klik menu BPJS Kesehatan.
  • Selanjutnya masukkan nomor atau VA BPJS Anda, otomatis akan muncul detail tagihan atau pembayaran yang harus Anda bayar.
  • Lalu tekan Bayar Sekarang, maka proses transaksi akan mulai berjalan.
  • Bila pembayaran sudah selesai Anda bisa menunggu beberapa saat, selang beberapa saat akan muncul notifikasi pembayaran di email atau SMS yang terdaftar di BPJS.
  • Hal ini menandakan bahwa Anda sudah berhasil melakukan pembayaran BPJS kesehatan online.
  • 3. Cara Bayar BPJS Melalui Website

    Bila Anda ingin cara aman membayar BPJS secara online, maka Anda bisa memilih website penyedia pembayaran online. Salah satunya di Bhinneka.com, di mana situs ini menawarkan pembayaran BPJS yang cepat dan juga aman.

  • Kunjungilah Bhinneka lalu pilih menu pembayaran BPJS kesehatan, namun untuk lebih mudahnya Anda bisa langsung klik link berikut: https://www.bhinneka.com/digital-product/bpjs-kesehatan/.
  • Selanjutnya isilah nomor VA BPJS kesehatan yang Anda miliki, kemudian tentukan pembayaran tagihan hingga bulan apa.
  • Klik Cek Tagihan dan otomatis Anda akan diberi informasi total tagihan yang harus Anda bayar.
  • Di sini pergilah ke ATM dan lakukan pembayaran ke nomor rekening yang sudah disediakan Bhinneka.
  • Jangan lupa foto dan simpan bukti pembayaran, lalu upload di halaman Konfirmasi yang ada di situs.
  • Klik Konfirmasi pembayaran dan tunggulah proses selesai, setidaknya butuh waktu beberapa jam agar pembayaran selesai.
  • Bila pembayaran sudah berhasil, maka Anda akan mendapat notifikasi langsung dari BPJS baik melalui email atau nomor telepon yang terdaftar.
  • Kelebihan Bayar BPJS Kesehatan secara Online

    Membayar BPJS kesehatan secara online memang memiliki banyak kelebihan, seperti lebih mudah, cepat, bebas admin, dan lain sebagainya. Tentu saja cara ini bisa Anda gunakan bila tidak ingin ribet harus datang ke kantor BPJS.

    1. Mudah dan Cepat
    Meskipun membutuhkan waktu beberapa jam, namun tetap saja membayar tagihan BPJS kesehatan secara online lebih mudah dan praktis. Pasalnya Anda tidak harus datang ke kantor BPJS terlebih dahulu, di mana cukup di rumah saja Anda sudah dapat melakukan pembayaran tersebut.
    Selain itu kantor BPJS selalu ramai setiap hari, hal ini pastinya akan membuat pengguna BPJS enggan mengantre terlalu lama. Namun dengan cara online, maka Anda tidak perlu mengantre lagi. Mengingat pembayaran tersebut sudah dilakukan secara otomatis.

    2. Pembayaran Secara Real Time
    Perlu Anda ketahui juga bahwa Anda bisa membayar BPJS kapanpun Anda mau, termasuk di luar jam kerja atau hari libur sekalipun. Hal ini karena pembayaran BPJS kesehatan online dilakukan secara real time.
    Tentunya Anda akan terhindar dari telat membayar yang dapat membuat Anda terkena denda, apalagi bila harus sampai terblokir akan sangat disayangkan.

    3. Bebas Biaya Admin
    Biasanya bila Anda membayar tagihan di kantor BPJS, maka Anda akan dikenakan biaya admin yang lumayan besar. Namun tidak demikian bila Anda melakukannya secara online, di mana walaupun tidak benar-benar bebas admin. Setidaknya biaya yang dikeluarkan jauh lebih sedikit.
    Kelebihan ini pastinya akan sangat membantu Anda, apalagi bila jumlah akun VA BPJS yang banyak juga akan berpengaruh terhadap biaya adminnya. Tapi bila dengan cara online semuanya akan sama saja dan cenderung lebih terjangkau.

    4. Bisa Bayar Sampai Beberapa Bulan ke Depan
    Uniknya pembayaran secara online, Anda bisa menentukan sampai bulan kapan pembayaran yang akan dilakukan. Misalnya saja sampai bulan depan atau sampai 3 bulan ke depan tidak menjadi masalah.

    Fitur ini sudah bisa dijumpai dengan mudah di berbagai pembayaran online saat ini, seperti online shop, dompet digital, ATM bank, situs website, dan lain sebagainya. Meskipun terlihat sepele namun untuk beberapa orang hal ini sangatlah mempermudah pembayaran BPJS kesehatan yang dimilikinya.

    Apabila Anda ingin membayar BPJS pribadi maupun keluarga, maka Anda bisa berkunjung di Bhinneka.com. Situs ini menawarkan beragam kelebihan yang bisa Anda dapatkan, mulai fiturnya yang real time, pembayaran hingga beberapa bulan, dan metode pembayaran yang lengkap.

    Selain itu Anda juga bisa membayar BPJS dalam jumlah banyak sekaligus dengan biaya admin yang sangat terjangkau. Tentunya hal ini bisa Anda lakukan hanya dengan beberapa langkah saja.

    Comments

    Postingan Lain

    Jodoh di Urutan ke-3 Tanda Pesawat IG

    Kata Orangtua Jaman Now, Jodoh kita itu adanya di urutan ke-3 tanda pesawat akun IG.  Masalahnya adalah, yang berada di urutan ke-3 itu bapak-bapak ganteng brewokan berambut gondrong.  Lalu saya harus gimana ?  #jodohurutanketigadipesawat  Mestinya kan di urutan SATU ?

    Mewujudkan Agenda Cuti Bersama Lebaran

    Tampaknya di Hari terakhir Cuti Bersama Lebaran, sebagian besar rencana yang ingin dilakukan sejak awal liburan sudah bisa terwujud, meski masih ada beberapa agenda lainnya yang belum bisa dijalani.  Satu hal yang patut disyukuri, setidaknya waktu luang jadi bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan tertunda beberapa waktu lalu.  1. Migrasi Blog Aksi pulang kampung ke laman BlogSpot tampaknya sudah bisa dilakukan meski dengan banyak catatan minus didalamnya. Namun setidaknya, harapan untuk tidak lagi merepotkan banyak orang, kedepannya bisa dicapai. Sekarang tinggal diUpdate dengan postingan tulisan tentang banyak hal saja.  2. Upload Data Simpeg Melakukan pengiriman berkas pegawai ke sistem online milik BKD rasanya sudah berulang kali dilakukan sejauh ini. Termasuk Simpeg Badung kali ini, yang infonya dilakukan pengulangan pengiriman berkas dengan menyamakan nomenklatur penamaan file. Gak repot sih sebenarnya. Tapi lumayan banyak yang harus dilengkapi lagi. 

    Warna Cerah untuk Hidup yang Lebih Indah

    Seingat saya dari era remaja kenal baju kaos sampai nganten, isi lemari sekitar 90an persen dipenuhi warna hitam. Apalagi pas jadi Anak Teknik, baju selem sudah jadi keharusan.  Tapi begitu beranjak dewasa -katanya sih masa pra lansia, sudah mulai membuka diri pada warna-warna cerah pada baju atasan, baik model kaos oblong, model berkerah atau kemeja.  Warna paling parah yang dimiliki sejauh ini, antara Peach -mirip pink tapi ada campuran oranye, atau kuning. Warna yang dulu gak bakalan pernah masuk ke lemari baju. Sementara warna merah, lebih banyak digunakan saat mengenal ke-Pandean, nyaruang antara warna parpol atau merahnya Kabupaten Badung.  Selain itu masih ada warna hijau tosca yang belakangan lagi ngetrend, merah marun atau biru navy. Semua warna dicobain, mengingat hidup rasanya terlalu sederhana untuk dipakein baju hitaaaaam melulu.  Harapannya bisa memberikan warna pada hidup yang jauh lebih cerah, secerah senyum istri pas lagi selfie. 

    Semua Berakhir di 5 Besar Teruna Teruni Denpasar 2024

    Bermula dari coba-coba lalu masuk menjadi 5 Besar Finalis Teruna Teruni Denpasar Tahun 2024, putri kami Pande Putu Mirah Gayatridewi ternyata masih berusia 15 Tahun saat Grand Final dilaksanakan di Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Kota Denpasar, hari Minggu 18 Februari 2024 kemarin. Berhasil menyisihkan puluhan peserta dengan tingkat prestasi berskala Kab/Kota, Provinsi dan Nasional, ia mendapatkan undangan dari Panitia TTD untuk mengikuti perhelatan bergengsi ini, pasca meraih Juara Pertama Teruna Bagus Teruni Jegeg Sisma -SMAN 7 Denpasar Tahun 2023 lalu. Sehingga batas bawah Umur Peserta yang seharusnya 16 Tahun, infonya ditoleransi mengingat usianya sudah jalan menuju angka 16 sebulan kedepan.  Meski hanya sampai di peringkat 5 Besar, kami semua turut bangga mengingat ini adalah kali pertama putri kami mengikuti ajang tingkat Kab/Kota, menjadikannya sebagai Finalis Termuda diantara peserta lainnya. Bahkan kami dengar, merupakan siswa pertama di sekolahnya yang lolos hingga jenja

    62 Tahun Bang Iwan Fals

    Pekan ini Bang Iwan Fals kalau gak salah genap berusia 62 tahun. Umur yang gak muda lagi meski masih sering melahirkan karya-karya baru bareng anak-anak muda milenial.  Saya mengenal lagu-lagu Bang Iwan tepatnya di era Album Wakil Rakyat. Sebuah karya jelang Pemilu 1988 yang mengetengahkan lagu soal para legislatip yang biasa bersafari, dengan keragaman perilaku mereka di jaman itu.  Lirik lagunya tergolong sederhana, dan aransemennya juga mudah diingat. Gak heran di jaman itu pula, saya kerap membawakan lagu Wakil Rakyat sebagai lagu kebanggaan pas didaulat nyanyi didepan kelas, didepan 40an anak kelas 4 atau 5 kalau gak salah.  Dan ada juga beberapa karya sang musisi, yang dibawakan sesekali macam Kereta Tua atau Sore Tugu Pancoran yang bercerita soal si Budi kecil.  Terakhir menyukai karya Bang Iwan kalau ndak salah di album Suara Hati (2002). Yang ada track Untuk Para Pengabdi dan Seperti Matahari. Dua lagu favorit saya di album itu. Setelahnya hanya sebatas suka mendengar sebagian