Skip to main content

Cikal 1991 Album Favorit 90an Karya Iwan Fals

Dari belasan kaset om Iwan Fals yang saya miliki, album album yang dirilis era tahun 90an adalah versi terbaik dari keseluruhan karya yang pernah saya dengar hingga hari ini.

Salah satunya, album Cikal (1991). 

Kalau tidak salah, album ini dibuat untuk anak kedua om Iwan, Annisa Cikal Rambu Basae yang lahir pada tahun 1985 silam. 

Saya menyukai album ini, karena dari sisi aransemen musik yang mendominasi dari side A maupun B, beda jauh pake kata banget, dari lagu-lagu om Iwan era 80an. 

Adapun track Cikal, Pulang Kerja, Alam Malam, atau Untuk Bram, adalah karya terfavorit selama mendengarkan kaset jadul ini bolak balik masa-masa itu.

Dan infonya, lagu Cendrawasih dan Proyek 13 sempat mendapat penghargaan dari Walhi dan isinya pun masih relevan jika dilantunkan saat ini. 

Cikal saat ini sudah tumbuh menjadi anak remaja yang tangguh. Saya sendiri memFollow akun yang bersangkutan di Instagram dari beberapa waktu lalu. 

Melihatnya banyak membantu aktifitas sang ayah, punya kebanggaan tersendiri karena rupanya sang buah hati bisa mengambil keputusan untuk menjalani hidupnya berdampingan namun tetap mengutamakan profesionalitas dalam bekerja. 

Beberapa lagu dalam album Cikal, rupanya sudah mulai dibawakan lagi oleh Om Iwan belakangan ini dalam penampilan di bulan Ramadhan tempo hari, maupun konser belakang rumah yang pernah rutin dilakukan tiap bulannya. 

Cukup mengobati kangen untuk berdendang lagi sebagaimana keaeharian di masa lalu. 

Comments

Popular posts from this blog

Jodoh di Urutan ke-3 Tanda Pesawat IG

Kata Orangtua Jaman Now, Jodoh kita itu adanya di urutan ke-3 tanda pesawat akun IG.  Masalahnya adalah, yang berada di urutan ke-3 itu bapak-bapak ganteng brewokan berambut gondrong.  Lalu saya harus gimana ?  #jodohurutanketigadipesawat  Mestinya kan di urutan SATU ?

Mewujudkan Agenda Cuti Bersama Lebaran

Tampaknya di Hari terakhir Cuti Bersama Lebaran, sebagian besar rencana yang ingin dilakukan sejak awal liburan sudah bisa terwujud, meski masih ada beberapa agenda lainnya yang belum bisa dijalani.  Satu hal yang patut disyukuri, setidaknya waktu luang jadi bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan tertunda beberapa waktu lalu.  1. Migrasi Blog Aksi pulang kampung ke laman BlogSpot tampaknya sudah bisa dilakukan meski dengan banyak catatan minus didalamnya. Namun setidaknya, harapan untuk tidak lagi merepotkan banyak orang, kedepannya bisa dicapai. Sekarang tinggal diUpdate dengan postingan tulisan tentang banyak hal saja.  2. Upload Data Simpeg Melakukan pengiriman berkas pegawai ke sistem online milik BKD rasanya sudah berulang kali dilakukan sejauh ini. Termasuk Simpeg Badung kali ini, yang infonya dilakukan pengulangan pengiriman berkas dengan menyamakan nomenklatur penamaan file. Gak repot sih sebenarnya. Tapi lumayan banyak yang harus dilengkapi lagi. 

Kalian masi ingat, kapan mulai gabung ke Sosial Media ?

Saya ingatnya pertama kenal FaceBook November 2008. Era kampanye Mister Barrack Obama yang kabarnya waktu itu make sarana FB untuk merangkul generasi muda. Sempat penasaran di awal, gegara tumben kenal yang namanya Media Sosial.  Padahal di era yang sama, sudah ada FriendSter, MySpace atau Hi5. Rupanya saya bukan generasi itu.  Yang jadi gara-gara ya Blogging.  Keasikan nulisin Blog, keenakan onani, lalu kesandung orang deh.  Start awal di laman Blogspot 25 Mei 2006, pake nama pandebaik.blogspot.com lalu diberi hadiah Domain pribadi oleh RakhaHost di agenda gabung bareng Bali Blogger Community Februari 2008, berubah nama jadi pandeividuality.net yang terinspirasi dari album PAS Indieviduality, menggunakan mesin Wordpress. dan pas kesandung media mainstream, pindah hosting ke Bali Orange jadi www.pandebaik.com pada November 2008. Pindah hosting juga gegara Rakhahost trouble cukup lama.  Balik ke Blogspot lagi pada 16 April 2023 lalu lantaran capek mengelola Wordpress, yang kerap disampe