Skip to main content

Mencoba Lakoni Pola Hidup Baru

Awalnya sih gag terlalu merasakan perubahan yang terjadi pada berat badan, lantaran memang niat untuk menurunkannya sudah ada sejak awal tahun tempo hari. Namun lantaran rata-rata teman yang dijumpai menanyakan hal yang sama, mau gag mau akhirnya mengambil langkah juga untuk periksa lab terkait Kadar Gula Darah. Sekedar memastikan dan juga ingin mengetahuinya sejak awal.

Hasilnya, jumat lalu 26 Mei 2012 Kadar Gula Darah dinyatakan tinggi dengan poin 394. Sangat mengejutkan tentu, mengingat tidak ada tanda-tanda yang terlihat secara fisik kecuali penurunan berat badan sebesar 12 KG selama enam bulan lamanya. Beberapa gejala lain yang saya pantau dari dunia maya malahan gag saya rasakan sejak dulu. Meski dua hari terakhir sebelum melakukan Testing, sempat juga menguji kebenaran tersebut, terkait kencing yang dirubung semut jika memang benar kadar Gula Darah tergolong Tinggi.

Berita ini tentu mengejutkan bagi Istri dan juga Ibu yang sudah menduga lebih awal mengingat ada faktor keturunan dari Bapak yang sudah mengalaminya terlebih dulu. Maka jadilah sejak hari itu saya mencoba menjalani pola hidup baru dengan melakukan diet rendah karbohidrat dan kalori.

Lantaran sudah sekitaran enam bulan saya menjalani pola diet mengurangi volume Nasi dengan tujuan menurunkan berat badan, maka oleh dokter Gizi pasca pemeriksaan tersebut, sayapun tidak diminta untuk mengubah pola makan sehari-hari. Yang diubah hanyalah jenis makanan yang diasup selama ini. Disarankan demikian karena secara berat badan masih dianggap kelebihan sekitar 15 Kg lagi, maka sambil berusaha menurunkan kadar Gula Darah, sayapun disarankan untuk menurunkan pula berat badan hingga mencapai hasil ideal.

Selain oleh-oleh obat Amaril 2 mg yang saya dapat dari pemeriksaan dokter Wira Gotra yang berpraktek di Klinik jalan Suli Denpasar, sayapun mendapatkan oleh-oleh lain lagi dari dokter Gizi setempat berupa daftar makanan yang diajurkan dan sedapat mungkin dikurangi. Memang secara nasehat yang disampaikan oleh dokter, disarankan agar tidak terlalu terbebani dengan pola makan yang baru nantinya, namun secara kesadaran diri sendiri sih ingin juga menjalankannya sebisa mungkin. Jika memang mampu, mengapa tidak?

Maka selama dua hari saya berusaha memahami maksud dari daftar makan yang diberikan oleh dokter Gizi tersebut, minimal untuk mengetahui jenis mana saja yang harus dihindari dan jenis mana saja yang boleh bebas dikonsumsi. Ternyata ada beberapa makanan yang merupakan favorit saya selama menjalankan diet masuk pula dalam daftar disarankan seperti mentimun dan tomat. Sedang roti, yang selama ini saya gemari rupanya masuk dalam kategori pengganti Nasi. Artinya kalo nasi sudah dimakan dalam porsi yang cukup, ya gag boleh nambah lagi dengan roti. Ealah…

Setelah menjalani empat hari perubahan jenis makanan, sayapun kembali melakukan Test terkait Kadar Gula Darah melalui Laboratorium Prodia jalan Diponegoro, lantaran pengujian tempo hari dilakukan dengan menggunakan alat tester kecil yang kabarnya sudah dapat dibeli secara bebas di Apotik terdekat.

Hasilnya cukup menggembirakan, bahwa setelah melakukan Puasa selama 12 jam lamanya, kadar Gula Darah saya turun hingga 128 dan pasca beraktifitas dan makan malam, naik hingga 145. Hasil yang memuaskan kata dokter. Itu artinya usaha yang saya lakukan selama empat hari lamanya sudah benar dari pola dan jenis makanannya. Tinggal mempertahankannya selama bulan-bulan kedepan dengan cara yang kurang lebih sama. Menjaga asupan karbohidrat dan juga kalori kedalam tubuh serta rajin berolahraga.

Ngomong-ngomong soal olahraga nih, sejak pemeriksaan saya jadi menyadari bahwa kesehatan itu penting. Hingga kemudian memutuskan untuk melewati 30 menit hingga satu jam lamanya di pagi hari untuk bergerak, berjalan kaki menuju lapangan Puputan Kota Denpasar atau sekedar berjemur sesaat setelah sampai di kantor. Tips ini makin suka saya jalani pasca membaca beberapa catatan kliping tentang Diabetes saat menanti proses testing di Prodia beberapa waktu lalu.

Terakhir, hasrat untuk melakukan Pemeriksaan Kadar Gula Darah sendiri secara berkalapun akhirnya tercapai juga. Dengan harga 495ribu untuk sebuah alat Accu Check, kini aktifitas tersebut dapat saya lakukan kapanpun diinginkan. Selain dapat dimanfaatkan secara pribadi, dapat pula digunakan untuk memeriksakan Bapak, Ibu dan Istri yang memang pula harus ikut waspada terhadap the Silent Killer ini.

Jikapun masih boleh memilih, inginnya sih tetap sehat tanpa ada kemungkinan terjangkit Diabetes lagi. Tapi yah lantaran sudah terlanjur menjalani pola hidup yang salah mau gag mau ya tetap berusaha. Jadi mohon doanya yah, biar saya bisa menjaga kesehatan, menjaga keluarga dan terus menulis. :p

Comments

Postingan Lain

Jodoh di Urutan ke-3 Tanda Pesawat IG

Kata Orangtua Jaman Now, Jodoh kita itu adanya di urutan ke-3 tanda pesawat akun IG.  Masalahnya adalah, yang berada di urutan ke-3 itu bapak-bapak ganteng brewokan berambut gondrong.  Lalu saya harus gimana ?  #jodohurutanketigadipesawat  Mestinya kan di urutan SATU ?

Mewujudkan Agenda Cuti Bersama Lebaran

Tampaknya di Hari terakhir Cuti Bersama Lebaran, sebagian besar rencana yang ingin dilakukan sejak awal liburan sudah bisa terwujud, meski masih ada beberapa agenda lainnya yang belum bisa dijalani.  Satu hal yang patut disyukuri, setidaknya waktu luang jadi bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan tertunda beberapa waktu lalu.  1. Migrasi Blog Aksi pulang kampung ke laman BlogSpot tampaknya sudah bisa dilakukan meski dengan banyak catatan minus didalamnya. Namun setidaknya, harapan untuk tidak lagi merepotkan banyak orang, kedepannya bisa dicapai. Sekarang tinggal diUpdate dengan postingan tulisan tentang banyak hal saja.  2. Upload Data Simpeg Melakukan pengiriman berkas pegawai ke sistem online milik BKD rasanya sudah berulang kali dilakukan sejauh ini. Termasuk Simpeg Badung kali ini, yang infonya dilakukan pengulangan pengiriman berkas dengan menyamakan nomenklatur penamaan file. Gak repot sih sebenarnya. Tapi lumayan banyak yang harus dilengkapi lagi. 

Warna Cerah untuk Hidup yang Lebih Indah

Seingat saya dari era remaja kenal baju kaos sampai nganten, isi lemari sekitar 90an persen dipenuhi warna hitam. Apalagi pas jadi Anak Teknik, baju selem sudah jadi keharusan.  Tapi begitu beranjak dewasa -katanya sih masa pra lansia, sudah mulai membuka diri pada warna-warna cerah pada baju atasan, baik model kaos oblong, model berkerah atau kemeja.  Warna paling parah yang dimiliki sejauh ini, antara Peach -mirip pink tapi ada campuran oranye, atau kuning. Warna yang dulu gak bakalan pernah masuk ke lemari baju. Sementara warna merah, lebih banyak digunakan saat mengenal ke-Pandean, nyaruang antara warna parpol atau merahnya Kabupaten Badung.  Selain itu masih ada warna hijau tosca yang belakangan lagi ngetrend, merah marun atau biru navy. Semua warna dicobain, mengingat hidup rasanya terlalu sederhana untuk dipakein baju hitaaaaam melulu.  Harapannya bisa memberikan warna pada hidup yang jauh lebih cerah, secerah senyum istri pas lagi selfie. 

Semua Berakhir di 5 Besar Teruna Teruni Denpasar 2024

Bermula dari coba-coba lalu masuk menjadi 5 Besar Finalis Teruna Teruni Denpasar Tahun 2024, putri kami Pande Putu Mirah Gayatridewi ternyata masih berusia 15 Tahun saat Grand Final dilaksanakan di Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Kota Denpasar, hari Minggu 18 Februari 2024 kemarin. Berhasil menyisihkan puluhan peserta dengan tingkat prestasi berskala Kab/Kota, Provinsi dan Nasional, ia mendapatkan undangan dari Panitia TTD untuk mengikuti perhelatan bergengsi ini, pasca meraih Juara Pertama Teruna Bagus Teruni Jegeg Sisma -SMAN 7 Denpasar Tahun 2023 lalu. Sehingga batas bawah Umur Peserta yang seharusnya 16 Tahun, infonya ditoleransi mengingat usianya sudah jalan menuju angka 16 sebulan kedepan.  Meski hanya sampai di peringkat 5 Besar, kami semua turut bangga mengingat ini adalah kali pertama putri kami mengikuti ajang tingkat Kab/Kota, menjadikannya sebagai Finalis Termuda diantara peserta lainnya. Bahkan kami dengar, merupakan siswa pertama di sekolahnya yang lolos hingga jenja

62 Tahun Bang Iwan Fals

Pekan ini Bang Iwan Fals kalau gak salah genap berusia 62 tahun. Umur yang gak muda lagi meski masih sering melahirkan karya-karya baru bareng anak-anak muda milenial.  Saya mengenal lagu-lagu Bang Iwan tepatnya di era Album Wakil Rakyat. Sebuah karya jelang Pemilu 1988 yang mengetengahkan lagu soal para legislatip yang biasa bersafari, dengan keragaman perilaku mereka di jaman itu.  Lirik lagunya tergolong sederhana, dan aransemennya juga mudah diingat. Gak heran di jaman itu pula, saya kerap membawakan lagu Wakil Rakyat sebagai lagu kebanggaan pas didaulat nyanyi didepan kelas, didepan 40an anak kelas 4 atau 5 kalau gak salah.  Dan ada juga beberapa karya sang musisi, yang dibawakan sesekali macam Kereta Tua atau Sore Tugu Pancoran yang bercerita soal si Budi kecil.  Terakhir menyukai karya Bang Iwan kalau ndak salah di album Suara Hati (2002). Yang ada track Untuk Para Pengabdi dan Seperti Matahari. Dua lagu favorit saya di album itu. Setelahnya hanya sebatas suka mendengar sebagian