Skip to main content

Tips Tambahan untuk Kawan Blogger

Menjalani rutinitas menulis selama 9 tahun lamanya sejak 2006 silam serta menghasilkan 2.400an tulisan yang terpublish di halaman ini, memberikan banyak manfaat dalam kehidupan baik secara pribadi berkeluarga maupun dalam peran sebagai abdi negara dan masyarakat. Demikian halnya dengan aktifitas menulisi Blog itu sendiri.

NgeBlog itu Mudah, itu pendapat saya. Namun kemudahan tadi tak lepas dari tema yang diambil untuk halaman blog pribadi ini. All in One, istilah yang digunakan untuk memperkenalkannya. Diantara ratusan tulisan, belakangan malah dikenal akibat oprekan Androidnya yang tertuang pada kategori Teknologi.

Namun bisa jadi ngeBlog itu susah bagi kalian Kawan Blogger yang merasa mentok akibat ide atau keraguan hati untuk menuangkannya dalam kalimat dan cerita. Maka ijinkanlah saya kembali berbagi Tips kecil dari www.pandebaik.com untuk memotivasi dan menumbuhkan kembali semangat menulis kalian pada blog masing-masing, dengan harapan yang sama, bahwa manfaat dalam bentuk apapun itu, bisa pula menghampiri kalian.

Pertama, rajinlah melihat, membaca, mengamati dan kalau bisa Terjun langsung. Melihat lingkungan sekitar yang dilalui sepanjang perjalanan tidak ada salahnya dilakukan, dengan memperlambat kendaraan, bahkan mencoba kepedulian pada hal-hal kecil sekalipun. Rajin membaca belasan referensi baik untuk mendukung ide akan sebuah tulisan ataupun menerjemahkan ide ke dalam tulisan, dapat menjadi alternatif untuk menghilangkan kejenuhan akan apa yang sudah pernah dilakukan. Rajin mengamati, tentu dibutuhkan untuk memberikan detail gambaran yang lebih dalam utamanya jika dilihat dari sudut pandang yang diinginkan. dan aktifitas untuk terjun secara langsung, memberikan banyak penuangan ide akan satu kegiatan yang sama. Apakah berkaitan dengan apa dan bagaimananya, mengapa dilakukan, sejauh mana ruang lingkupnya, manfaat hingga siapa saja yang pernah terlibat ?

Kedua, jangan segan untuk mencoba Hal Baru. Rutinitas yang monoton dapat menumpulkan pikiran meskipun secara kenyamanan cenderung malas untuk dilepaskan. Namun mencoba Hal Baru amat sangat dianjurkan utamanya bagi kalian yang belum bisa Move On hingga hari ini. Tentu dikaitkan dalam konteks menulis. Mencoba hal baru bisa berupa keluar dari pakem yang ada seperti misalkan aksi untuk men-deactivate akun FaceBook kemarin itu. Ternyata ada banyak hal yang bisa diungkap sebagai alasan maupun pasca aksi dilakukan. Bahkan jika dikulik lebih jauh ada banyak manfaat yang bisa dikembangkan diantaranya ya keinginan untuk menuliskan kembali Blog yang sudah mulai terabaikan.

Ketiga, Catat dan Catat. Apapun itu, dimanapun itu. Jika berkaitan dengan ide tulisan, kumpulkan di satu tempat atau buatkan secara terpisah apabila kondisi tidak memungkinkan. Pencatatan ini tentu tak lepas dari terbatasnya memori kemampuan mengingat pada manusia, sehingga catatan inilah yang nanti dapat dikembangkan untuk menerjemahkan ide dalam bentuk tulisan.

Dengan tercetusnya ide tulisan, maka tips keempat adalah kembangkan sudut pandang. Rata-rata media mainstream melihat satu masalah dari sudut pandang yang sama. Itu sebabnya berita ataupun cerita yang diungkap ke permukaan cenderung sama pula, meski dibumbui sedikit tambahan yang ada. Cobalah mencari sudut pandang yang berbeda dari yang sudah ada. Dengan demikian, ada banyak hal yang dapat dituliskan kembali menurut pendapat pribadi.

Kelima, dengan pesatnya kemajuan teknologi, kuasailah beberapa diantaranya untuk mempermudah aktifitas. Dalam kurun empat tahun terakhir, blog www.pandebaik.com tak lagi dioperasikan melalui pc atau laptop. Teknologi mobile ponsel menyebabkan itu semua. Untuk menuliskan draft tulisan, bisa memanfaatkan aplikasi Memo ataupun Evernote. Untuk mempublikasi bisa memanfaatkan Browser bagi mereka yang menggunakan self hosted, berhubung domain pribadi tak lagi didukung dengan baik oleh aplikasi blog yang ada. Untuk mengambil gambar ada Kamera, editing dengan banyak alternatif aplikasi dan resize pun bisa dilakukan. Jika memerlukan video ataupun audio, bisa menggunakan editing dan recordingnya. Jangan menyerah pada keadaan, upayakan maksimal yang bisa dilakukan tanpa harus menunggu mood menulis atau konsentrasi di depan pc atau laptop.

Keenam, manfaatkan Sosial Media. Facebook, Twitter, Path dan lainnya tersedia untuk memperluas jaringan kawan sekaligus informasi yang kelak ingin dibagikan. Mengambil peran serta sosmed, selain menambah jumlah kunjungan yang masuk bisa juga dimanfaatkan untuk menggali ide baru dari tanggapan ataupun komentar yang ada.

Terakhir, Konsisten. Ini Tips yang paling susah menurut saya, karena tidak akan terlepas dari Motivasi ngeBlog itu sendiri. Secara pribadi, satu satunya Motivasi menulis yang dilakoni selama 9 tahun terakhir ini adalah pembayaran Domain dan Hosting pribadi di Bali Orange asuhannya mas Hendra. Dengan mengorbankan sejumlah besar pendapatan, rasanya eman kalo kemudian halaman itu dibiarkan tanpa ada yang mengisi dan mengelola. Maka dengan upaya yang semampunya, selalu berusaha untuk update. Dan pelan namun pasti, upaya itu berubah istilah menjadi Konsisten. Jadi berbanggalah jika kalian mampu mewujudkannya. Tidak mudah memang.

Nah, itu Tujuh Tips Tambahan yang dapat saya bagikan pada kalian kawan Blogger, dengan harapan sebentar, nanti atau esok hari, semangat menulis itu tumbuh kembali. Dan jangan lupa mampir kemari apabila tulisan di blog kalian sudah bertambah satu persatu. Tinggalkan jejak kalian disini, agar saya tahu bahwa semangat ngeBlog itu ternyata tak pernah mati.

Comments

Postingan Lain

Jodoh di Urutan ke-3 Tanda Pesawat IG

Kata Orangtua Jaman Now, Jodoh kita itu adanya di urutan ke-3 tanda pesawat akun IG.  Masalahnya adalah, yang berada di urutan ke-3 itu bapak-bapak ganteng brewokan berambut gondrong.  Lalu saya harus gimana ?  #jodohurutanketigadipesawat  Mestinya kan di urutan SATU ?

Mewujudkan Agenda Cuti Bersama Lebaran

Tampaknya di Hari terakhir Cuti Bersama Lebaran, sebagian besar rencana yang ingin dilakukan sejak awal liburan sudah bisa terwujud, meski masih ada beberapa agenda lainnya yang belum bisa dijalani.  Satu hal yang patut disyukuri, setidaknya waktu luang jadi bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan tertunda beberapa waktu lalu.  1. Migrasi Blog Aksi pulang kampung ke laman BlogSpot tampaknya sudah bisa dilakukan meski dengan banyak catatan minus didalamnya. Namun setidaknya, harapan untuk tidak lagi merepotkan banyak orang, kedepannya bisa dicapai. Sekarang tinggal diUpdate dengan postingan tulisan tentang banyak hal saja.  2. Upload Data Simpeg Melakukan pengiriman berkas pegawai ke sistem online milik BKD rasanya sudah berulang kali dilakukan sejauh ini. Termasuk Simpeg Badung kali ini, yang infonya dilakukan pengulangan pengiriman berkas dengan menyamakan nomenklatur penamaan file. Gak repot sih sebenarnya. Tapi lumayan banyak yang harus dilengkapi lagi. 

Warna Cerah untuk Hidup yang Lebih Indah

Seingat saya dari era remaja kenal baju kaos sampai nganten, isi lemari sekitar 90an persen dipenuhi warna hitam. Apalagi pas jadi Anak Teknik, baju selem sudah jadi keharusan.  Tapi begitu beranjak dewasa -katanya sih masa pra lansia, sudah mulai membuka diri pada warna-warna cerah pada baju atasan, baik model kaos oblong, model berkerah atau kemeja.  Warna paling parah yang dimiliki sejauh ini, antara Peach -mirip pink tapi ada campuran oranye, atau kuning. Warna yang dulu gak bakalan pernah masuk ke lemari baju. Sementara warna merah, lebih banyak digunakan saat mengenal ke-Pandean, nyaruang antara warna parpol atau merahnya Kabupaten Badung.  Selain itu masih ada warna hijau tosca yang belakangan lagi ngetrend, merah marun atau biru navy. Semua warna dicobain, mengingat hidup rasanya terlalu sederhana untuk dipakein baju hitaaaaam melulu.  Harapannya bisa memberikan warna pada hidup yang jauh lebih cerah, secerah senyum istri pas lagi selfie. 

Semua Berakhir di 5 Besar Teruna Teruni Denpasar 2024

Bermula dari coba-coba lalu masuk menjadi 5 Besar Finalis Teruna Teruni Denpasar Tahun 2024, putri kami Pande Putu Mirah Gayatridewi ternyata masih berusia 15 Tahun saat Grand Final dilaksanakan di Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Kota Denpasar, hari Minggu 18 Februari 2024 kemarin. Berhasil menyisihkan puluhan peserta dengan tingkat prestasi berskala Kab/Kota, Provinsi dan Nasional, ia mendapatkan undangan dari Panitia TTD untuk mengikuti perhelatan bergengsi ini, pasca meraih Juara Pertama Teruna Bagus Teruni Jegeg Sisma -SMAN 7 Denpasar Tahun 2023 lalu. Sehingga batas bawah Umur Peserta yang seharusnya 16 Tahun, infonya ditoleransi mengingat usianya sudah jalan menuju angka 16 sebulan kedepan.  Meski hanya sampai di peringkat 5 Besar, kami semua turut bangga mengingat ini adalah kali pertama putri kami mengikuti ajang tingkat Kab/Kota, menjadikannya sebagai Finalis Termuda diantara peserta lainnya. Bahkan kami dengar, merupakan siswa pertama di sekolahnya yang lolos hingga jenja

62 Tahun Bang Iwan Fals

Pekan ini Bang Iwan Fals kalau gak salah genap berusia 62 tahun. Umur yang gak muda lagi meski masih sering melahirkan karya-karya baru bareng anak-anak muda milenial.  Saya mengenal lagu-lagu Bang Iwan tepatnya di era Album Wakil Rakyat. Sebuah karya jelang Pemilu 1988 yang mengetengahkan lagu soal para legislatip yang biasa bersafari, dengan keragaman perilaku mereka di jaman itu.  Lirik lagunya tergolong sederhana, dan aransemennya juga mudah diingat. Gak heran di jaman itu pula, saya kerap membawakan lagu Wakil Rakyat sebagai lagu kebanggaan pas didaulat nyanyi didepan kelas, didepan 40an anak kelas 4 atau 5 kalau gak salah.  Dan ada juga beberapa karya sang musisi, yang dibawakan sesekali macam Kereta Tua atau Sore Tugu Pancoran yang bercerita soal si Budi kecil.  Terakhir menyukai karya Bang Iwan kalau ndak salah di album Suara Hati (2002). Yang ada track Untuk Para Pengabdi dan Seperti Matahari. Dua lagu favorit saya di album itu. Setelahnya hanya sebatas suka mendengar sebagian