Skip to main content

Tokoh Hukum Paling Berpengaruh Di Indonesia, Peran Dan Karyanya Tidak Main-Main!

Jurusan Hukum menjadi pilihan tepat jika ingin berkiprah di dunia hukum setelah lulus nanti, bisa menjadi pengacara, hakim, jaksa, cendikiawan hukum, atau lainnya. Meski akhir-akhir ini Indonesia dihadapkan dengan berbagai tokoh hukum bermasalah, namun tidak sedikit diantaranya juga ada yang jujur dalam menjalankan amanah yang diberikan. Berikut ini sedikit tokoh hukum yang sangat berperan aktif untuk Indonesia, diantaranya.

Muhammad Yamin (1903-1962)

Muhammad Yamin terkenal sebagai salah satu ahli hukum di Indonesia, pria kelahiran 1903 ini terkenal sebagai pelopor sumpah pemuda. Selain itu M. Yamin juga terkenal sebagai perintis sastra Indonesia, pencipta imaji Indonesia raya, menyusun draft sejarah Indonesia, dan sebagai ahli hukum. M. Yamin sendiri bergelar Meester in de Rechten (sarjana hukum), merupakan salah satu anggota BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Dalam sidang tersebut, M. Yamin memberikan berbagai gagasan yang dipercaya sebagai pokok-pokok lahirnya Pancasila. Ada lima asas yang dikemukakan oleh beliau, yakni peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan, dan kesejahteraan rakyat.

Selain merumuskan 5 peri kehidupan bangsa, M. Yamin juga memberikan dasar-dasar tata negara seperti merumuskan sistem unitaris pada pemerintahan Indonesia, adanya pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah, dan lainnya. M. Yamin masuk kategori satu dari sedikit orang yang memahami konsep tata negara, bisa dikatakan founding father yang merumuskan konstitusi negara Indonesia dengan berbagai konsepsinya. Untuk mengenang berbagai jasa M. Yamin, nama penghargaan yang diberikan pusat studi konstitusi RIS adalah untuk penegak konstitusi sebagai ‘anugerah M Yamin’.

Sebagai tambahan informasi, saat ini cukup mudah untuk mendapatkan gelar hukum meski berstatus sebagai karyawan. Saat ini dikenal sistem kuliah blended learning, dimana mahasiswa bisa belajar secara online dan tatap muka untuk sistem kuliah ini.

Mochtar Kusumaatmadja (lahir 1929)
Hukum satu ini merupakan satu dari sedikit orang yang memahami hukum laut, beliau dikenal dalam hal kepandaiannya ketika carikan solusi untuk NKRI yang terpisah oleh selat dan laut. Hal ini diakui oleh para sejarawan, bawah ini tersebut merupakan gagasan yang brilian.

Gagasan yang dimaksud dikenal dengan archipelagic principle atau asas negara kepulauan, sebuah gagasan yang menyatakan bahwa perairan yang menghubungkan pulau-pulau termasuk daratan RI merupakan bagian dari pada perairan Nasional yang ada di bawah kedaulatan mutlak RI.

Meski begitu, konsep ini banyak diprotes oleh berbagai negara seperti AS, Australia, Inggris, dan Belanda. Namun dalam konferensinya di Jenewa, konsep tersebut mulai diterima oleh negara lain. Konsep tersebut dikenal juga dengan Wawasan Nusantara, kemudian dijadikan undang-undang serta sebagai dasar untuk mempertahankan kedaulatan RI di lautan.

Adnan Buyung Nasution (1934-2015)
Mahasiswa jurusan hukum pasti tahu tokoh satu ini, Adnan Buyung Nasution dikenal karena kiprahnya di dunia hukum, dari zaman orde lama hingga era reformasi. Beliau banyak berperan dalam melawan kesewenang-wenangan pemerintah dari delik hukum, selain itu ia juga mendirikan Lembaga Bantuan Hukum (saat ini menjadi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia).

Lembaga ini menjadi lembaga yang membela pergerakan mahasiswa, petani, kaum buruh, kaum miskin kota, dan lainnya yang memperjuangkan demokrasi. Pada era Reformasi, banyak alumni dari lembaga ini yang membentuk lembaga advokasi lainnya (seperti ICW, KONTRAS, IMPARSIAL, PBHI, dan KRHN).

Salah satu warisan tokoh ini adalah pola bantuan hukum struktural, bukan hanya membela kasus perorang namun pola bantuan hukum ini juga memperbaiki struktur hukum yang timpang. Di tahun 2007 hingga 2009, Adnan Buyung sendiri sempat ditunjuk sebagai bagian anggota ‘Dewan Pertimbangan Presiden’ untuk bagian Hukum.

Saat ini kita mengenal kuliah blended learning, salah satu metode kuliah yang sangat fleksibel dalam hal waktu serta biaya yang terjangkau. Meski masih terbatas untuk jurusan tertentu, namun beberapa portal kuliah online seperti pintaria.com menyediakan kuliah blended learning jurusan hukum.

Hazairin (1906-1975)
Meski tidak seterkenal ahli hukum lainnya, namun Hazairin memiliki kepandaian dalam berbagai jenis persoalan adat. Hazairin sendiri sangat fasih dalam 3 bahasa asing, yakni Belanda, Perancis, dan Inggris. Selain fasih dalam 3 bahasa asing, ia juga memahami bahasa lainnya seperti bahasa Latin, Arab, dan Jerman.

Berkat kemampuannya yang mengagumkan, tokoh yang satu ini telah menghasilkan banyak buku seperti Hukum Pidana Islam Ditinjau dari segi-segi dan asas-asas tata hukum nasional (ditulis tahun 1970) dan disertasinya berjudul the redjang hukum adat di Tapanuli Selatan (De Gevolgen van de Huwelijksontbinding in Zuid Tapanuli dan Reorganisatie van het Rechtswezen in Zuid Tapanuli). Disertasi tersebut sampai saat ini masih digunakan.

Selain itu ia juga memberikan warisan lain yakni teori receptie exit, sebuah teori dimana antitesis dari teori receptie yang dikembangkan oleh para kaum adat Belanda Cornelis van Vollenhoven. Teori receptie menyatakan bahwa hukum Islam bisa diterapkan jika tidak bertentangan dengan hukum adat, teori ini dibantah oleh hazairin yang mengatakan bahwa hukum Islam bisa selaras dan berjalan beriringan dengan hukum adat.

Bukan hanya mempelajari hukum adat, Hazairin juga mempelajari hukum Islam karena sejak kecil ia memang tertarik dengan berbagai ilmu fiqih (terlebih kakaknya merupakan seorang ulama).

Berbeda dengan politisi lainnya, Hazairin sangat paham betul mengenai hukum Islam dan menjadi salah satu penyeru hukum Islam di Indonesia dengan usulan-usulan yang konkret. Menurutnya lagi, jika hukum Islam tidak bisa tegak 100% di Indonesia, setidaknya dalam hukum positif kita tidak ada pasal yang bertentangan dengan Alquran. Hazairin juga sempat mendirikan Partai Indonesia Raya pada dasawarsa 1950 an bersama Wongsonegoro dan Rooseno, dari partai inilah ia kemudian duduk sebagai anggota parlemen dan menjadi Menteri Dalam Negeri.

Selain beberapa nama di atas, tentunya jurusan hukum di Indonesia masih memiliki stok ahli hukum terbaik yang mungkin akan muncul nanti. Pasalnya saat ini banyak universitas yang menyediakan kuliah di jurusan ilmu hukum, dengan kualitas pengajaran terbaik yang dapat diberikan.

Urusan hukum memang bukan perkara remeh, amanah yang dititipkan pada ahli hukum tidaklah main-main karena menyangkut keamanan serta kedamaian sebuah negara. Jika penegak hukum dan hukum bisa ditegakkan dengan adil, maka rakyat akan merasa puas dan kedamaian pun akan tercipta.

Comments

Postingan Lain

Jodoh di Urutan ke-3 Tanda Pesawat IG

Kata Orangtua Jaman Now, Jodoh kita itu adanya di urutan ke-3 tanda pesawat akun IG.  Masalahnya adalah, yang berada di urutan ke-3 itu bapak-bapak ganteng brewokan berambut gondrong.  Lalu saya harus gimana ?  #jodohurutanketigadipesawat  Mestinya kan di urutan SATU ?

Mewujudkan Agenda Cuti Bersama Lebaran

Tampaknya di Hari terakhir Cuti Bersama Lebaran, sebagian besar rencana yang ingin dilakukan sejak awal liburan sudah bisa terwujud, meski masih ada beberapa agenda lainnya yang belum bisa dijalani.  Satu hal yang patut disyukuri, setidaknya waktu luang jadi bisa dimanfaatkan dengan baik untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan tertunda beberapa waktu lalu.  1. Migrasi Blog Aksi pulang kampung ke laman BlogSpot tampaknya sudah bisa dilakukan meski dengan banyak catatan minus didalamnya. Namun setidaknya, harapan untuk tidak lagi merepotkan banyak orang, kedepannya bisa dicapai. Sekarang tinggal diUpdate dengan postingan tulisan tentang banyak hal saja.  2. Upload Data Simpeg Melakukan pengiriman berkas pegawai ke sistem online milik BKD rasanya sudah berulang kali dilakukan sejauh ini. Termasuk Simpeg Badung kali ini, yang infonya dilakukan pengulangan pengiriman berkas dengan menyamakan nomenklatur penamaan file. Gak repot sih sebenarnya. Tapi lumayan banyak yang harus dilengkapi lagi. 

Warna Cerah untuk Hidup yang Lebih Indah

Seingat saya dari era remaja kenal baju kaos sampai nganten, isi lemari sekitar 90an persen dipenuhi warna hitam. Apalagi pas jadi Anak Teknik, baju selem sudah jadi keharusan.  Tapi begitu beranjak dewasa -katanya sih masa pra lansia, sudah mulai membuka diri pada warna-warna cerah pada baju atasan, baik model kaos oblong, model berkerah atau kemeja.  Warna paling parah yang dimiliki sejauh ini, antara Peach -mirip pink tapi ada campuran oranye, atau kuning. Warna yang dulu gak bakalan pernah masuk ke lemari baju. Sementara warna merah, lebih banyak digunakan saat mengenal ke-Pandean, nyaruang antara warna parpol atau merahnya Kabupaten Badung.  Selain itu masih ada warna hijau tosca yang belakangan lagi ngetrend, merah marun atau biru navy. Semua warna dicobain, mengingat hidup rasanya terlalu sederhana untuk dipakein baju hitaaaaam melulu.  Harapannya bisa memberikan warna pada hidup yang jauh lebih cerah, secerah senyum istri pas lagi selfie. 

Semua Berakhir di 5 Besar Teruna Teruni Denpasar 2024

Bermula dari coba-coba lalu masuk menjadi 5 Besar Finalis Teruna Teruni Denpasar Tahun 2024, putri kami Pande Putu Mirah Gayatridewi ternyata masih berusia 15 Tahun saat Grand Final dilaksanakan di Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Kota Denpasar, hari Minggu 18 Februari 2024 kemarin. Berhasil menyisihkan puluhan peserta dengan tingkat prestasi berskala Kab/Kota, Provinsi dan Nasional, ia mendapatkan undangan dari Panitia TTD untuk mengikuti perhelatan bergengsi ini, pasca meraih Juara Pertama Teruna Bagus Teruni Jegeg Sisma -SMAN 7 Denpasar Tahun 2023 lalu. Sehingga batas bawah Umur Peserta yang seharusnya 16 Tahun, infonya ditoleransi mengingat usianya sudah jalan menuju angka 16 sebulan kedepan.  Meski hanya sampai di peringkat 5 Besar, kami semua turut bangga mengingat ini adalah kali pertama putri kami mengikuti ajang tingkat Kab/Kota, menjadikannya sebagai Finalis Termuda diantara peserta lainnya. Bahkan kami dengar, merupakan siswa pertama di sekolahnya yang lolos hingga jenja

62 Tahun Bang Iwan Fals

Pekan ini Bang Iwan Fals kalau gak salah genap berusia 62 tahun. Umur yang gak muda lagi meski masih sering melahirkan karya-karya baru bareng anak-anak muda milenial.  Saya mengenal lagu-lagu Bang Iwan tepatnya di era Album Wakil Rakyat. Sebuah karya jelang Pemilu 1988 yang mengetengahkan lagu soal para legislatip yang biasa bersafari, dengan keragaman perilaku mereka di jaman itu.  Lirik lagunya tergolong sederhana, dan aransemennya juga mudah diingat. Gak heran di jaman itu pula, saya kerap membawakan lagu Wakil Rakyat sebagai lagu kebanggaan pas didaulat nyanyi didepan kelas, didepan 40an anak kelas 4 atau 5 kalau gak salah.  Dan ada juga beberapa karya sang musisi, yang dibawakan sesekali macam Kereta Tua atau Sore Tugu Pancoran yang bercerita soal si Budi kecil.  Terakhir menyukai karya Bang Iwan kalau ndak salah di album Suara Hati (2002). Yang ada track Untuk Para Pengabdi dan Seperti Matahari. Dua lagu favorit saya di album itu. Setelahnya hanya sebatas suka mendengar sebagian