Kebohongan : Haruskah ?

Category : tentang KeseHaRian

Menyambung tema Dunia Dewasa, satu hal yang paling menonjol adalah kebohongan. Keinginan untuk berbohong pada orang lain sangat besar, baik itu untuk kebaikan ato keuntungan diri sendiri. Rata-rata orang dewasa pasti melakukan hal itu.

Berbohong saat paginya kelayapan melirik gadis cantik namun sore harinya bilang gak kemana-mana pada sang istri, ato malah berbohong kalo dia gak ada kerjaan sampingan, padahal maksudnya agar hasil pembagiannya tak dibagi-bagi lagi.

Walopun terasa sah-sah saja, tetap kebohongan itu memicu rasa kecewa.

Kecewa lantaran begitu bodohnya diri sehingga mudah dibohongi ato malah kecewa lantaran hingga sekarang apa yang diharapkan tak sesuai kenyataan.

Kecewa lantaran apa yang kita miliki, hak cipta maupun ilmu, kini sudah berpindah tangan dan digunakan tanpa ijin untuk menghasilkan uang secara komersil.

Namun kembali pada agama yang kita yakini, bahwa berbohongpun kelak akan ketahuan. Karena memicu kebohongan lain untuk terungkap. Dan bila sang pembohong mendapatkan ganjarannya, barulah ia akan menyesal akan perilakunya di masa lalu, karena menhadapi kenyataan bahwa kebohongannya menjadi kenyataan.

Didedikasikan untuk seorang sahabat yang kusegani, namun hari ini ternyata aku tahu kalo dia hanya seorang pembohong besar yang pernah aku kenal.
Semoga Tuhan memberikan jalan yang berbeda bagi aku dan sahabatku.

Nokia 3530

Category : tentang TeKnoLoGi

He.. ngliat gambar gelas ini, jadi inget dengan pertama kalinya aku membeli handphone Nokia 3530 pengganti Nokia 3350 yang masih monochrom. Image warna yang ada bener2 bikin aku tertarik untuk membelinya, disamping bentuknya yang bongsor dibanding ponsel jamannya. Udah dering pake midi.Trus, gambar golf ini adalah gambar pertama yang aku beli seharga 3000 perak di konter sebelah. Jaman itu sarana donlot masih belum seramai sekarang. Jadi begitu bisa nampilin image yang lain, jadi bangga. Huehehe…
Jadilah aku terpacu untuk membeli kabel data seharga 75ribuan, dan mulailah eksperimen gonta ganti nada dering, nampilin foto pada wallpaper sampe menghilangkan operator logo. Huehehe…. Ditambah fasilitas sms gratis dari 1rstwap, wuih, nambah lengkap dengan gratisan picture sms yang gratis pula.
Pokoknya tahun itu, tahun penuh kreatifitas lah.
Sampe-sampe nularin temen-temen untuk ngebeli hape yang sama. Totalnya sampe 6 orang yang memilih ni handset.
Sayang, ni hape dibawa ama mantan untuk dikasi ke ortunya dan diganti dengan uang yang jauh lebih rendah dari harga pasar. Sedih banget !

ILUSI

1

Category : tentang KHayaLan

Pernah mendapat gambar seperti ini ?
Ini gambar ilusi, yang bisa membohongi mata manusia.
Banyak yang beredar, namun mungkin ini yang paling gampang.
Apakah semua garis mendatar-horisontal lurus dan sejajar dengan yang lainnya ?Ya.

Bentrok Massa FPI vs Papernas

1

Category : tentang Opini

Apa yang kau cari lagi ?Berita yang cukup mengernyitkan dahi terdengar kamis malam, saat bentrok massa dari FPI melawan Partai Papernas, ditengahi oleh aparat kepolisian.
Akhir yang mudah ditebak, massa FPI mengamuk dan menumpahkannya pada aparat.
Yang paling membuatku mengurut dada, seruan agamis dari FPI saat melempar batu dan mengejar massa lainnya.
Apakah ini yang namanya Front Pembela Islam ?

Apa lagi sih yang kau cari ?
Mungkin sudah saatnya kita memahami diri kita sendiri dahulu, barulah mengatur orang lain.
Jika diri sendiri masih begitu emosional, pantaskah kita memaksakan kehendak ?
Hanya geleng-geleng kepala saja yang ada.
Massa FPI gak ubahnya anak kecil. Aku kecewa pada mereka.

Dunia Dewasa ; selamat datang di…..

Category : tentang Buah Hati, tentang KeseHaRian

Selamat datang di dunia orang dewasa, begitu sambutannya jika kita memutuskan untuk menikah.
Namun apakah dunia orang dewasa bakalan secerah seperti yang diharapkan saat merencanakan pernikahan serta keterikatan dengan pasangan ?
Tentu tidak.
Kenapa ?Karena setelah dijalani, ternyata dunia orang dewasa gak lebih baik dari dunia anak-anak.
Bedanya dalam dunia dewasa segala masa depan, tergantung pada usaha dan perilaku hari ini. Namun lebih banyak memunculkan keegoan seseorang, dan memaksakan kehendak pada yang lemah.
Gak sedikit contoh yang bisa diambil.

Terkadang pula yang namanya iri hati, rasa tak suka, dendam bisa memicu perkelahian, pembunuhan hingga yang paling keji, mengguna-gunai orang dengan ilmu hitamnya.
Tentu tujuannya agak orang yang dikenai bisa merasakan sakit hatinya pengguna-guna.

Namun apa jaman yang sudah serba komputer ini semua hal yang dahulu digunakan, akan tetap berkembang ?
Ya.
Lihat saja, begitu banyak orang-orang dewasa yang menyembunyikan isi hatinya yang berduri dibalik topeng senyuman dan sapaan ramah.
Tak diketahui lagi mana yang senang dan suka pada kita juga sebaliknya.
Beda dengan dunia anak-anak yang sudah jelas raut wajahnya.

Dalam dunia orang dewasa pula kita lantas belajar untuk menipu orang lain, pasangan maupun kita sendiri. Semakin banyak kebohongan yang terjadi akan memicu pula kebohongan lain yang lebih besar. Pada akhirnya tak sedikit pula yang jatuh bangun dalam dunianya akibat kecerobohannya tadi.

Yang bikin lebih memalukan lagi, dunia orang dewasa dalam konteks negatif tak ubahnya dengan dunia anak-anak.
Rasa tak suka, lantas tak bisa menerima kenyataan, memicu seseorang berbuat lebih jauh dari pikirannya sendiri. Tak peduli itu saudara sendiri, tetap saja diperlakukan tak wajar.

Penulispun sempat mengalami hal ini hingga hari ini. Mungkin itu juga sebabnya sampe hari ini, kami belum bisa menimang-nimang baby yang kami dambakan sejak menikah.
Ada satu dan lain hal yang tak kami mengerti kenapa bisa orang tersebut mengambil jalan kiri, padahal dia orang yang sangat kuhormati dan kusegani.
Namun memang prasangka gak boleh tanpa bukti.
Namun jika orang itu sendiri yang keceplosan berbicara bahwa kita ada dalam genggamannya, mau bilang apa lagi ?

Tinggal tunggu waktu. Entah hingga berapa lama, yang pasti tangan Tuhan takkan tinggal diam, melihat ketidakadilan dunia dewasa ini. Namun apakah keadaannya akan berubah jika yang berniat jahat makin merajalela, sedang yang tak memiliki niat jahat makin terpuruk setiap harinya ?

Wikimapia – Road to come back home

Category : tentang PLeSiran

Sudah pernah main ke situs wikimapia.org ?
Satu tempat dimana kita bisa mendaftarkan rumah kita, kantor hingga tempat-tempat yang sering kita kunjungi, dimana nantinya bisa pula dilihat dari mana saja orang lain mengaksesnya. Karena seluruh tempat ini disimpat di satu server pusat.Wikimapia, tergolong sukses menampilkan peta dunia, hingga ke peta kabupaten, dengan ketinggian maks. 50 meter diatas air laut. Jadi gak bisa ngelihatnya dalam skala lebih besar lagi.
Tergolong sukses karena tidak membutuhkan hardware khusus, seperti halnya google Earth, yang hanya mampu menampilkan perbukitan, belum hingga ke jalan raya dan perumahan yang ada, dengan memakai spec komputer yang sama.

Dari Wikimapia pula, kita bisa tau lokasi tempat-tempat penting pada daerah yang kita kunjungi pertama kali. Cukup membuka wikimapia.org lantas mencari tempat/lokasi yang diinginkan, dengan mengklik geser kearah mana dikehendaki, baru deh di-zoom in untuk melihat lebih jelas kondisi kota yang sebenarnya.

Hanya saja kekurangannya, peta ini diambil sekitar tahun 2004an kebawah. Kenapa bisa tau padahal pada pojok bawah kanan, jelas-jelas terlihat tahun 2007 ?Karena pada satu lokasi proyek kegiatan kabupaten Badung terbesar, yaitu pada lokasi Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, tempat berkumpulnya gedung-gedung perkantoran seluruh Dinas, Bagian serta Badan, dengan dilengkapi berbagai pendukung lainnya.

Lihat saja pada gambar. Areal putih itu adalah berupa Limestone, yang hari ini sudah meluas hingga sawah di bagian barat serta utaranya. Selesai diputihkan sekitar akhir tahun 2004. bahkan kini kabarnya untuk perencanaan bangunanpun sudah dimulai.
Nah, inilah yang menjadi acuan kenapa Wikimapia hanya terupdate tidak hingga hari ini. Sayang juga ya ?

Laptop DPR : saya juga mau dong…

1

Category : tentang Opini

Tak banyak yang berkomentar untuk menyetujui anggaran DPR tentang pengadaan laptop sebanyak 550 unit plus alat-alat lainnya, dengan harga perbiji 22 juta, diluar pendapat dari anggota DPR kita yang TERHORMAT.

Lagi-lagi para tokoh politik menentang aksi arogan DPR itu dan meminta agar mereka kembali pada tujuan awal Reformasi, memperbaiki Perekonomian Rakyat Indonesia.(insert: pada gambar terlihat laptop Flybook, yang selain isinya cuanggih, sudah bisa dipake nelpon pula. Tinggal colokin simcardnya disamping, langsung ngomong deh. Mungkin ini yang bakalan dibeli oleh anggota DPR, agar selain bekerja bisa sekaligus mendengarkan aspirasi masyarakat dan menerima keluhan dari mereka. Sebab selama ini yang namanya handphone para anggota DPR sudah lumrah selalu aktif saat ia membutuhkan sesuatu, namun saat rakyat yang memilihnya membutuhkan sesuatu, tu ha pe langsung susah dihubungi. Tanya Kenapa ?)
Pssst… kalo yang dibeli itu laptop rongsokan, seharga dibawah 5 juta, namun pada kwitansi tertulis 22 juta, gimana ? apakah bisa diterima korupsi sebesar itu ?

Siapa nyana angota DPR yang beruit tebal itu seakan tak punya malu, dan menganggap laptop adalah satu hal yang penting bagi mereka, karena ini kerja otak bukan kerja otot (faksi Golkar-Jawa Pos 25 Maret 2007 hal.2)
Mungkin mereka sudah lupa dengan janji-janji muluk yang ditebarkan saat pemilu lalu, dan herannya Rakyat Indonesia masih saja percaya pada omong kosong seperti itu.

Mungkin saat pemilu depan, kita bisa menambahkan satu syarat lagi, untuk anggota DPR kita yang (katanya) TERHORMAT itu, yakni ‘harus memiliki laptop, mobil mewah dan rumah sendiri. Agar nantinya gak ada lagi anggaran untuk pengadaan laptop, mobil satu per anggota dewan, dan rumah jabatan yang nilai sebijinya cukup untuk membeli beras sekabupaten.’
Tak layak lagi jika kita memilih anggota Dewan yang rakus dan membunuh perekonomian bangsa.
Tak ada gunanya lagi keberadaan anggota Dewan di birokrasi pemerintahan Indonesia.
Lebih banyak sakit hatinya ketimbang hasil kerja yang dipersembahkan untuk bangsa ini.

Sudah hilangkah hati nuranimu, anggota Dewan Wakil Rakyat ?
Katanya Wakil Rakyat ?
Trus kalo dulu sebelum diangkat, merasa sudah bisa menyerap aspirasi rakyat, kenapa kini harus membutuhkan laptop lagi ?
Upayakan janji dan mulut manismu dulu, baru minta-minta.
DPR gak ubahnya anak TK, yang bisanya cuman minta-minta dan menghabiskan anggaran negara.
Cuih !

Saya juga mau dong, satu laptop untuk sehari-hari.
Biar bisa chatting, nge-net sampe nge-games.
Saya gak punya kerja, jadi daripada bengong nganggur trus gaptek terpuruk perkembangan teknologi, mending ‘kembali ke Lap..Top!
Ini kan kerja otak, bukan kerja otot ?
Nah, gimana dong ?

Evolusi PDA

Category : tentang TeKnoLoGi

PDA awalnya dianggap barang mewah, karena gak setiap orang bisa memakai apalagi mengerti isinya. PDA bisa jadi satu simbol kemapanan kehidupan dan karir seseorang.
Namun perlahan tapi pasti, image ini berubah sedikit demi sedikit.
Hari ini PDA tak ubahnya sebagai satu sarana hiburan dan multimedia bagi setiap calon konsumennya.PDA pada awal kemunculannya, lebih banyak digunakan sebagai Organizer pengganti sekretaris pribadi, untuk mengatur jadwal dan juga pekerjaan.
Makin berkembang pada bervariasinya jenis PDA yang ditawarkan, baik yang memakai sistem operasi Palm, PocketPC, Symbian maupun Linux.

Kini PDA yang merajai posisi teratas tentu PocketPC, dengan pertimbangan utama, lebih familiar dimengerti oleh orang awam sekalipun, namun ia sudah mengenal sistem desktopPC terlebih dahulu.
Tampilan yang lebih berwarna dan menjangkau Multimedia serta hiburan lainnya, menjadi daya tarik utama bagi konsumen.
Sang rival, Palm OS tentu harus mengakui keungulan PocketPC, walopun secara de facto dari segi kebutuhan memory dan prosesor, Palm OS lebih sedikit membutuhkannya dibandingkan PocketPC.
Jadi bisa dibayangkan seandainya Palm memiliki tingkat kelebihan yang sama.

Diawali dengan PDA bentuk bongsor, besar dan berat namun masih memiliki layar hitam putih, dikembangkan lebih jauh oleh Palm OS menjadi lebih berwarna, walo baru sekitar 4K.
Sedangkan PocketPC mengawali hidupnya dengan WindowsCE berkembang menjadi Windows Mobile 2002. menggarap versi Smartphone baru pada rilis 2003.
Hingga kini sudah menelurkan beragam rilis sistem operasi, baik yang Pocket PC Phone Edition – PDA dengan fungsi tambahan telepon komunikasi dan touchscreen, maupun Smartphone – Telepon genggam ponsel yang memiliki fungsi tambahan sekelas PDA dan tentunya tanpa touchscreen.
Namun ada pula yang berada di area abu-abu, tampang PDA, namun tak memiliki fungsi touchscreen ato sebaliknya.

Perkembangan PDA pun makin beragam seiring peningkatan kebutuhan dari calon konsumen.
Maka dari itu para produsen dalam hal ini penyedia merk vendor, mengambil disatu tempat HTC, berlomba-lomba mengeluarkan desain, yang pada akhirnya sama persis, hanya beda merk.

Pemain teratas bisa dikatakan cukup banyak selain Palm, yaitu O2, Dopod, HP, T Mobile, Eten, Audiovox hingga yang terakhir muncul HTC.
Di kelas Smartphone, juga bermain produsen yang kurang lebih sama.

Hingga hari ini, desain dari produsen PDA yang tergolong canggih hanya satu.
Desain mirip laptop mini, dengan layar yang bisa diputar, untuk memberikan tampilan layaknya PDA konvensional.
Ada juga yang memiliki thumbboard (keyboard mini Qwerty), dengan slider kebawah maupun kesamping.
Namun ada juga yang sudah tampil langsung dibawah layar.

Keragaman ini memicu persaingan harga yang juga makin ketat namun tetap saja harga barunya tergolong mahal untuk taraf perekonomian rakyat Indonesia. Minimal sekitaran 4-5 juta, dan termahal sekitar 10an juta.
Itu dengan desain standar ya, bukan diisi dengan batu safir, emas maupun berlian.

Jadi bisa dikatakan Evolusi PDA berkembang dari segi desain, fungsi, hardware juga harga. Yang pasti, teknologi akan terus berkembang setiap tahunnya.
Dan semoga saja ada produsen yang menawarkan fitur secanggih laptop namun dengan harga sejutaan.