Yong Sagita Penyanyi Lagu Bali angkatan Lawas

Nama bli Yong pertama kali saya kenal saat menonton video klip lagu bali Jaje Kakne di layar telepisi, yang menampilkan wajah pekak petruk rasanya didalam bemo roda tiga seputaran alun alun kota Denpasar.
Lagu yang unik, dan menciptakan sebwah quote atau sapaan khas bagi para remaja juga orang tua di jaman itu.

Saya sendiri menemukan lagu Jaje Kakne di album keduanya Bli Yong di deretan koleksi kaset milik pakde di banjar Titih saat menginap libur panjang kenaikan kelas. Lalu nekat membeli kaset pertama milik Bli Yong yang kalau tidak salah merupakan album ketiga bertajuk Ciri Ciri.

Saat membeli kaset ini, saya masih duduk di bangku menengah pertama rasanya, yang awalnya sempat menyukai track Kecap to Yan.
Namun seiring bertambahnya usia, mulai menyukai track Bungkung Pasubaya, Ingetang Puncak Mangu atau Apeteng di Pesisir Kuta.

Saking sukanya saya mendengarkan karya Bli Yong dari album pertama hingga 31 11 91, sekitar tahun 2000an sempat membeli cd audio di Maharani Records yang berisikan custom track best ne, termasuk almarhum pekak Ketut Bimbo, Yan Bero dan lainnya.

Sampai saat ini masih kangen dengan penampilan live Bli Yong dengan lagu-lagu lawasnya, yang sayang banget melewatkan penampilannya di Pica Fest beberapa waktu lalu.

#KasetJadul #YongSagita #CiriCiri

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.