Rahina Kajeng Kliwon untuk Mempererat Pesemetonan Tainsiat

Rahina Kajeng Kliwon yang hadir setiap 15 hari sekali pada penanggalan bali, menjadi momen khusus bagi Krama Agung warga Banjar Tainsiat untuk berkumpul dan melaksanakan persembahyangan bersama ring Pura Maspahit, menghaturkan puja bhakti ring Ida Betara Sesuhunan Ratu Gede, nunas kerahajegan jagat mangda rahayu sareng sami.

Agenda ini telah dilaksanakan dari puluhan tahun lalu, disampaikan oleh kelihan adat Banjar Tainsiat dan dibantu oleh para anggota regu yang bertugas secara bergiliran setiap kali rahina Kajeng Kliwon dijalankan. Tidak lupa Sekaa Gong dan Sekaa Shanti yang terdiri dari para lansia, selalu mengiringi jalannya persembahyangan, dan menyemarakkan suasana.

Banyak perubahan yang dilakukan seiring perkembangan jaman dan teknologi dalam melaksanakan rutinitas ini secara berkala. Termasuk menurunkan regu tugas dengan jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya, mengingat saat ini kita semua telah berancang memasuki masa endemi Covid-19. Satu hal yang patut disyukuri tentu saja.

#DokumentasiKelihanAdat #BanjarTainsiat

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.