QRCode bagi Kendaraan Penyuka BBM Subsidi

Kebijakan Pertamina untuk melakukan kontrol pembelian BBM subsidi melalui aplikasi MyPertamina sejak awal perkenalan pada publik hingga kini masih banyak menuai kecaman ribuan netizen +62. Bahkan Rate and Review aplikasi MyPertamina di Google Play Store per hari ini, telah turun hingga 1.3 bintang penilaian 289ribu akun email.

Tapi sepertinya makin kesini, memang masih banyak para penyuka BBM Subsidi macam Pertalite ataupun Solar, yang masih salah paham akan cara kerja aplikasi MyPertamina dalam upaya pembelian BBM Subsidi bagi kendaraan mereka kelak.
Rata-rata masih mengganggap satu-satunya cara pembayaran saat pembelian nantinya adalah pemanfaatan aplikasi dari pihak ketiga yang dibenamkan pada aplikasi MyPertamina.
Padahal ada cara lain yang sebetulnya bisa digunakan dan tidak serepot bayangan kita selaku pengguna aplikasi, yaitu melalui print out QR Code ataupun penyimpanan kode di layar ponsel, untuk ditunjukkan kepada petugas spbu sebelum melakukan pembayaran sebagaimana biasanya, baik cash maupun debet.

Namun demikian, untuk mendapatkan kode QR bagi masing-masing kendaraan ini tentu saja tidak segampang bayangan awal, yaitu dengan hanya melewati proses registrasi pengguna lalu dapat kodenya, melainkan harus melengkapi data kendaraan terlebih dulu untuk diUpload kedalam sistem aplikasi MyPertamina meliputi foto dan data STNK, foto diri dan KTP, foto tampak samping dan depan kendaraan yang memperlihatkan bodi keseluruhan dan plat kendaraan. Tambahan opsional uji kir bagi kendaraan niaga.

Eh uji coba penggunaan aplikasi MyPertamina ini kalau tidak salah baru diprioritaskan bagi kendaraan roda (minimal) 4 saja loh ya. Gak termasuk roda 2 alias motor.
Kalau motor dengan kapasitas mesin diatas 250cc, entah ya…

Nyambung lagi, -Lalu proses verifikasi akan dilakukan dalam waktu 7 hari, dan voila… QR code kendaraan kalian akan muncul di aplikasi MyPertamina pasca login NIK dan password pada halaman subsiditepat.

Mulai bulan Agustus depan, infonya percobaan bakalan nambah di kota Denpasar dan Badung Bali. Kalaupun kendaraan kalian yang biasanya mengkonsumsi BBM Subsidi ternyata belum memiliki QR Code dari aplikasi MyPertamina, buruan gih didaftarkan. Gak seribet bayangan kita kok kalau sudah mau mencoba. Soal hasil persetujuan verifikasi ya ditunggu saja sembari menunggu percobaan aplikasi diwajibkan di spbu dekat rumah.

#AplikasiMyPertamina #BBMSubsidi

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.