Perbaikan Bale Banjar Tainsiat

Saat Pak Ahok tampil ke publik jaman pencalonan dirinya di DKI Jakarta mendampingi Pak Jokowi, ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari alur berpikir yang bersangkutan, terutama soal upaya untuk membantu masyarakat dalam lingkup yang lebih luas.

Dipilih menjadi Kelihan Adat banjar tentu berbeda jalur jika mau disandingkan apple to apple. Namun tugas dan kewenangannya masih ada kemiripannya. Yaitu sama-sama mengabdi dan melayani masyarakat, tanpa melupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana fasilitas publik yang sudah ada.

Salah satu yang terdekat adalah Balai Banjar kami.

Adalah Kelihan Adat Banjar Tainsiat periode sebelumnya yang mengusulkan kegiatan ini bersama anggota BPD, serta tak lupa peran anggota banjar lainnya di kantor desa saat pengajuan pemanfataan dana APBDes. Sementara kami saat ini hanya menjadi penerima bantuan, yang mana secara kebetulan Dana Desa ini diturunkan pada saat periode kami bertugas.

Adapun lingkup kegiatan yang dianggarkan sebesar 150an juta ini mencakup perbaikan Plafond balai banjar di Lantai 1, dan kelistrikannya.

Sementara itu, jika pembaharuan hanya terjadi pada sisi area tersebut saja, tentu gak akan match atau selaras dengan wajah banjar di sisi lainnya. Itu sebabnya, kami memutuskan untuk mengajukan pemanfaatan dana kepada Yayasan Pendidikan Banjar yang infonya secara rutin melakukan pengecatan banjar hingga ke lantai 2. Dimana sekolah TK Lokasari yang dikelola oleh Banjar bernaung.

Hanya saja, pekerjaan yang diambil dalam rangka ‘pembersihan penampilan banjar ini, tidak dibatasi pada pengecatan saja. Tapi juga polituran pada ornamen kayu pintu, pembersihan tembok dan ornamen ukiran, termasuk waterproofing plat lantai 2, serta biutifikasi atau pembaharuan tampilan di beberapa ornamen lain seperti pagar, lantai sekolah, dan juga penggantian sendi bale bengong yang sudah keropos.

Hasilnya, jadi suka pas secara berkala melali ke bale banjar dan menyaksikan langsung perubahan penampilan yang ada.
Semoga saja para warga nantinya berkenan.

#DokumentasiKelihanAdat #BanjarTainsiat

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.