#HPjadul Nokia Commie Communicator

Keluarga Nokia satu ini sebenarnya bisa dikatakan sebagai kasta tertinggi dari semua seri ponsel yang pernah dirilis ke pasar global sejak awal kehadirannya.
Salah satu alasan adalah pemberian penomoran atau penamaan dari seri-seri Communicator menghadirkan angka tertinggi yaitu 9000an, sesuai dengan kebiasaan Nokia sejak awal yang menyematkan empat digit nomor pada setiap ponsel yang mereka lahirkan, disesuaikan dengan kelas atau pangsa pasar dan konsumen yang diharapkan.

Saya sendiri saat jumpa pertama di tahun 2004 silam, sudah jatuh cinta dengan penampilan seri 9210i yang mana sudah mendapatkan bekal layar warna pada sisi dalam perangkat yang berukuran lebar.
Saat itu ponsel yang saya miliki masih berada pada kasta 3000an alias 3310, 3350 dan kalau tidak salah ingat saat melirik ponsel Commie milik Pak Kadis, saya pegang Nokia 3530 yang memiliki lampu ritmik di sekujur bodi ponsel saat mendapatkan panggilan masuk.

Ciri khas ponsel Nokia dari keluarga Commie atau Communicator ini adalah dimensinya yang besar dan tebal. Memiliki 2 layar dengan 2 UI atau User Interface, tampilan menu yang bisa diakses oleh pengguna saat ponsel digunakan.
Layar depan memiliki dimensi standar khas ponsel feature Nokia Symbian 40, sementara saat bodi ponsel dibuka pada sisi samping laiknya laptop, memiliki tampilan yang berbeda berkat sistem operasi Symbian 80.

Keunikan ini lalu dihapuskan saat Nokia merilis seri E90 yang mana kedua layar mengadopsi OS yang sama yaitu Symbian 60 3rd edition. Sebuah sistem operasi yang sama ditanamkan pada ponsel-ponsel Nokia seri N atau E lainnya.

Seri Commie terakhir yang infonya tidak dianggap sebagai keluarga Commie bagi pengguna setia Nokia, hadir pada seri Nokia E7. Meski pada dusbook penjualannya menghadirkan penamaan yang sama yaitu E7 Communicator.
Bisa jadi lantaran dalam desain yang disematkan, seri ini tidak lagi mengadopsi desain buka lipat, dan tidak memiliki 2 layar yang khas pada seri-seri sebelumnya.

Adapun keluarga Nokia Communicator ini hadir lewat seri :
Nokia 9000 (1996)
Nokia 9110i (1998)
Nokia 9210i (2000)
Nokia 9500 (2004)
Nokia 9300 (2004) -Q3
Nokia 9300i (2005)
Nokia E90 (2007) dan
Nokia E7 (2010)

Kalian pernah menggunakan salah satunya ?

#HPjadul #NokiaCommunicator #NokiaCommie

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.