Tangkil lan Muspa Bersama Keluarga Kecil, Pura Besakih Karangasem

Astungkara sampun memargi antar, agenda tangkil ring Pura Penataran Agung Besakih, lan Pura Penataran Pande,
rahina Wraspati 31 Maret 2022, nyarengin keluarga Pande Ketut Arka.

Kami berangkat pukul 6 pagi sesuai rencana, menggunakan 2 kendaraan minibus berisikan 7 orang dewasa, 4 remaja dan 2 bocil.
Agenda ini dicetuskan mumpung keluarga yang selama ini tinggal di Canada, pulang ke Bali pertengahan Maret lalu, hingga rencananya bakalan balik lagi awal bulan April mendatang.

Melakukan perjalanan sekitar 1.5 jam melalui jalur bypass IB Mantra, kami akhirnya mendapatkan parkir di area jaba pura Manik Angkeran, setelah berupaya naik ke parkiran Pura Penataran Pande dan gagal.

Pemuspan yang dilakukan pada Penataran Pande Besakih, Pemuput, Penataran Agung dan akhirnya berpencar ke Pedarman Arya Sukehet dan Pedarman semeton Bujangga, Astungkara berjalan lancar meskipun harus sedikit berdesakan dengan pemedek lainnya saat matahari mulai beranjak naik meninggi.

Si bungsu Ara tampak kelelahan saat balik dari Pedarman Ibunya menuju titik kumpul di Penataran Agung Besakih. Sementara wajah-wajah penat namun masih tetap bersemangat tampak mendominasi ketika semua agenda selesai dan kami beranjak pulang menuju parkiran kendaraan. Sempat ada rasa khawatir gak bakalan bisa balik, lantaran arus lalu lintas kendaraan pemedek cukup kacau ditengah pengerjaan proyek penataan pura Besakih yang masih setengah jalan.

Semua rasa capek akhirnya terbayar tuntas saat perjalanan pulang sesuai dengan waktu perkiraan awal, bahkan sempat mampir makan siang di Pesinggahan dan menengok kerabat di Desa Beng Gianyar, tanpa didera hujan ataupun hal lain di luar dugaan.

#tangkilbersamakeluarga
#SemetonPanDe

Pura Penataran Pande, 31 Maret 2022

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.