Mengemban Tugas Pertama sebagai (Sekretaris) Kelihan Adat Banjar Tainsiat

Semalam saya merepotkan Pak Putu Witana, tenaga fotokopian Rahayu yang berada di sisi selatan jalan Gatot Subroto dekat perempatan McD Nangka, untuk melakukan pencetakan 48 buku kecil, daftar kehadiran krama banjar Tainsiat jika kelak melaksanakan tugas ngayah, dan juga daftar pembayaran patus kematian dari masing-masing anggota regu. Ditambah 3 buku rekap iuran, patus, juga daftar regu periode tahun 2022, ukuran A4.
Belum termasuk daftar nama krama banjar anyar, alamat mereka dan pengarsipan surat yang kami keluarkan sedari awal melaksanakan tugas sebagai Kelihan Adat Banjar Tainsiat.
Biasanya fotokopian Rahayu ini tutup pukul 19.00 setiap harinya. Cuma karena saya datang sekitar pukul 17.00 wita, jadilah sampai pukul 22.00 masih ditunggui karena hari Sabtu besok (hari ini), mereka berencana tangkil ke Pura Besakih bersama keluarga. dan hari Minggu, tutup sebagaimana biasanya.

Ini adalah tugas pertama kami atau saya secara pribadi, sebelum nantinya mulai melaksanakan tugas lebih jauh, mengayomi dan melayani krama banjar Tainsiat sebagaimana daftar nama kepala keluarga per tahun 2022 ini. Yakin banget akan ada banyak hal yang perlu diRevisi kelak pasca perjalanan kedepannya.

Misalkan saja seperti penggunaan buku kecil sebagai pembayaran patus kematian, apakah akan tetap dipandang perlu, lantaran pernah mendengar di salah satu banjar seputaran kota denpasar, krama setempat tinggal melakukan pembayaran melalui koperasi yang dikelola oleh banjar tersebut, setiap kali ada warganya yang mengalami kelayuan sekar atau kedukaan.
Pun terkait daftar nama krama yang sampai saat ini rupanya masih disusun dengan bentuk penabelan format ms word, cukup menyulitkan saya, saat akan melakukan perubahan daftar nama kepala keluarga, karena harus melakukan perubahan yang sama, satu persatu pada semua file yang ada.

Semoga saja, ketika semua daftar diatas dilepas dan mulai dipergunakan, tidak banyak koreksi yang muncul akibat kesalahan input data selama 1 bulan penugasan awal.
Jikapun ada, mohon bantuannya untuk melakukan koreksi dan disampaikan, agar saya bisa memperbaikinya kembali di periode mendatang. Untuk saat ini, mohon dimaklumi dulu.

Banjar Tainsiat, 2 April 2022

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.