Notulen Inovasi KemenPANRB Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Badung

[  ] Kalimat Pembuka dan Panganjali Umat
[  ] Permohonan Maaf karena diminta mewakili pimpinan yang saat ini sedang berada dalam suasana berkabung

[  ] Penyampaian Inovasi yang tercatat dalam daftar merupakan hasil RPP Kepala Dinas PRKP saat Diklat Eselon II pada tahun 2019 dengan mengambil topik SISTER atau Sistem Penataan Sungai Terpadu. Sayangnya, inovasi ini sampai sekarang belum bisa dilaksanakan mengingat Usulan yang pernah disampaikan pada tahun 2020 dan 2021 terkena rasionalisasi. Sementara untuk tahun 2022 saat ini Dinas Perkim hanya memiliki kegiatan rutin saja.

[  ] Penyampaian Usulan Inovasi yang disetujui ada 2 yaitu eSiapPerkim dan SIMAPP yang dibuat pada tahun 2018 lalu, dan masih dipergunakan secara intern oleh Dinas PRKP sampai saat ini.

[  ] Khusus untuk aplikasi eSiapPerkim dimanfaatkan juga oleh Desa/Kelurahan yang menyampaikan Usulan terkait kewenangan DPRKP
[  ] Aplikasi eSiapPerkim merupakan aplikasi berbasis web yang bisa diakses dari beragam perangkat dan kapan saja. Fungsinya untuk penyampaian Usulan penanganan fisik yang menjadi kewenangan DPRKP dari Tahun 2018, seperti Bantuan Rumah Layak Huni, bantuan penanganan Jalan Lingkungan atau PSU Perumahan dan lainnya. Memiliki hak akses hanya dari Desa/Kelurahan saja, sesuai SOP yang diterapkan dalam setiap urusan di DPRKP. Melibatkan User internal dalam menindaklanjuti pengusulan dan verifikasi lapangan serta pengambilan keputusan. Dampaknya adalah Paperless, Anytime, Anywhere, Tercatat dan Transparan. Aplikasi ini masih digunakan secara internal pada DPRKP bersama beberapa desa yang terpantau sudah mengajukan usulan bantuan rumah dan psu perumahan.

[  ] Aplikasi SIMAPP atau Sistem Informasi Manajemen Pelaporan Proyek, didasari oleh Perpres Pengadaan Barang Jasa untuk memantau Pelaksanaan Kegiatan khususnya pada Dinas PRKP dari awal proses Penetapan dan Penunjukan Pemenang Penyedia Jasa/Konstruksi, Pelaksanaan hingga Pelaporan, dan dapat direplikasi oleh opd lain. Melibatkan User secara internal Dinas (pelaku pengadaan pada setiap paket kegiatan) dan admin Penyedia Jasa. Pada tahun 2019, aplikasi ini kembali disempurnakan untuk melakukan penyesuaian pada perubahan peraturan pengadaan tahun 2018. Namun mengingat pada tahun 2020 dan 2021, seluruh kegiatan fisik pada Dinas Perumahan Rakyat terkena rasionalisasi, maka aplikasi ini belum bisa digunakan sampai saat ini.

[  ] Kalimat Penutup dan Paramasanti

Mangupura, 24 Maret 2022

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.