Pernah menyalahkan orang lain ?

Pernahkah kamu menyalahkan orang lain ?

Pertanyaan Pagi yang dilontarkan oleh seorang kawan dari sebuah grup Whatsapp, membuat saya sedikit terhenyak dan berpikir.

Apakah saya pernah menyalahkan orang lain atas hal yang saya alami hingga hari ini ?

Hmmm… entah ya.
Mungkin pernah, tapi saya tidak bisa mengingatnya. Karena jarang menyimpan kebencian terlalu lama. Cukup catatan kelam saja, lalu berdamai seiring berjalannya waktu. Jadi yang tersisa hanya sebagai pengingat saja, agar tak terjebak atau tersandung hal yang sama.

Keseringan sih saya cenderung menyalahkan diri sendiri saja sepertinya.
Yang terlalu naif saat menghadapi orang, menawarkan bantuan, atau selalu berusaha peduli pada lingkungan. Termasuk mematok idealisme yang terkadang malah mendatangkan bumerang bagi diri sendiri.
Harusnya saya bisa lebih cuek dan EGP kalo kata senior saya terdahulu. Jauh lebih menyehatkan secara pikiran kata beliau.

Keseringan saya merasa bahwa apa yang salah dan sudah terjadi sampai hari ini adalah hasil keteledoran dan kecerobohan saya dalam menghadapi realita hidup. Satu hal yang sebenarnya sejak awal sudah disadari namun tetap saja terulang kembali. ?

Tapi menurut kalian, apa saya pernah kedapatan menyalahkan orang lain atau bahkan kalian sendiri, sejauh ini ?
Info dong ?

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.