Menerima Kado Pahit Akhir Tahun dari PakDe Jokowi

Kalau tidak salah ingat, semua ini berawal dari kekecewaan Joko Widodo selaku Presiden RI di periode ke-2, yang beranggapan bahwa ada banyak prosedur bertele-tele terjadi di lapangan saat upaya investasi diturunkan sehingga hasil yang diharapkan malah tidak terlihat. Selain itu birokrasi dan budaya kerja para asn pun menjadi sorotan Beliau, dimana pada akhirnya ide untuk menyederhanakan kelembagaan pemerintah digulirkan.

Sebagai awal, jajaran Eselon IV sebagian besar dipangkas dan diubah menjadi Jafung alias Jabatan Fungsional, namun tetap mempertahankan sebagian lainnya yang bertugas sebagai Lurah ataupun kepala sub bagian urusan perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian.

Sebuah kado yang pahit di akhir tahun 2021 dari PakDe Jokowi.

Bagi semua eselon IV yang terkena pemangkasan, perubahan menjadi Jafung secara struktural, tentu bagai masuk dalam sebuah peti mati, dimana kemungkinan untuk naik jabatan secara struktural tadi, kecil bahkan tidak mungkin sama sekali. Yang ada hanyalah kenaikan pangkat sesuai pencapaian angka kredit bilamana yang bersangkutan aktif dan mampu melampauinya.
Sementara itu, peluang untuk naik jabatan struktural tampaknya hanya bisa dilakoni oleh mereka, para eselon IV yang hingga hari ini tidak terkena pemangkasan, seperti Lurah dan para kasubag itu. Pun termasuk para Staf dan umbi-umbian asn yang belum mendapat berkah promosi.

Padahal belum lama, seluruh jabatan eselon termasuk eselon IV yang per hari ini harus mendapat kado pahit pemangkasan, mendapat mandat perubahan nomenklatur dan penugasan sebagaimana amanat dari Permendagri 90 tahun 2019.

Masalah berikutnya, tentu saja siapa yang akan mengambil perubahan penugasan tersebut, yang kelak akan ditetapkan dengan menggunakan nomenklatur lama eselon IV ?

Entahlah… Kelihatannya akan menjadi pe-er bagi para pengambil keputusan diatas, untuk kembali membuat dan menurunkan peraturan baru mengikuti semua pemangkasan eselon IV dan perubahan penugasan tempo hari.
Kita lihat saja bagaimana kelanjutan nantinya.

Toh kini semua dihadapkan pada kenyataan yang sama, yaitu perayaan Tahun Baru 2022 yang sudah berada di depan mata.

Yuk ah…

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.