Nostalgia bareng HPjadul

Mencoba bernostalgia dengan memainkan beberapa track lawas di perangkat lama Nokia era Symbian, memberikan tantangan tersendiri dari upaya pemindahan file mp3 ke semua perangkat #HPjadul, pairing bluetooth hingga ke penyimpanan yang mewajibkan proses masuk terlebih dulu ke fitur pesan baru menuju file manager dan pemutar musik bawaan.
Bagi kalian yang lahir dan besar di jaman Android dan juga iOS, saya yakin akan merasakan kesulitan penggunaan mengingat proses yang harus dilalui tidak semudah hape layar sentuh jaman now.

Nokia seri N95 8GB merupakan ponsel dengan desain slide 2 arah, berfungsi untuk mengakses tombol keypad numerik, dan juga tombol multimedia player yang unik.
Ketika proses percobaan nostalgia lagu lama masa Peterpan, suara musik yang terdengar cukup mantap dan stereo muncul di 2 sisi perangkat. Namun saat disambungkan via bluetooth ke mode aux pada kendaraan, proses bisa dikatakan gagal berulang. Tapi internal memory yang berukuran GB ini cukup menjanjikan untuk menyimpan ratusan file musik dan video durasi pendek.

Serupa dengan N95 diatas, Nokia N81 8GB juga memiliki kemampuan yang serupa, hanya saja konsep slide yang dibekali pada perangkat hanya untuk menyembunyikan keypad numeriknya saja. Tapi saat disambungkan dengan mode aux di kendaraan, bisa dilakukan dengan baik tanpa banyak proses ini itu. Cuma ketika mencoba penyambungan kembali dengan jeda kendaraan dimatikan, penyambungan harus dimulai lagi dari awal dengan memasukkan kode autentifikasi. Jadi gak bisa otomatis laiknya ponsel Android jaman Now.

Sementara itu, untuk Nokia Communicator 9300i sepertinya memang tidak diperuntukkan sebagai ponsel multimedia sebagaimana dua seri diatas, karena meskipun bisa ditanamkan file musik yang sama, proses pemutaran memberikan lag waktu yang cukup lama sebagai upaya membaca file dalam internal memory.
Wah, memang khusus buat kerjaan kantoran aja nih keknya.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.