Bersih-bersih akun Sosial Media dan isi Ponsel

Tadinya sama sekali gak terpikirkan bakalan meluangkan waktu untuk menata ulang akun-akun sosial media dari FaceBook, Twitter dan juga Instagram baik pertemanan, perubahan bio ataupun tata kelolanya. Namun mengingat ada satu dan lain hal yang cukup mengganggu hadir di timeline tiap kali membuka dan menikmati hal baru dari status teman, maka pilihan untuk bersih-bersih pun dilakoni selama 3 hari terakhir.

Untuk akun FaceBook, saya menghapus -unfriend- beberapa pertemanan bagi mereka yang status akunnya sudah di-deActivasi secara mandiri alias tak lagi aktif di laman FB seperti om Anton Muhajir atau Aryaputra Pande, lalu ada juga mereka yang sudah pergi meninggalkan dunia secara nyata, seperti alm.pak Nendrawan, Pande Jinggo dan lainnya, atau mereka yang memiliki lebih dari 1 akun, dimana setelah dicermati lebih jauh ada yang sudah ditinggal lama, bisa jadi karena lupa password atau menghapus jejak masa lalu.

Kategori terakhir ada bli bagus Imade Siaga juga Kadek Ardana yang punya akun paling sedikit 4 kalau tidak salah ingat. Sisanya adalah mereka yang berteman namun tak memiliki interaksi nyata. Maka dari 1500an pertemanan jadi menciut ke 1300an saja.
Terkait tata kelola, ternyata banyak juga akun yang saya unFollow ceritanya sejak 4 tahun lalu. Kini semua sudah diikuti kembali sebagaimana awal pertemanan.

Sementara untuk akun Twitter, dimana penggunaannya bersifat private alias tidak ada hubungan pertemanan, yang memfollow belum tentu di follow back, bersih-bersih timeline difokuskan pada siapa yang diikuti untuk mengurangi hal-hal yang tak penting dan menambah informasi terkini sekiranya jauh lebih bermanfaat saat dibaca. Tidak lupa melakukan perubahan bio dan beberapa pengaturan privacy lainnya.

Serupa dengan Twitter, akun Instagram pun masih berlaku hal yang sama. Termasuk soal tayangan iklan, komentar dan lainnya. Tidak lupa menghapus ‘hubungan’ dengan mereka yang sudah menyandang status alm.

Selain tiga akun sosial media diatas, aplikasi chat Whatsapp dan juga Telegram pun ikutan disasar. Dari menghapus chat lama yang sudah tidak lagi berinterasi, menyimpan chat yang dipandang perlu atau membersihkan storage dan melapangkan daya akses aplikasi kedepannya.

Terakhir tentu saja melakukan bersih-bersih tahap final pada file manager ponsel dan gallery. Tidak lupa restart perangkat untuk penyegaran penggunaan.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

2 thoughts on “Bersih-bersih akun Sosial Media dan isi Ponsel

  • September 5, 2021 at 5:31 pm
    Permalink

    tumben buka blog. ternyata namaku masih disebut-sebut sama bli pande. pantesan kedutan terus mataku. 😀

  • September 5, 2021 at 9:38 pm
    Permalink

    Yah, kehilangan senior di akun FB ternyata status deactivated rupanya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.