Percobaan Penipuan menggunakan Profil Whatsapp Teman

Percobaan Penipuan berkedok nomor baru dengan mengandalkan foto profil dan nama yang sama dengan seorang kawan, kelihatannya lagi marak belakangan ini. Beberapa kawan di akun FaceBook sempat mengeluhkan hal yang serupa lantaran ada maksud-maksud tertentu yang disampaikan, dimana ujung-ujungnya ya permintaan uang. Ada yang tertipu namun ada juga yang mencoba waspada.

Pola yang digunakan biasanya menyapa ramah, lalu meminta kita untuk menyimpan nomor baru mereka, dan menutup percakapan. Semua dilakukan dengan jeda interval waktu tertentu, mungkin bermaksud agar terlihat santai dan biasa.
Hari selanjutnya, percakapan dimulai lagi dengan bertanya kabar, lalu mencoba melakukan penawaran atau menyampaikan permintaan.
Dari mau pinjam uang, tawaran pembelian mobil dengan harga murah, atau lainnya dengan iming-iming mengundang iba atau malah menggiurkan.

Untuk pola peminjaman uang, biasanya kita akan diarahkan pada nomor rekening atas nama orang lain yang jika terlanjur dikirim biasanya akan sulit diklaim kembali. Harus melampirkan laporan ini itu. Sementara pola penawaran kendaraan melalui proses lelang, jauh lebih cerdik karena ceritanya menggunakan nomor rekening ‘bendahara’ instansi yang mengadakan lelang.

Hal-hal begini sebenarnya mudah dikenali sejak awal. Apalagi era teknologi jaman sekarang sudah memiliki banyak opsi untuk mencari tahu identitas nomor yang mencoba menyapa dan melakukan kontak lewat aplikasi Whatsapp mengandalkan foto profil orang yang kita kenal.
Jika kalian memiliki nomor kontak ybs sebelumnya, tinggal minta info keakuratan percakapan ke nomor lamanya dulu.
Atau bisa kontak ybs melalui akun Media Sosial yang dimiliki, baik fitur messenger atau DM.
Kalau perlu, tanyakan juga kepada orang terdekat mereka perihal yang sama, untuk meyakinkan apakah ini percobaan penipuan atau tidak.

Seperti yang saya pernah alami sebelumnya, seseorang mengaku sebagai pak Ngurah Suradana yang mencoba menawarkan lelang mobil sitaan tapi baru (belum ada pelat). Hal ini saya coba tanyakan langsung ke nomor lama ybs dan nomor istriNda, yang notabene merupakan atasan saya terdahulu. Clear, memang penipuan.

Hari ini ada lagi yang mencoba menyapa dari nomor yang mengaku sebagai Bli Yogi Triana. Maka saya coba memintakan kontak ybs pada sepupu terdekatnya, dan ternyata memang gak terdaftar dalam nomor yang diberikan.

Apakah ini percobaan penipuan lagi ?
Kita lihat besok.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.