#NovelJadul Inspirasi dari Masa Lalu

Sosok Hilman kerap hadir dalam belasan novel yang pernah saya baca dan nikmati di masa lalu. Dari Lupus jaman Cinta Olimpade, Tragedi Sinemata, Makhluk Manis dalam Bis, atau model Lupus Kecil, maupun cerita lepas seperti Cafe Blue, dan yang saya beli bekas tempo hari dari Buka Lapak, Rasta & Bella. Merupakan salah satu penulis cerita atau novel favorit saya di masa kecil hingga remaja. Termasuk serial Gilas dan Sam yang kerap hadir di majalah Hai jaman itu.

Lain lagi dengan Gola Gong. Penulis cerita juga novel yang lebih banyak berkiprah pada sebuah perjalanan, adventourer. Gitu ya namanya ? cmiiw…
Melahirkan Balada si Roy yang tempo hari saya beli juga novel bekasnya di salah satu gerai lapak online. Termasuk cerita lepas yang judulnya Lukisan.

Selain cerita dan novel, liputan musik adalah tulisan favorit saya lainnya. Apalagi jika yang diliput adalah musisi fenomenal di jamannya. Disini ada dua nama yang saya kenal dari majalah Hai, macam Denny MR yang belakangan hadir lewat vlog band legenda God Bless dan Daus sang fotografer. Betul-betul menginspirasi.

Mereka adalah sebagian kecil dari sekian banyak penulis cerita, cerpen, cerbung atau juga novel, laporan lapangan atau liputan yang saya sukai sejak mengenal berAneka ragam majalah remaja. Dari Hai, Gadis hingga Aneka itu tadi. Sementara beberapa lainnya macam Anita Cemerlang misalkan, yang menyajikan belasan cerita di setiap terbitannya, juga merupakan sajian rutin saat berkunjung ke perpustakaan daerah. Belum lagi tabloid Monitor yang dulu sempat kena bredel di jaman orde baru, hingga ke review ponsel dan gadget di sejumlah majalah dan tabloid dengan tema serupa.

Kemungkinan ini juga yang kelak menjadi bekal dan ide dalam melahirkan ratusan dan ribuan posting blog selama 15 tahun terakhir.

Akan tetapi sebenarnya ada maksud lain saat saya memutuskan untuk membeli kembali beberapa novel atau majalah dari jaman dulu yang pernah saya sukai meski dalam kondisi kertas yang sudah menguning ataupun berbau apek khas lama disimpan dalam gudang. Bernostalgia dengan masa remaja, dan juga ingin mengenalkan varian bacaan pada putri-putri saya yang tampaknya memiliki hobi yang sama. Bahkan si sulung sudah sekian kali ini berusaha ikut dalam berbagai lomba menulis cerpen meski tak pernah menang.

Kalau kalian, suka membaca juga ?

#novel #majalah #tabloid

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.