Ponsel dan Alur Cerita Film

Penggunaan ponsel sebagai media komunikasi dalam plot sebuah film terkadang memegang satu peran penting bagi sang pemeran utama ataupun pembantu, baik sebagai penunjuk arah lewat fitur GPS yang disematkan ataupun pengambilan gambar sang lawan main dengan tujuan tertentu. Namun ada juga yang kehadirannya hanya sebagai sebuah pelengkap aktifitas saat sang bintang memainkan peran didalamnya.

James Bond dalam satu penampilannya di episode Casino Royale (2006) tampak memanfaatkan fitur GPS sebuah ponsel klasik milik Sony Ericsson seri K800i untuk mencari tahu lokasi asal sang pengirim pesan di sebuah venue bertajuk the Royal Club. Bahkan sang lawan main yang bertugas untuk menghancurkan sebuah pesawat terbang dalam sebuah hangar terpantau menggunakan brand yang sama.

Brand Nokia malah muncul secara spesifik pada film Taken (2008) lewat 3 seri N yang cukup fenomenal jaman itu, yaitu N73, N90 dan N91. Sementara seri camcoder lainnya macam N93i muncul di dua film ternama macam Transformers (2007) dan salah satu dari Jason Bourne series. Namun yang paling fenomenal tentu saja seri Pisang hadir dalam film pertama The Matrix (1999) lewat tokoh utamanya Neo. Begitu pula saat Alexandria (2005) sebuah film lokal yang menyajikan penggunakan seri Nokia 6630.

Brand ternama lainnya pun muncul macam Motorola lipat V series pada film National Treasure beserta sebuah perangkat iPod, atau SideKick ponsel unik yang layarnya dapat diputar saat penggunaan muncul pada film the Devil Wears Prada (2006), dan juga ada Palm Treo di Wild Hogs (2007). Tidak lupa ada BlackBerry badak pada film Adjusment Bureau (2011) saat sang calon senator David Norris bersua dengan gadis pujaannya dalam sebuah Bus.

Sementara untuk ponsel-ponsel kekinian dengan layar sentuh murni macam iPhone ataupun Android series, kebanyakan muncul dalam film bertemakan sosial media macam Chef (2014), Iron Man miliknya Marvel bahkan sekelas film lokal Ada Apa Dengan Cinta versi 2 dan mini serinya Nicholas Saputra, Nic and Mar. Lantaran fungsi dan manfaatnya memang lebih banyak berada pada jaman kekinian.

Ada yang pernah menyadari keberadaan ponsel dalam film yang kalian nikmati ?

#HPjadul #Nokia #SonyEricsson #Motorola #BlackBerry

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.