Serba-serbi Makanan yang Harus Dihindari Saat Pemberian MPASI Ada Bayi

Umumnya bunda sudah bisa memberikan makanan padat atau pendamping asi ketika buah hati sudah berusia 6 bulan ke atas. Karena memang kebutuhan nutrisinya juga semakin tinggi, tak cukup hanya dengan mengonsumsi asi atau susu formula saja, melainkan harus ditunjang dengan menu makanan lain. Menu MPASI 6 bulan ini sendiri jenisnya juga sangat beragam, mulai dari bubur, daging sampai dengan buah-buahan. Hanya saja tentu tidak semuanya akan sesuai dan aman.

Berikut ini setidaknya ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari ketika memberikan MPASI untuk buah hati Anda, yaitu:

1. Madu, meskipun madu bagus untuk kesehatan, namun bagi bayi dengan usia di bawah 1 tahun kurang tepat untuk diberikan, karena hal ini bisa memicu racun dalam tubuh mereka, menyebabkan kelemahan otot, sembelit sampai dengan kelumpuhan.
2. Susu sapi, khususnya adalah produk susu sapi segar yang belum diproses, hal ini kurang bagus diberikan karena ada beberapa senyawa yang belum bisa dicerna oleh tubuh mereka. sehingga efeknya dapat memicu kerusakan pada ginjal.
3. Jeruk, buah dengan rasa asam yang satu ini bisa menyebabkan sakit perut jika diberikan kepada bayi.
4. Seafood, beberapa jenis makanan laut layaknya kerang, udang dan juga kepiting memang tidak tepat diberikan kepada bayi, karena bisa memicu terjadinya alergi.
5. Putih telur, bagi anak yang berusia di bawah 1 tahun putih telur hendaknya tidak dikonsumsi terlebih dahulu, mengingat ini akan memicu reaksi alergi.
6. Gandum, meskipun bagus namun ternyata gandum juga tidak dianjurkan diberikan bagi bayi berusia kurang dari 1 tahun, karena bisa menyebabkan alergi.

Selektif memilih MPASI juga penting untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan bayi agar lebih optimal. Tak kalah penting juga harus selektif memilih popok yang digunakan si kecil, karena kebanyakan produk yang dijual di pasaran saat ini dicampur dengan bahan-bahan kimia berbahaya. Dampaknya memang tak langsung dirasakan, melainkan dalam jangka waktu panjang. Jadi pilih yang sudah teruji keamanannya dari Merries.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.