Nostalgia bareng PDA made easy Edisi 5

Hadirnya Nokia Communicator 9500 di pasar Indonesia tampaknya menjadi salah satu penampilan terkini ulasan majalah PDA made easy edisi 5, yang fisiknya sampai hari ini masih saya simpan dengan baik di lemari kaca. Demikian halnya dengan lima brand pda lainnya yang pula disebut sebagai pendatang baru pada kancah gadget tanah air macam Palm Tungsten, HP iPaq, Sony Clie, Treo dan barisan pocketpc milik Toshiba.

Pada tahun itu kehadiran barisan PDA atau Personal Digital Assistant dan puluhan ponsel pintar lainnya, memang menarik hati para remaja laiknya saya, dengan belasan fitur dan kemampuan yang dimiliki untuk ukuran jaman itu. Aniway, iPhone sendiri rasanya belum ada info atau rilis resminya, jadi persaingan masih diramaikan oleh tiga sistem operasi saja, Palm OS, Windows Pocket PC dan Symbian.

Khusus Symbian, kalau tidak salah kehadirannya berada dalam 2 versi yaitu Symbian 80 seperti yang diadopsi oleh Communicator series miliknya Nokia, dan UIQ dengan perangkat layar sentuhnya melalui P series milik Sony Ericsson.
Sementara Palm OS, saat bersanding dengan perangkat pintar berbasis Windows PocketPC, terpantau sudah mengadopsi layar warna dan fungsi telepon.

Ulasan dalam majalah PDA made easy edisi 5 saat itu tentu menjadi unik saat bersanding dengan perangkat realnya saat ini. Apalagi cukup banyak juga gadget jadul yang disajikan dalam halaman demi halaman di edisi tersebut, kini telah menghias rak pajangan puluhan #HPjadul yang saya miliki.

Kalian punya hobi apa aja Gaes ?

#pda #pocketpc #palm #symbian #nokia #smartPhone

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.