Disket 5.25in Dewa pada Masanya

Kapasitas media penyimpanan masa kini sepengetahuan saya sudah sampai pada ukuran Tera Bytes, setidaknya yang lumrah dan banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau. Tera kalau tidak salah memiliki 12 angka 0 bytes yang cukup untuk menyimpan ratusan film durasi 1 jam-an sebagaimana halnya yang saya lakukan pada harddisk biru pembelian dua tahun lalu.

Namun jauh sebelum dunia mengenal media penyimpanan dengan model cakram ataupun ssd berkapasitas Tera Bytes, di masa awal saya mengenal personal computer atau versi desktop dengan spek 386/486 dengan bentuk cpu yang masih dalam posisi tiduran, benda satu ini bisa jadi adalah dewa pada masanya.
Disket 5.25in.

Saya mengenalnya saat mengikuti pembelajaran ITC atau Introduction to Computer melalui sebuah lembaga kursus komputer jaman SMP atau sekitar tahun 90an awal. Pengajarnya masih tergolong saudara, bli bagus Made Sutama yang saat itu menjadi trainer aplikasi WordStar, Lotus dan Symphony. Dimana untuk menjalankan semua aplikasi diatas dapat dilakukan dengan memanfaatkan disket 5.25in yang saat itu hanya memiliki kapasitas 360 Kilobytes saja. KB bukan TB macam jaman now.

Adapun aplikasi yang saya sebutkan merupakan cikal bakal aplikasi kantoran macam Microsoft Word, Excel dan semacamnya, yang dikenal dengan pengoperasian cepat dan mudah. Bagi kalian yang pernah menggunakan WS atau WordStar atau Lotus, yakin banget masih hafal cara-cara pintar untuk melakukan opsi penyimpanan, print dan lain sebagainya. Yang panjang dan ribet. Gak kayak jaman sekarang tinggal klak klik.

Aniway, disket 5.25in diatas sampai hari ini masih tersimpan dengan baik lantaran merupakan milik kakak sulung yang kini berada di Canada. Mungkin saja saat ia balik ke Indonesia lagi, mau bernostalgia menggunakan Lotus 1.2.3 laiknya om Pinot yang gape make perangkat jadul untuk mendukung pekerjaannya di NY sana.

#disket #diskette #old #big #retro #classic #486 #386

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.