Berbagi Kenangan Indah dalam sebuah Disket 1.44 MB

Jaman mendapatkan hibah pc DOS tahun 90an awal, benda kecil persegi satu ini adalah harta paling berharga bagi setiap pemiliknya termasuk saya. Lantaran dalam lembar plastik tipis berwarna hitam didalamnya, terdapat memori yang cukup besar dengan kemampuan menampung belasan file wordstar ataupun foto artis telanjang *ups maaf* yang jadi bahan kebanggaan para remaja saat ngumpul bareng di depan komputer desktop.

Perangkat dengan lubang pipih untuk input Disket 1.44 MB ini dahulu disebut juga dengan istilah drive Floppy 3.5. Biasanya sih di-set sebagai Floppy A atau yang paling pertama diakses oleh jeroan pc saat pengguna menyalakan komputernya, meski soal pengaturan drive apa yang diakses pertama bisa di-atur dengan mengakses halaman apa namanya gitu dengan cara menekan tombol Del- di awal-awal.

Kapasitasnya tergolong besar, yaitu 1.44 MB dengan batas maksimal pengisian di kisaran 1.2 MB-an.
MB. MegaBytes. Bukan Giga.

Tergolong besar karena saingan terberatnya saat itu hadir dalam kapasitas yang jauh lebih kecil namun memiliki penampakan fisik yang cukup besar atau dikenal dengan nama Disket 5.25 sekitaran 360 KB. Ya, dalam satuan KiloBytes.

Meski demikian, fungsi sebuah Disket 1.44 bisa dikatakan cukup beragam bergantung pada kebutuhan penggunanya. Dari penyimpanan file dokumen, foto atau gambar, juga aplikasi dan games sederhana macam Supaplex, Digger atau Catur. Biasanya sih untuk games, sebuah disket mampu menampung sekitar 1 sampai 3 buah games. Hal yang menyenangkan saat bisa berbagi file ke pc yang lain dengan membawa belasan disket untuk di-copy paste.

Beberapa ilmu pc DOS yang masih saya ingat adalah cd:, md:, copy spasi nama file disertai ekstensi file lalu spasi dst dst, ren (rename) untuk mengganti nama file, dan lainnya. Cukup ribet kalau dibandingkan dengan operasional pc jaman now.

Seperti halnya keping cd dan dvd, ada banyak varian warna yang hadir dalam kemasan jual disket mungil 1.44 MB ini.

Kalian pernah menggunakan yang satu ini ?

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.