Inilah Cara Bayar BPJS Kesehatan Online

Kesehatan menjadi hal paling utama yang harus diperhatikan, di mana sekarang sudah ada yang namanya BPJS untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Apalagi adanya BPJS kesehatan online dapat membuat semuanya semakin mudah.

Baik membayar iuran bulanan, mengecek tagihan, hingga klaim penggunaan kini dapat dilakukan melalui online. Anda tidak perlu ribet lagi bila ingin mempunyai BPJS untuk Anda pribadi dan keluarga tentunya.

Pentingnya Memiliki BPJS Kesehatan

Alasan mengapa BPJS sangat penting ialah untuk memproteksi diri saat sedang dibutuhkan, baik karena sakit, kecelakaan, ataupun jaminan kesehatan di hari tua. Selain lebih aman, BPJS akan sangat membantu di keadaan darurat.
Di sini Anda juga bisa membuat BPJS untuk keluarga, di mana Anda bisa tetap menjaga keluarga meski sedang jauh di luar kota sekalipun.

Bayar BPJS Kesehatan Online

Penggunaan BPJS tidak serta merta bisa Anda gunakan, namun ada iuran bulanan yang harus Anda bayar. Biasanya pengguna mengeluhkan proses pembayaran yang lama di kantor BPJS, namun Anda tidak perlu khawatir karena sekarang pembayaran BPJS sudah bisa dilakukan secara online.

1. Cara Bayar BPJS di Marketplace

Pastinya banyak dari Anda yang belum tahu bahwa membayar BPJS bisa melalui marketplace, sebut saja Tokopedia, Shopee, hingga Bukalapak sudah menyediakan fitur ini.
Caranya juga sangatlah mudah dan gampang, berikut caranya:

  • Pergilah ke marketplace yang Anda biasa belanja online, lalu cari menu Pembayaran dan Pembelian.
  • Pilih Pembayaran BPJS dan klik BPJS Kesehatan.
  • Selanjutnya masukkan VA Keluarga atau nomor BPJS Anda.
  • Di sini Anda akan diberi informasi tagihan BPJS yang harus dibayar, Anda juga bisa membayar untuk beberapa bulan ke depan.
  • Setelah itu pilih metode pembayaran yang Anda sukai, baik melalui transfer bank, minimarket, dan lain sebagainya.
  • Klik Bayar dan Anda akan diarahkan menuju menu pembayaran.
  • Kemudian pergilah untuk membayar tagihan yang ada melalui metode yang sudah dipilih.
  • Foto bukti pembayaran dan upload di menu konfirmasi.
  • Dari sini Anda tinggal klik Konfirmasi dan tunggu beberapa saat.
  • Otomatis akan ada notifikasi baik melalui email atau nomor telepon BPJS Anda bahwa tagihan bulanan sudah berhasil dibayar.

  • 2. Cara Bayar BPJS dengan Dompet Digital

    Menggunakan dompet digital menjadi cara lain yang bisa Anda gunakan, di mana caranya lebih efektif dan juga efisien. Caranya ialah sebagai berikut:

  • Pertama Anda harus memiliki dompet digital terlebih dahulu, seperti Dana, LinkAja, OVO, dan lain sebagainya.
  • Lakukan deposit di dompet digital yang Anda pilih, di sini Anda bisa mengisinya melalui ATM bank.
  • Kemudian bukalah dompet digital dan pilih menu Beli/Bayar.
  • Carilah pilihan Asuransi, lalu klik menu BPJS Kesehatan.
  • Selanjutnya masukkan nomor atau VA BPJS Anda, otomatis akan muncul detail tagihan atau pembayaran yang harus Anda bayar.
  • Lalu tekan Bayar Sekarang, maka proses transaksi akan mulai berjalan.
  • Bila pembayaran sudah selesai Anda bisa menunggu beberapa saat, selang beberapa saat akan muncul notifikasi pembayaran di email atau SMS yang terdaftar di BPJS.
  • Hal ini menandakan bahwa Anda sudah berhasil melakukan pembayaran BPJS kesehatan online.
  • 3. Cara Bayar BPJS Melalui Website

    Bila Anda ingin cara aman membayar BPJS secara online, maka Anda bisa memilih website penyedia pembayaran online. Salah satunya di Bhinneka.com, di mana situs ini menawarkan pembayaran BPJS yang cepat dan juga aman.

  • Kunjungilah Bhinneka lalu pilih menu pembayaran BPJS kesehatan, namun untuk lebih mudahnya Anda bisa langsung klik link berikut: https://www.bhinneka.com/digital-product/bpjs-kesehatan/.
  • Selanjutnya isilah nomor VA BPJS kesehatan yang Anda miliki, kemudian tentukan pembayaran tagihan hingga bulan apa.
  • Klik Cek Tagihan dan otomatis Anda akan diberi informasi total tagihan yang harus Anda bayar.
  • Di sini pergilah ke ATM dan lakukan pembayaran ke nomor rekening yang sudah disediakan Bhinneka.
  • Jangan lupa foto dan simpan bukti pembayaran, lalu upload di halaman Konfirmasi yang ada di situs.
  • Klik Konfirmasi pembayaran dan tunggulah proses selesai, setidaknya butuh waktu beberapa jam agar pembayaran selesai.
  • Bila pembayaran sudah berhasil, maka Anda akan mendapat notifikasi langsung dari BPJS baik melalui email atau nomor telepon yang terdaftar.
  • Kelebihan Bayar BPJS Kesehatan secara Online
    Membayar BPJS kesehatan secara online memang memiliki banyak kelebihan, seperti lebih mudah, cepat, bebas admin, dan lain sebagainya. Tentu saja cara ini bisa Anda gunakan bila tidak ingin ribet harus datang ke kantor BPJS.

    1. Mudah dan Cepat
    Meskipun membutuhkan waktu beberapa jam, namun tetap saja membayar tagihan BPJS kesehatan secara online lebih mudah dan praktis. Pasalnya Anda tidak harus datang ke kantor BPJS terlebih dahulu, di mana cukup di rumah saja Anda sudah dapat melakukan pembayaran tersebut.
    Selain itu kantor BPJS selalu ramai setiap hari, hal ini pastinya akan membuat pengguna BPJS enggan mengantre terlalu lama. Namun dengan cara online, maka Anda tidak perlu mengantre lagi. Mengingat pembayaran tersebut sudah dilakukan secara otomatis.

    2. Pembayaran Secara Real Time
    Perlu Anda ketahui juga bahwa Anda bisa membayar BPJS kapanpun Anda mau, termasuk di luar jam kerja atau hari libur sekalipun. Hal ini karena pembayaran BPJS kesehatan online dilakukan secara real time.
    Tentunya Anda akan terhindar dari telat membayar yang dapat membuat Anda terkena denda, apalagi bila harus sampai terblokir akan sangat disayangkan.

    3. Bebas Biaya Admin
    Biasanya bila Anda membayar tagihan di kantor BPJS, maka Anda akan dikenakan biaya admin yang lumayan besar. Namun tidak demikian bila Anda melakukannya secara online, di mana walaupun tidak benar-benar bebas admin. Setidaknya biaya yang dikeluarkan jauh lebih sedikit.
    Kelebihan ini pastinya akan sangat membantu Anda, apalagi bila jumlah akun VA BPJS yang banyak juga akan berpengaruh terhadap biaya adminnya. Tapi bila dengan cara online semuanya akan sama saja dan cenderung lebih terjangkau.

    4. Bisa Bayar Sampai Beberapa Bulan ke Depan
    Uniknya pembayaran secara online, Anda bisa menentukan sampai bulan kapan pembayaran yang akan dilakukan. Misalnya saja sampai bulan depan atau sampai 3 bulan ke depan tidak menjadi masalah.

    Fitur ini sudah bisa dijumpai dengan mudah di berbagai pembayaran online saat ini, seperti online shop, dompet digital, ATM bank, situs website, dan lain sebagainya. Meskipun terlihat sepele namun untuk beberapa orang hal ini sangatlah mempermudah pembayaran BPJS kesehatan yang dimilikinya.

    Apabila Anda ingin membayar BPJS pribadi maupun keluarga, maka Anda bisa berkunjung di Bhinneka.com. Situs ini menawarkan beragam kelebihan yang bisa Anda dapatkan, mulai fiturnya yang real time, pembayaran hingga beberapa bulan, dan metode pembayaran yang lengkap.

    Selain itu Anda juga bisa membayar BPJS dalam jumlah banyak sekaligus dengan biaya admin yang sangat terjangkau. Tentunya hal ini bisa Anda lakukan hanya dengan beberapa langkah saja.

    pande

    hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.