Post Perkenalan Diri Whatsapp Group BloggerHub id

Malam Mbak Yayang, Admin grup paling gercep soal update info.

Saya kenal Blog itu gak sengaja, atau gak direncanakan tepatnya.
Jadi tahun 2005 Mei itu ada semacam pelatihan yang diadakan oleh Kominfo PemKot Denpasar, dan saya sebagai PNS (istilah ASN saat itu) di Kabupaten Badung (mewilayahi Kuta, Jimbaran, Pecatu, Canggu dan lainnya) yang diketahui pimpinan punya minat ke teknologi, lalu diutus mewakili. Dimana dalam sesi akhir ada pembagian kelas yang bisa dipilih. Saya pun memilih Photo dan Video Editing.

Tapiii… karena kelasnya penuh, oleh Panitia, saya dipindahkan ke kelas Blogging tanpa pemberitahuan. Jadilah bingung sendiri pas mengikuti sesi pelatihan. ya dasar sudah jodoh, diikuti aja.

Blog pertama waktu itu masih gratisan di blogspot. jadi nama www.pandebaik.com ini dulunya ada ekor blogspot, migrasi ke WP tahun 2008 seiring nyaris kena kasus hukum.

Jadi di awal, jujur aja saya gak paham bahwa blog itu bakalan bisa dibaca oleh banyak orang. Sementara awal-awal ngeBlog ya macam orang (MAAF) onani. Nulis sendiri, baca sendiri.
Eh ternyata kesandung.
Tulisan tahun 2006 muncul di halaman pertama teratas pas ngetik kata kunci nama media cetak mainstream lokal. topik postnya soal wartawan amplop. Jadilah saya diancam UU ITE waktu itu yang masih berupa draft sepertinya.
Gak mau berpolemik, saya hapus postnya, lalu direct alamat blog ke google. Hilang sudah blog saya waktu itu.

Persoalan selesai setelah dimediasi kawan jurnalis yang kenal saya, dan pimred media cetak tsb membatalkan ancamannya. Wih… shock luar biasa.
Lalu ada tawaran migrasi, langsung ambil opsi ke WP dan domain pribadi.
Nah… abis itu baru deh mulai nulis ‘secara serius’

Hobi nulis sudah dimulai dari masa SMA periode 1992-95, jadi wartawan sekolah dan magang di Tabloid anak sekolah se-Prov Bali, anak media Bali Post. Lalu jadi kontributor lepasan di PCplus tentang Tips Trik PC, tabloid Sinyal dan tabloid SmS tentang Tips Trik ponsel. Tahun 2012 dikontrak setahun mengisi kolom Tekno Koran Tokoh, dengan 4-5 tulisan setiap terbit dwimingguan. Tapi cuma bisa bertahan 11 bulan pasca lahiran anak ke-2 ?
Terakhir aktif bareng SmartFren dari tahun 2016-18, mereview produk modem dan ponsel bundling mereka, lalu resign karena kesibukan kerja. Tapi masih suka bantu post/review pas mereka minta bantuan.

Saat ini aktifitas ASN jadi prioritas utama mengingat sudah masuk di jabatan struktural. Jadi susah kalo mau ijin kantor buat ambil kerjaan pas jam/hari kerja.

Gitu…

Salam kenal untuk manTeman Blogger se-Grup WA

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.