Post Karangan Mirah – Generasi Berprestasi

Zaman skrng kita tidak hanya perlu sandang, pangan dan papan saja, tapi kita juga perlu “Pendidikan”. Kita adalah pelajar Indonesia, anak – anak yang kuat, anak – anak yang tangguh, dan anak – anak yang berprestasi dan bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia. Di Indonesia penduduknya wajib mengikuti pendidikan selama 9 tahun, 6 tahun untuk sekolah dasar dan 3 tahun untuk sekolah menengah pertama. Pendidikan Indonesia sudah diatur melalui Undang – Undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

“Kenapa Indonesia belum bisa menjadi negara yang maju?” Itu dikarenakan kondisi pendidikan di indonesia masih sangat memprihatinkan, negara kita berada pada urutan ke-65 dari 68 negara padahal menurut kita pendidikan di sekolah kita itu sudah bagus, tapi tidak dimata dunia. Terkadang murid – murid di sekolah itu suka memakai cara curang untuk mendapat nilai yang bagus, padahal sebenarnya dia tidak mengerti apa – apa tentang pelajaran tersebut. Ada kata – kata “Mendewakan Nilai” itu yang saya rasakan di sekolah, seharusnya sekolah itu untuk kita mencari ilmu bukan untuk mencari nilai. Orang – orang hanya menganggap anak yang pintar itu adalah anak yang pintar dalam pelaharan IPA dan Matematika, tapi ternyata pintar itu tidak dari pelajaran itu saja, bisa dari pelajaran prakarya, pelajaran menari, bahkan pelajaran bermain musik.

Ada peribahasa seperti ini “Berakit – rakit dahulu, bersenang – senang kemudian” itu artinya adalah kita harus berjuang terus – menerus agar bisa mencapai hasil yang kita inginkan. Sama seperti halnya jika kita ingin Indonesia menjadi negara yang maju, kita harus berfikir bahwa pendidikan itu sangat penting bagi seluruh penduduk bangsa, kita harus membuat sekolah yang layak di daerah – daerah terpencil, melatih kemampuan guru – guru, dan menyediakan makanan yang berprotein untuk memperbaiki gizi anak -anak Indonesia.

Yang terpenting adalah niat kita untuk memperbaiki diri kita untuk belajar jujur, walaupun kita mendapat nilai yang tidak memuaskan tapi kita harus tetap menghargai proses belajar kita dan kita harus buang jauh – jauh kata “Aku tidak bisa”. Kita pasti bisa kalau kita mau mencoba dan tidak putus asa, setiap perjuangan pasti tidak akan menghianati hasilnya. Yang kita perlukan itu bukanlah nilai tapi rasa ingin tau yang tinggi, rasa semangat belajar, dan tidak malu untuk bertanya, maka dari situlah kita akan terus belajar.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.