Hujannya Awet ya Bund ?

Hujannya awet ya Bund ?
Sudah jalan 2 jam-an dari pagi, tinggal mantau timeline IG dan FB saja bentar lagi, bakal banyak keluhan banjir dan genangan air yang lumayan tinggi di berbagai wilayah seantero Bali.
Tunggu aja…

Hujan yang turun sedemikian lama, biasanya jadi ujian bagi semua orang. Ujian apakah selama ini kita sudah cukup baik menjaga alam, membersihkan lingkungan, menjaga resapan air agar tetap ada, atau malah kita lalai dari semua itu ? Hanya waktu yang akan membuktikannya.

Apalagi jika kalian berada di posisi ASN atau pemerintah yang bertugas di instansi teknis kaitan infrastruktur, bencana dan keselamatan masyarakat. Yang bisa dilakukan pada musim-musim begini ya, berharap semua hal bisa berjalan dengan baik-baik saja, meski itu gak murni semuanya aman. Adaaa aja biasanya laporan yang masuk dan memerlukan penanganan segera. Darurat. Jalan rusak akibat air yang naik hingga permukaan trotoar bahkan menenggelamkan ruko-ruko disekitarnya, lalu amblesnya jalan akibat tergerus air bah, ada juga longsor dan robohnya senderan sungai di kawasan perumahan. Yang gak siap mental, ya musti tabah menanti kontak dari banyak pihak. Minimal ada aja yang menyampaikan caci maki seakan kami gak pernah bekerja. Biasa mah kalo soal beginian.

Sementara bagi yang berada di luar bidang itu, paling aman tentram melewati hari di ruangan kamar bersama keluarga gulang guling di kasur empuk. Tak terlalu peduli dengan hiruk pikuk orang di luaran, selama hujan mendera dan cobaan menghantam.

Tinggal menunggu panggilan saja.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.