Asyiknya berburu #KasetJadul SoundTrack Film masa Remaja

Ada masanya pada jaman dulu saat masih remaja, suka berburu kaset soundtrack film di beberapa gerai dan toko kaset terdekat seputaran kota Denpasar. Adapun kaset soundtrack pertama yang pernah dibeli kalau tidak salah ingat, Robin Hood : Prince of Thieves (1991) yang dibawakan oleh Bryan Adams lewat karya Everything I Do, I Do it for You. Belinya pas masa SMP seharga 4000 rupiah di toko kaset sebelah banjar Tainsiat. Cuma, kaset yang dibeli bukanlah tergolong rilis album melainkan hanyalah sebuah single, lantaran hanya berisikan 3 lagu saja.

Album Soundtrack yang jadi favorit saya di era yang sama kalau tidak salah ada Lion King yang menyajikan alunan suara dari Elton John dan para ‘binatang’ lainnya. Belinya juga gak sengaja di gerai toko pojokan Suci Plaza. Album ini sering diputar bolak-balik sampai hafal dengan kata-kata yang diucapkan oleh Pumbaa si Babi dan kawannya Timon. Sampai sekarangpun saya masih menyukai album satu ini saat senggang.

Berburu album soundtrack memiliki tujuan utama untuk melakukan pencarian pada satu dua karya lagu dari musisi tertentu yang tidak dirilis dalam bentuk album jaman itu. Katakana saja macam soundtrack film Days of Thunder (1990) yang dibintangi oleh Tom Cruise, menyajikan cover lagu Bob Dylan yang secara apik dibawakan oleh musisi rock Guns N Roses lewat Knockin’on Heavens Door dengan versi tambahan suara narasi di tengah lagu. Jadi kalaupun didengar dengan seksama, yang pernah mendengar versi album dijamin tahu letak bedanya. Termasuk Feed the Gods-nya White Zombie yang jadi salah satu penghias dalam film tepatnya saat pak polisi officer Wilson masuk ke dalam sebuah pub demi mencari tahu keberadaan mbak seksi Kayla, pacar om Chazz Darby alias Chester.

Sebagaimana halnya kaset soundtrack pertama yang pernah dibeli, ada juga beberapa model kaset single soundtrack lainnya yang pernah saya ambil di gerai toko kaset Imam Bonjol dekat lampu merah seperti Patty Smith yang mengiringi filmnya om Arnold lewat Junior, dan om George Michael yang hanya berisikan 2 lagu saja. irit banget.

Meski ada juga beberapa album sejenis yang nyesel saya beli lantaran gak ada satupun lagu-lagunya bisa nyantol di kepala, macam Dick Tracy (1990), the Simpsons atau sekumpulan kocheng Mc Skat Kat yang menampilkan beberapa lagu serta music score film dengan suara murni dari pemeran dalam filemnya. Kacau.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

One thought on “Asyiknya berburu #KasetJadul SoundTrack Film masa Remaja

  • January 18, 2021 at 6:26 am
    Permalink

    Aku kelas 1-2 SMA tuh waktu Everything I Do, Do It fot You lagi ngetop-ngetopnya. Sampai sekarang juga masih suka. Nggak ada memori apa-apa sih, cuma suka suara keren Bryan Adams.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.