#HPjadul Nokia 9000 Commie Pertama

Dari awal mengenal keluarga Commie alias Nokia Communicator, gak pernah sekalipun terpikirkan bahwa ternyata ada pendahulu dari duo seri ternama 9110/9110i dan 9210/9210i yang berlayar warna. Meski sempat nyengir kaget pas liat wajah penampakannya yang membulat dan besar.

Nokia 9000

Merupakan ponsel pertama Nokia dari keluarga Communicator yang diperkenalkan kalau tidak salah info pada tanggal 15 Agustus 1996. Jaman saya awal-awal kuliah di Arsitektur. Jadi wajar banget kalau nggak tahu ada model beginian.

Untuk ukuran sebuah ponsel jaman old, kehadiran Nokia 9000 adalah termasuk dalam golongan ponsel powerful yang tebal dan berat. Apalagi pas disejajarkan dan digenggam bersanding dengan para anggota keluarga lainnya.

Memory internal ponsel ini cukup lapang, sekitar 8 MB. Mega Bytes.
Sandingkan dengan ukuran disket mini jaman itu yang hanya mampu mengisi data sekitar 1,2 MB untuk setiap kepingnya.

Dengan menggunakan layar grayscale cukup lapang, harga jual ponsel yang dirilis ke pasar global tahun 1998 ini infonya cukup mahal.

Mengadopsi jaringan GSM, Nokia 9000 infonya memiliki kemampuan email dan fax disamping fungsi utama ponsel jaman itu, sms dan telepon.

#Nokia

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.