Mengejar 10ribu langkah setiap hari

Sudah tiga bulan terakhir selama masa pandemi ini, saya berusaha konsisten untuk berolahraga setiap harinya.
Ya, setiap hari tanpa absen.
Selain menjaga kesehatan agar terhindar dari Covid, minimal harapannya begitu, aktifitas ini rasanya sudah menjadi candu dan wajib dituntaskan pagi atau paling tidak sore hari.

Mengejar 10ribu langkah setiap hari.

Caranya ya bergerak, bergerak dan bergerak. Minimal selama 1.5 jam, maka target diatas bisa selesai dengan sendirinya.
Jika dikalkulasi, jumlah langkah hingga 10ribu, biasanya saya tempuh dalam hitungan jarak 8 KM. Asumsi rata-rata dengan panjang jangkauan kaki, setiap 1 KM saya melakukan gerak sebanyak 1200an langkah. Artinya, kalian yang memiliki tinggi dibawah saya, pasti memiliki jangkauan yang lebih banyak dalam jarak yang sama.

Sementara untuk waktu tempuh, biasanya saya membuang 10 menitan per KMnya bila kecepatan berjalan sampai 6 KM/jam. Itu sebabnya saya katakan, hanya memerlukan waktu 1.5 jam saja secara konstan per harinya.

Bisa menyimpulkan sampai sejauh itu ya karena sudah melakoninya dalam rentang waktu yang cukup lama.

Apabila saya menuntaskan target itu di pagi hari, maka bisa ditebak pada jam 10/11 siang sudah harus membersihkan diri untuk yang ke-2 kalinya. Mengingat mandi pertama dilakukannya pukul 5 pagi, untuk bersiap mebanten pekideh sebelum memulai aktifitas harian. Setelah itu kantuk datang, dan tanpa ba bi bu langsung terpejam. Sementara kalopun kantuk datang sebelum mandi dilakukan, biasanya saya terpejamnya diatas kursi teras ditemani semilir angin siang hari.

Aktifitas ini tidak akan bisa dicapai jika tanpa ditemani oleh musik. Dari Van Halen, GNR, Sepultura bahkan Rancid paling kerap menjadi theme song saat saya berupaya melakukannya. Meski terkadang harus mencoba genre lainnya macam Psy, 2 Unlimited, atau bahkan Iwan Fals favorit saya, agar tak sampai bosan saat berolahraga.

Menyibukkan diri secara mandiri serta berusaha EGP pada lingkungan, kelihatannya adalah upaya terbaik dalam menjaga pikiran untuk tetap normal selama masa pandemi ini.
Jadi tetaplah semangat berolahraga.

UICG kalo kata kawan saya.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.