Pamer HomeScreen Android pasca Apple Update IOS 14

Lagi rame pamer post halaman depan iPhone yang sudah update os ke versi terbaru, iOS 14 dimana penggunanya kini bisa membuat custom widget dan mempercantik tampilan laiknya ponsel Android.
Ya, ponsel Android.

Personalisasi tampilan depan atau istilah kerennya Homescreen, bagi pengguna iPhone bisa dikatakan baru bisa dilakukan pasca melakukan update os ke iOS versi 14. Selama ini iPhone dikenal dengan tampilan halaman depan yang sama dari tahun ke tahun, dari seri ke seri. Dimana semua aplikasi akan ditampilkan secara keseluruhan pada layar utama, tanpa ada opsi Menu Drawer lagi. Infonya hal ini demi menghemat memory dan space perangkat iPhone. Tapi kini, sudah tidak lagi. Pengguna dapat menyajikan custom widget yang letaknya pun dapat diatur sesuka hati. Hal yang sudah dilakukan oleh ponsel Android, kalau tidak salah sejak versi 3.0 Honeycomb.

Secara default perangkat Android, sebenarnya sudah dibekali kemampuan untuk menampilkan Widget fungsi tertentu pada halaman depan ponsel. Saya sendiri kerap menggunakan widget optimasi ponsel yang jika ditekan, secara otomatis melakukan pembersihan memory atau ram pada ponsel. Selain itu ada juga widget weather dan lokasi.

Sementara jika kalian menginginkan custom Widget lainnya, bisa menginstalasi aplikasi tambahan sejenis yang menawarkan sejumlah widget gratisan dan berbayar. Khusus yang berbayar, gak usah ditanya tampilannya macam apa. Keren bingits kalo kata anak-anak jaman now.
Dari tampilan jam ala ponsel HTC dan Mac yang detiknya bisa berubah laiknya membuka kalender meja, tampilan tanggalan hari ini yang memanjang vertikal atau diubah dalam bentuk teks, pula janji dan pesan yang bisa tampil begitu saja pada halaman depan tanpa perlu membukanya secara khusus. dan masih banyak lagi.

Saya sendiri saat masih menggunakan ponsel Android seri 3.0 Honeycomb sampai seri 8.0 Oreo kerap memanfaatkan fungsi Custom Widget ini untuk membuat keren halaman depan saat ponsel diletakkan begitu saja di atas meja kantor. Lumayan bikin mata kawan dan rekan kerja untuk melirik lantaran tampilannta yang jadi unik dan beda dengan ponsel Android lainnya.

Sementara saat ini, saya memilih tampilan ponsel yang clean. Tanpa banyak icon dan widget. Seperlunya saja.
Paling ya widget Weather dan lokasi, jumlah langkah harian Samsung Health dan juga opsi optimasi memory, dimana semuanya merupakan widget bawaan ponsel. Ditambah widget untuk mematikan dan mengunci layar dalam sekali tekan (turn off).

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.