Ciri-ciri Tempat Pemberi Dana Tunai Jaminan BPKB yang Perlu Dihindari

Apabila akan mengambil pinjaman, salah satu tips paling penting adalah dengan memilih tempat peminjaman yang aman. Hal ini dapat dilakukan bagi Anda terutama yang mempunyai jaminan, sehingga nantinya jaminan yang telah diberikan tidak hilang. Misalnya saja bagi Anda yang menyerahkan jaminan BPKB kendaraan yang Anda punyai untuk mendapatkan pinjaman yang dibutuhkan tentu saja mengetahui beberapa tips pemilihan tempat terbaik. Akan tetapi selain tips tersebut, perlu juga mengetahui beberapa ciri dari tempat pemberi dana tunai jaminan BPKB yang perlu dihindari. Adapun beberapa ciri tersebut adalah lembaga pemberi pinjaman berikut ini:

1. Hanya mementingkan pencairan yang cepat
Hal pertama pemberi pinjaman yang perlu dihindari adalah yang hanya mementingkan pencairan yang cepat. Hal ini karena banyak yang akan tergoda karena membutuhkan dana yang cepat cair, oleh karena itulah akan memilih tempat yang menawarkan keunggulan ini. Akan tetapi sebelum memilihnya pastikan Anda berpikir lebih matang karena tempat ini mempunyai banyak kekurangan terutama dari keamanan yang dipunyai. Sehingga nantinya Anda bisa kehilangan kendaraan yang dipunyai dan mendapatkan pinjaman yang tidak plafonnya kecil dan tidak sesuai dengan nilai kendaraan yang Anda punyai.

2. Bunga tinggi
Ciri selanjutnya tempat pemberi pinjaman yang harus dihindari adalah yang menawarkan bunga tinggi. Hal ini merupakan ciri yang paling umum dan ditemui yaitu memberikan bunga tinggi dan tidak masuk akal. Dengan memberikan bunga tinggi tersebut akan membuat penerima pinjaman kesulitan untuk membayar cicilan pinjaman yang telah diberikan. Sehingga hal tersebut juga membuat Anda kehilangan kendaraan yang dijaminkan. Ataupun ketika Anda mempunyai cukup dana untuk membayar bunga tinggi tersebut, dengan presentase bunga yang tidak masuk akal juga akan membuat Anda membayar pinjaman berkali-kali lipat dibandingkan dana yang diterima. Oleh karena itulah hindari untuk mengambil pinjaman dari tempat yang menawarkan bunga tidak masuk akal.

3. Syarat dan aturan tidak jelas
Ciri selanjutnya yang dapat dihindari ketika akan memilih lembaga pemberi pinjaman adalah yang syaratnya tidak jelas. Setiap lembaga tentunya mempunyai aturan dan syaratnya sendiri, akan tetapi apabila Anda menemukan tempat yang mempunyai syarat dan aturan tidak jelas maka hal tersebut patut untuk dicurigai. Oleh karena itulah pastikan ketika akan mengambil pinjaman dengan menyerahkan jaminan BPKB untuk mengetahui syarat dan aturan yang jelas sehingga bisa membuat Anda lebih tenang.

4. Tidak mempunyai perjanjian
Ciri selanjutnya dari pinjaman bodong adalah yang memberikan perjanjian tetapi tidak memberikan perjanjian secara tertulis. Sehingga hal tersebut tidak akan mengikat kedua belah pihak dan juga tidak profesional. Pastikan ketika Anda akan mengambil pinjaman dana yang cukup banyak dengan jaminan BPKB maka pastikan mempunyai perjanjian tertulis hitam di atas putih, sehingga akan memberikan keamanan tidak saja untuk penerima pinjaman tetapi juga pemberi pinjaman.

5. Lembaga yang tidak jelas

Ciri terakhir dari lembaga pemberi pinjaman dana tunai jaminan BPKB yang perlu untuk dihindari dan perlu diwaspadai adalah lembaga yang tidak jelas. Misalnya saja lembaga tersebut yang tidak pernah Anda dengar namanya. Selain itu lembaga tersebut juga tidak mempunyai kantor resmi yang bisa didatangi dan mengajukan pertanyaan atau konsultasi mengenai pinjaman yang diberikan. Terakhir adalah kantor yang tidak terdaftar di OJK, sehingga apabila menemukan lembaga pinjaman dengan ciri ini maka urungkan saja niat untuk mengambil pinjaman dengan jaminan BPKB di tempat ini.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.