#HPjadul Nokia 7650

Saat diminta bantuan mengendarai Nissan Terrano dan menyeberangi pulau untuk melakukan perjalanan jauh ke Pura Blambangan oleh seorang kerabat yang berstatus seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat wilayah Kota Denpasar, saya pun menyanggupi demi hasrat menjajal Nokia 7650 lebih jauh, disela waktu istirahat.

Ponsel artis yang dimensi dan harga jualnya jauh berbeda dengan Nokia 3350 yang saya miliki saat itu, kalau tidak salah ingat rata-rata memiliki masalah pada ketahanan daya baterenya. Dugaan pertama yang menjadi penyebab adalah adanya pemanfaatan kabel fleksibel yang kerap menurunkan daya batere secara cepat. Baik untuk mengakses penggunaan fitur kamera dan juga aktifitas pengetikan pada layar warna. Bisa dimaklumi, mengingat Nokia 7650 ini merupakan barisan ponsel pertama milik Nokia yang dijuluki Smartphone di jamannya. Thanks to Symbian 60 1st Edition.

Nokia 7650 diperkenalkan pada publik pada awal tahun 2002 silam, atau sekitar 18 tahun yang lalu. Dibekali dengan lensa kamera dengan resolusi vga, dibenamkan pada punggung ponsel lapis pertama yang ditutupi oleh lapis kedua lewat konstruksi slide-nya. Selain urusan daya tahan, satu kekurangan terbesar seri ini adalah ketiadaan slot memory card eksternal, sehingga memaksa pengguna harus berpuas diri dan menghemat kapasitas penyimpanan yang hanya disediakan sebesar 4 MB saja. Mega Bytes loh ya.

Saya sendiri baru bisa memiliki dan memegangnya pada tahun 2005 awal, tepatnya saat ditunjuk menjadi Direksi Teknis Kegiatan Pematangan Lahan Puspem Badung, menyulap sawah menjadi tanah siap bangun seluas 17 hektar, hasil perencanaan dari dosen pembimbing saya masa kuliah terdahulu, Ir. I Wayan Gomudha.
Bisa ditebak, sebagian besar rekaman lensa saat dimulainya kegiatan, berasal dari lensa kamera vga milik Nokia 7650 jaman itu.

Pada saat kepemilikan ponsel Nokia 7650 menjadi tonggak awal hobi oprek ponsel secara serius mengingat terbatasnya kapasitas memori penyimpanan, memaksa saya bereksplorasi membuat beberapa file berukuran kecil dalam upaya mendukung fitur yang ada. Seperti misalkan file video dibuat dalam format 3gp *he em* atau nada dering dalam format amr. Beberapa foto yang disukai, dibuat dalam resolusi nge-pas layar ponsel demi penyimpanan gambar yang lebih banyak.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.