5 Tips untuk Persiapan Liburan, yang Terakhir paling Penting loh

Mengambil keputusan untuk bepergian pada masa pandemi covid-19 begini sebenarnya bukanlah merupakan satu hal yang bijak, lantaran info terkini mengatakan bahwa pola penyebaran virus di berbagai wilayah tanah air makin marak seiring diabaikannya himbauan pemerintah terkait protokol kesehatan oleh banyak pihak, termasuk dari internal pemerintah sendiri.
Namun seiring pembukaan beberapa objek wisata waktu lalu, memberikan angin segar kepada masyarakat yang memiliki keinginan dinas atau sekedar liburan ke luar kota, memanjakan raga dan mata setelah sekian bulan mengurung diri demi mematuhi anjuran pemerintah agar tetap #diRumahSaja.

Lalu hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk melakukan dinas luar kota atau liburan dan jalan-jalan menikmati pemandangan dan objek wisata yang baru dibuka nantinya ?
Kalian bisa simak 5 tips berikut ini ya.

1. Cari tahu terlebih dahulu informasi umum kaitan objek wisata atau daerah destinasi yang ingin dituju. Ada apa saja di lokasi, apakah nantinya akan bisa dinikmati oleh anggota keluarga yang diajak atau bahkan pasangan kalian. Mengingat objek wisata masa kini biasanya dilengkapi pula dengan area rekreasi dan berjalan-jalan di tengah alam terbuka atau sawah, pula resto dan cafe on site demi menghilangkan dahaga selama beraktifitas. Jangan lupa jenis kuliner dan jajanan khas daerah yang bisa dinikmati ketika sampai di tujuan.

2. Cari tahu harga dan biaya terkini untuk sesi transportasi menuju objek wisata atau destinasi yang diinginkan, pun perjalanan balik dari lokasi tujuan. Ada banyak aplikasi travelling yang bisa digunakan melalui layar ponsel untuk melakukan cek tiket pesawat, kapal laut bahkan kereta api tanpa harus ribet berjibaku ke outlet fisik di dalam kota.
Ini akan memberikan gambaran awal berapa rupiah yang harus dipersiapkan dalam melakukan perjalanan bolak balik tanpa menemui kendala berarti. Untuk mengetahui harga tiket pesawat Jakarta-Bali misalkan, kalian bisa pastikan melalui halaman atau aplikasi Tiket melalui ponsel masing-masing

3. Cari tahu juga keberadaan transportasi publik yang bisa diakses di lokasi tujuan. Apakah menyediakan layanan antar macam ojek online yang kini memiliki banyak pilihan, ataukah memilih menggunakan jasa travel lokal dengan pola sekali bayar sekaligus tips pengemudi demi mencegah tambahan biaya tak terduga sepanjang perjalanan. Bisa juga memanfaatkan fasilitas semacam shuttle bus pariwisata milik pemerintah lokal, atau penyewaan kendaraan harian.

4. Tetapkan jangka waktu perjalanan atau liburan yang akan dilakukan, agar jangan sampai lupa waktu dan membatalkan janji atau pekerjaan penting di lokasi asal. Menjadi penting, mengingat akan ada banyak objek wisata ataupun spot foto menarik yang biasanya wajib dikunjungi saat melakukan perjalananan. Manfaatkan waktu luang yang ada di sepanjang jalan untuk beristirahat sejenak agar jangan sampai kelelahan. Semoga tak sampai lupa waktu ya.

5. Siapkan Dana Talangan atau tambahan, untuk biaya-biaya yang kemungkinan besar menjadi persyaratan administrasi dalam perjalanan. Biaya Rapid Test, bagasi, tiket Tol atau bahkan parkir dan restribusi bisa menjadi alternatif tambahan biaya didalamnya. Hal ini menjadi penting mengingat biasanya belum di-include kan dalam sebuah paket wisata perjalanan dan kerap terabaikan oleh pikiran saat melakukan aktifitas tanpa memanfaatkan jasa travel.

Nah begitu kira-kira tips dari saya, kaitan 5 hal penting yang wajib kalian persiapkan saat mengambil keputusan untuk melakukan perjalanan dinas atau liburan. Semoga bermanfaat dan semua aktifitas yang kalian lakukan nantinya bisa dinikmati dengan aman dan nyaman.
Have a nice Trip.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.