Trik kirim SmS tanpa sepengetahuan pemilik ponsel

9

Category : tentang TeKnoLoGi

Mengikuti perkembangan kasus Pembunuhan Nasrudin dengan terdakwa Antasari Azhar yang kini tengah menanti Vonis dari majelis Hakim, ditenggarai pernah mengirimkan sms ancaman lewat ponsel yang bersangkutan, akhirnya dapat dipatahkan dengan menghadirkan saksi ahli yang kemudian menggeber isi sms yang sekiranya ada di ponsel milik Antasari. Hasilnya tak satupun sms yang tercatat didalamnya dapat mengarah ke perihal ancaman yang dimaksud. Disela pembuktian ini ada satu topik menarik yang sempat muncul ke permukaan dimana beberapa sms Ancaman yang dimaksud diperkirakan dikirim dengan menggunakan nomor ponsel Antasari Azhar namun disanggah oleh yang bersangkutan. Topik ini tentu saja mengundang banyak pertanyaan, bagaimana mungkin sebuah sms bisa dikirim dengan menggunakan nomor ponsel tertentu tanpa sepengetahuan pemiliknya ?

Bisa. Yakin Banget Bisa. Saya katakan demikian, lantaran saya sempat mengalami masa-masa tersebut, mencoba dan membuktikan sendiri bahwa sebuah sms dapat dikirimkan dengan menggunakan nomor ponsel orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya. Caranya cukup mudah yaitu memanfaatkan beberapa alamat penyedia pengiriman sms (gratis) yang tersedia di dunia maya.

1rstwap.com adalah penyedia pertama yang saya coba kurang lebih pada tahun 2002/2003 lalu. Saat itu mereka menyediakan fitur pengiriman sms gratis dengan jatah perhari bagi satu pengguna yang mendaftar dengan memanfaatkan nomor ponsel yang dimiliki sebanyak maksimal 5 buah. Pesan atau sms tersebut dapat dikirimkan ke seluruh belahan dunia, tak hanya Indonesia saja. Meski demikian tidak menutup kemungkinan bahwa satu pengguna diperbolehkan memanfaatkan nomor ponsel milik orang lain untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang mereka sediakan. Saya sendiri saat itu memiliki sekitar 8 akun yang menggunakan nomor ponsel berbeda-beda, sehingga bisa dikatakan jatah pengiriman sms perhari yang saya dapatkan adalah 40 kali. Percaya atau tidak, Inilah kejahilan atau tindak kriminal pertama yang saya lakukan dengan menggunakan kecanggihan teknologi ponsel. Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga. Sepintar-pintarnya saya melakukan toh ketahuan juga. Hehehe… Sayangnya kalo gak salah per tahun 2004, 1rstwap.com tak lagi menyediakan fasilitas tersebut secara gratis hingga sayapun mau tidak mau ya mencoret alamat tersebut dari daftar kunjungan dunia maya.

Aplikasi Messenger ICQ adalah penyedia kedua dan terakhir yang saya manfaatkan untuk aksi pengiriman sms gratis ini. Sayangnya ada beberapa nomor operator yang tidak mampu di-cover atau dimanfaatkan untuk berkirim sms melalui dunia maya. Kalo sudah begitu, nomor yang tampil di ponsel penerima adalah alamat email yang saya gunakan hingga malah membuat kebingungan si penerima sms. Hehehe…

Balik ke awal topik, saksi ahli yang dihadirkan untuk menggeber isi sms yang ada dalam ponsel Antasari Azhar optimis menyatakan bahwa orang awampun bisa melakukan pengiriman sms dengan menggunakan nomor ponsel orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya. 2sms.com adalah satu penyedia yang diklaim oleh saksi ahli dapat membantu melakukan itu semua. Mau mencoba dan me-Review-nya ?

1rstwap yang aneh

Category : tentang TeKnoLoGi

Inget-inget punya hape pertama kali jadi inget usaha buat ngedapetin fasilitas sms gratis dari 1rstwap.

Awalnya bermula dari ICQ yang memberiakn fasilitas sms gratis ke nomor ponsel yang sayangnya pada nomor pengirim yang tampil bukan nama dan nomor si pengirim tapi nomor akun ICQ yang terdaftar.

Akhirnya ngedapetin hal yang diinginkan setelah browsing di internet dan bersua dengan www.1rtswap.com . entah ini situs masih ada ato enggak.

Sms gratis diberikan sebanyak 5 biji perhari untuk 1 nomor ponsel. Caranya cukup mudah, yaitu mendaftarkan nomor ponsel, maka dikirimlah nomor aktivasi ke nomor terkait untuk syarat mendapatkan fasilitas sms gratis tersebut. Maka, akal licikpun dipakai, dengan mendaftarkan nomor saudara lainnya guna mendapatkan fasilitas sms yang jauh lebih banyak dalam sehari. Waktu itu kalo ndak salah punya 8 nomor, sehingga bisa ber-sms gratis sebanyak 40 biji.

Karena nomor yang tertera pada sms gratis tadi adalah nomor ponsel yang dipake mendaftar, tak jarang si penerima sms mengira kalo aku gonta ganti nomor. saat dibales ke nomor tersebut, tau sendiri lah, yang punya nomor langsung bingung, karena ngerasa gak ada ngirim sms sebelumnya.

Berawal dari hal tadi timbullah ide untuk ngjailin sesama nomor tadi, dengan mengirimkan sms yang isinya aneh, ke nomor ponsel lainnya bahkan nomor ponsel itu sendiri. Maka terjadilah kebingungan antar yang punya nomor lantaran merasa nerima sms dari rekan yang ada disebelahnya.

Kenapa harus sms, ngomong aja langsung kan gampang ? begitu rata-rata komentar mereka. Huahahaha…. Yang ditanyapun bingung karena kukuh ndak ngirim sms yang nyatanya ada bukti nyata di ponsel yang lain.

Serunya ya yang ngedapetin sms dari nomornya sendiri, dan menyangka kalo itu virus ponsel atau malah setan yang ngirim sms. Wuahahaha….

Tapi gak cuman itu lho yang bisa dilakukan. Gambar logo operator hingga picture message bikinan sendiripun bisa dimasukkan ke hape via 1rstwap. Jadi gaya kalo waktu itu bisa punya oplogo yang bertuliskan nama sendiri. Padahal yang jualan konten blom ada. Blom lagi picture message bikinan sendiri. Wah senangnya.

Sayang, 1rstwap gak lama-lama nyediakan fitur gratisan ini. Cuman setahun, akhirnya ada aturan kalo mau make ya harus bayar. Jadilah 1rstwap gak diakses lagi hingga kini.

Kalo diinget-inget, asik juga sebenernya 1rstwap itu sudah hadir di tahun 2002an lalu.

Ha Pe Pertama

Category : tentang TeKnoLoGi

Setelah diinget-inget, ni hape kluaran jadul, produk dari Nokia dengan seri 3350 kalo ndak salah. Punya fitur wallpaper animasi walopun tampilannya masih itam putih.

3350.jpg

Ini ha pe pertama yang dimiliki, belinya sekitar 750 ribu, dari uang gaji pertama kerja di satu tempat ujung jalan Tukad Citarum.

Terpaksa punya lantaran waktu itu teman-teman waktu kuliah pada komplain, lantaran aku susah dihubungi (blom kenal hape), dan disaat yang sama, aku mengabarkan berita duka kematian seorang teman angkatan yang dibunuh pak Satpam di daerah Kapal, Badung. Keseluruh teman via telpon wartel dekat tempat kerja.

Yang unik waktu itu aku sempat ngedumel saat nyobain untuk ber-sms dengan sodara2, dengan berkata mending gak bawa hape deh, daripada susah begini. Eh ternyata setelah pencet sana pencet sini, malah keranjingan apalagi dengan adanya sms gratis via web yang diberikan oleh www.1rstwap.com waktu itu.

Maka hari-hari berikutnya pun diisi dengan mengoprek ha pe sampe ganti operator logo pake nama sendiripun bisa dengan bantuan situs gratisan tadi. Lucunya ya dipake buat ngejailin orang-orang disekitar yang waktu itu baru kenal dengan teknologi komunikasi ini.

Sayangnya ni hape dilego, demi mendapatkan hape dengan layar warna, yang serinya pun cuman dituker, yaitu 3530. gak jauh-jauh, yang ngambil ya kakak kandung sendiri. Namun nomor Simpati Telkomsel yang dipake sejak pertama punya hape inipun akhirnya harus dibunuh tahun lalu, lantaran mahalnya biaya yang dikenakan.

Jadilah ponsel pertama, plus nomer pertamanya ini harus tinggal kenangan…