LPSE Badung

LPSE Badung dibentuk melalui Surat Keputusan Bupati Badung nomor 1784/01/HK/2010 pada tanggal 1 Juli 2010 dengan mengambil unsur dari Bagian Administrasi dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Bagian Perlengkapan dan Aset Daerah, Inspektorat Daerah, Bappeda Litbang, Dinas Cipta Karya, Dinas Bina Marga serta Bagian Hukum dan HAM Setda Badung.

Adapun formasi pertama Tim Pengelola yang ditetapkan melalui SK terkait berjumlah 10 orang. Melalui Surat Keputusan Bupati Badung nomor 141/01/HK/2011 yang ditetapkan pada tanggal 21 Februari 2011, jumlah formasi tersebut bertambah satu orang selaku Pengarah yang dipegang oleh Kepala Bagian Administrasi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Badung.

Perombakan formasi Tim Pengelola kembali dilakukan pada tanggal 25 November 2011 melalui Surat Keputusan Bupati Badung nomor 2166/01/HK/2011, dimana LPSE tidak lagi berada secara Ad Hoc dibawah Bagian Administrasi dan Pembangunan Sekretariat Daerah, melainkan berpindah ke Bagian Perlengkapan dan Aset Daerah dengan jumlah formasi Tim Pengelola sebanyak 14 orang termasuk Asisten Administrasi Umum selaku Koordinator Pengelola dan Kepala Bagian Perlengkapan dan Aset Daerah selaku Koordinator Pelaksana.

Agar formasi Tim Pengelola LPSE Badung yang baru dibentuk ini mampu memahami bagaimana proses dan prosedur dari aplikasi Sistem Pengadaan Barang/Jasa secara Elektronik (SPSE), maka pada tanggal 21 s/d 24 Februari 2012, Tim dikirim ke LKPP untuk mengikuti Pelatihan atau yang disebut dengan istilah TOT (Train of Trainer).

Untuk mendukung pengelolaan LPSE Badung, beberapa fasilitas telah diberikan secara bertahap sejak awal pembentukan, antara lain :
1. Gedung LPSE Badung. Berlokasi di pojok Barat Daya area Diklat Puspem Badung, tepatnya disebelah selatan Wantilan dan sebelah Barat Kantor Agama kabupaten Badung. Gedung berlantai 2 yang dahulunya pernah digunakan oleh KPDE dan KPP (Pemberdayaan Perempuan). Gedung ini telah direnovasi dua kali yaitu pada tahun 2010/2011 mencakup area lantai 2 dan lobby depan, serta tahun 2012 untuk lantai 1.
2. Ruang Kerja. Mencakup Ruang Kepala LPSE, Sekretaris, Admin Agency, Training dan Pantry di lantai 1, serta Ruang Admin PPE, Server, Bidding, Verifikator dan Training di lantai 2. Rencananya, dalam APBD berikutnya akan diusulkan untuk penataan Interior di beberapa ruangan serta perbaikan Plafond dan pengadaan Meubelair.
3. Infrastruktur. Mencakup Server untuk Produksi (LPSE). Latihan, Database dan Firewall yang diposisikan pada Ruang Server. Untuk kebutuhan mobile, Tim Pengelola dibekali masing-masing 1 Notebook sekaligus dengan mobile Internet dan modem, beserta 9 Tabletpc yang kini dipegang oleh Kepala LPSE, Sekretaris, Admin PPE, Admin Agency, Helpdesk (2), Verifikator dan Trainer. Sedangkan untuk kebutuhan Pembinaan, telah disediakan 10 unit PC di Ruang Trainer, ditambah 6 unit PC di Ruang Bidding serta 4 unit PC untuk kebutuhan pelayanan di tempat.

Dalam menjalankan tugas, Tim Pengelola LPSE Badung secara rutin melakukan Rapat Koordinasi secara intern, membahas kesulitan serta mencari pemecahan dan solusi bersama-sama terkait pemanfaatan aplikasi SPSE oleh ULP Badung maupun dari pihak Penyedia dan Masyarakat. Tidak hanya itu, Koordinasi dilakukan pula dengan pihak LKPP secara berkala baik melalui Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), maupun secara langsung untuk mendapatkan tindak lanjut dengan segeda dalam beberapa kasus yang mendesak.

Beberapa prestasi yang telah dilakukan oleh LPSE Badung sejauh ini antara lain, Peringkat 2 Kategori Kabupaten Kota Tingkat Nasional untuk Jumlah Pengadaan yang dilelangkan melalui jalur e-Proc tahun 2012, Peringkat 2 Kategori Kabupaten Kota Tingkat Nasional untuk Jumlah Pagu Pengadaan yang dilelangkan melalui jalur e-Proc tahun 2012, serta menjadi pembicara dalam event Rakornas LPSE ke-7 yang diselenggarakan di Hotel Sanur Paradise Sanur Bali, November 2011 lalu.

Selain pembinaan yang dilakukan oleh Tim Pengelola LPSE Badung kepada user Penyedia dan Panitia Pokja, salah satu media yang sudah digunakan hingga saat ini untuk memberikan informasi ke masayarakat secara lebih luas terkait proses Pengadaan Barang/Jasa maupun tips ringan operasional sistem, yaitu melalui akun jejaring soisial Twitter @LPSEBadung.

Sebagai Referensi tambahan terkait aktifitas yang dilakukan oleh Tim Pelaksana LPSE Badung, berikut beberapa informasi yang dapat kami sampaikan melalui akun Twitter @LPSEBadung :

  1. e-Procurement Inovasi Pelayanan Publik Sektor Pengadaan berbasis Teknologi Informasi
  2. Persiapan menuju LPSE Badung
  3. Menuju Pelatihan Perdana SPSE oleh Tim LPSE Badung
  4. Selamat dan Sukses untuk Launching LPSE Badung
  5. LPSE Badung sejauh ini [13 Juni 2011]
  6. memperkenalkan @LPSEBadung akun Twitter LPSE Pemkab Badung
  7. Twitter @LPSEBadung : Informasi seputar LPSE Pemkab Badung
  8. Twitter @LPSEBadung : Informasi seputar e-Proc Pemkab Badung
  9. Twitter @LPSEBadung : Informasi seputar Paket Lelang oleh Panitia LPSE
  10. Twitter @LPSEBadung : Informasi seputar Aplikasi Apendo LPSE
  11. Twitter @LPSEBadung : Informasi seputar Panitia LPSE
  12. Twitter @LPSEBadung : Informasi seputar Paket Lelang oleh Panitia LPSE
  13. Twitter @LPSEBadung : Informasi seputar Jadwal Pelelangan oleh Panitia LPSE
  14. Twitter @LPSEBadung : Informasi seputar Tips Rekanan LPSE
  15. Twitter @LPSEBadung : Informasi seputar Tips Pemasukan Penawaran oleh Rekanan LPSE
  16. Selamat dan Sukses Rakornas LPSE ke-7 di Sanur Paradise Bali
  17. Pertemuan Koordinasi ke-7 LPSE Nasional Sanur Paradise Bali [photos]
  18. Alasan Kami (LPSE Badung) Memilih HTC FLYer
  19. Pengembangan Teknologi Akses Komunikasi Data untuk LPSE (bagian 1)
  20. Pengembangan Teknologi Akses Komunikasi Data untuk LPSE (bagian 2)
  21. Pengembangan Teknologi Akses Komunikasi Data untuk LPSE (bagian 3)
  22. Pengembangan Teknologi Akses Komunikasi Data untuk LPSE (bagian 4)
  23. Pengembangan Teknologi Akses Komunikasi Data untuk LPSE (bagian 5)
  24. Pengembangan Teknologi Akses Komunikasi Data untuk LPSE (bagian 6)
  25. Pengembangan Teknologi Akses Komunikasi Data untuk LPSE (bagian 7)
  26. Apa Kabarnya LPSE Badung di Tahun 2012 ?
  27. Menanti Tim LPSE Formasi 2012 Siap Beraksi
  28. Rekaman Lensa Train of Trainer Tim Pengelola LPSE Badung 2012
  29. Menunggu UpGrade SPSE 3.5 bagi LPSE Badung
  30. Twitter @LPSEBadung : Tips Menggunakan Aplikasi Apendo LPSE v.3.1
  31. Twitter @LPSEBadung : Trik [update] Menggunakan Aplikasi Apendo LPSE v.3.1
  32. Laporan Kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Aplikasi LPSE
  33. Laporan LPSE Badung tentang Virtualisasi dan Cloud Computing
  34. Tentang Rakor ke-8 LPSE Nasional
  35. Twitter @LPSEBadung : Trik [update] [2] Menggunakan Aplikasi Apendo LPSE v.3.1
  36. Telaah Aplikasi Monev Online
  37. Telaah Aplikasi RUP Online
  38. Management Training LPSE Advanced Badung Bali
  39. Selamat dan Sukses, Management Training LPSE Advanced Badung Bali

Masih merasa kurang ? silahkan follow akun Twitter @LPSEBadung atau Tunggu saja tulisan selanjutnya. Hanya diĀ www.PanDeBaik.com

Comments (5)

[…] diantaranya tentang Reuni SMAN 6 Denpasar, bahasan PocketPC, organisasi sosial Warga Pande, LPSE Badung dan tentu saja […]

mohon informasi besaran honor untuk anggota LPSE mulai dari Ketua hingga Anggota.. trima kasih

LPSE Kab. Jember

[Reply]

pande Reply:

Saya balas via email yah

[Reply]

chiwank Reply:

standar honor tim lpse berdasarkan peraturan dari mana? klo lpse bandung sendiri besaran honor tahun 2014 berapa? mohon bantuannya. terima kasih

[Reply]

Post a comment

CommentLuv badge