Sebuah Ode untuk I Made Suardhana Pande

Pada tahun 2013 akhir, saat dimana kami sedang berupaya mendata kegiatan yang telah dilaksanakan pada periode 5 tahun sebelumnya, buku ini ditemukan di sela tumpukan arsip dan laporan, yang kotor dan penuh debu. Seorang staf yang ikut membantu, menyodorkannya pada saya sambil berkata “Siapa tahu perlu, Pak Pande kan suka baca buku…”

Minggu pagi 6 September lalu, masih menikmati segelas kopi usai sembahyang pagi, saya teringat buku ini. Buku yang saya simpan di rak cokelat hasil karya mantan staf yang kini dilaporkan masih berstatus sakit, kalau tidak salah memuat profil belasan pejabat di Pemerintah Kabupaten Badung, salah satunya almarhum Ir. I Made Suardhana Pande, yang hari ini akan diupacarai di Krematorium Santha Yana.

Saya pun membuka lembar demi lembar ‘Mereka yang Mengabdi di Badung’ terbitan Bagian Humas Setwilda Tingkat I Badung, Agustus 1999.

Ada beberapa informasi yang baru saya ketahui tentang Beliau di masa lalu, figur kelahiran 17 November 1954 yang digambarkan sebagai sosok berpenampilan santai dengan kepribadian unik. Diantaranya tentang Ruang Sekar Sandat yang menjadi kebanggaan Beliau sejak awal, atau perjalanan karirnya yang pernah menjadi orang nomor satu di KPDE atau Kantor Pengolahan Data Elektronik Dati II Badung. Begitu pula keahlian Beliau di bidang Pompa Air dan Pemipaan, yang kalau tidak salah tetap terasah dari pendidikan strata satu di jurusan Teknik Mesin ITS Surabaya sampai masa akhir jabatannya sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Badung.

Beliau dikenal sebagai sosok pekerja oleh para staf dan koleganya. Mampu tertawa lepas saat guyonan dilontarkan dan pula serius menanggapi bilamana berada dalam tugas kedinasan. Saya sendiri pernah membaca beberapa masukan Beliau pada notulen rapat persiapan pembangunan Puspem Badung tahap I dan II yang masih tersimpan rapi di salah satu ruang pimpinan kami.
Demikian halnya soal motto hidup yang dianutnya selama ini.

‘No matter whats a man work, he can do it better if he has well informed’
atau dengan makna lain ‘Seseorang akan mampu bekerja dengan hasil yang lebih baik, asalkan dia memiliki informasi yang baik, tak masalah siapapun dia.’
dan sayapun meyakininya.

Amor ing Acintya,
Ir. I Made Suardhana Pande.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.