Fenomena Digital Education Semakin Marak di Indonesia

Digital education di Indonesia mulai menggeliat pesat semenjak Indonesia terkena wabah corona. Meskipun sebelumnya sudah banyak lembaga maupun grup komunitas yang melaksanakannya. Contohnya adalah kuliah-kuliah online yang dilaksanakan di berbagai platform. Sebutlah platform WhatApp, Instagram, Facebook, sebagian juga telah mulai menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet, dan masih banyak lagi.

Kesadaran orang tua muda masa kini untuk membekali diri dengan ilmu pengasuhan tampaknya menjadi sebab begitu maraknya kulwa atau digital education bertema pengasuhan. Ditambah lagi meningkatnya kasus kekerasan dan kenakalan anak membuat orang tua lebih waspada dan melakukan berbagai pencegahan, salah satunya dengan ikut kulwa parenting. Untuk platform WhatsApp yang paling sederhana dan banyak digemari adalah terselenggaranya banyak sekali kulwa (kuliah Whatsapp) tentang parenting yang memang sedang trend saat ini.

Sedangkan untuk platform Instagram dan Facebook yang menjadi trend saat ini adalah pelaksanaan kuliah online dengan berbagai tema. Yang justru paling menonjol dalam pengadaan kuliah online atau webinar-webinar adalah melalui platform Zoom. Walau beberapa kali dibayangi oleh isu keamanan terkait bocornya data para penggunanya, namun digital education via Zoom tampaknya menunjukkan taringnya dengan tetap menjadi raja dalam hal digital education saat ini terutama ketika corona masih menjadi momok yang menakutkan bagi semua negara di dunia.

Faktor-Faktor Pendukung Suksesnya Digital Education

  • Guru, Murid, Orangtua Murid
  • Ketiganya saling terkait dalam mensukseskan program pembelajaran online. Guru dan orang tua siswa dituntut lebih banyak berkomunikaswi perihal perkembangan dan pengawasan siswa karena siswa tidak berada di dekat guru. Perkembangan seutuhnya dapat dilihat secara langsung oleh orangtua murid. Sedangkan di luar lingkup sekolah maka pihak yang berperan adalah penyelenggara, pemberi materi, dan penerima materi.

  • Materi Pembelajaran
  • Materi yang singkat, padat, mudah dipahami, dan tidak membosankan merupakan salah satu kunci sukses penyelenggaraan pembelajaran online.

  • Sarana belajar
  • Sarana belajar yang umumnya digunakan dalam digital education adalah tablet, laptop, smartphone, dan berbagai sarana pelengkap seperti mouse, speaker, penangkap sinyal, dan lain sebagainya agar pembelajaran berlangsung lebih optimal.

    Pertimbangan Orangtua Saat Pemilihan Merek Produk Untuk Sarana Digital Education

    1. 46% merek yang direkomendasikan oleh gurunya anak-anak
    Orang tua sebagai konsumen utama dalam pemilihan teknologi sebagai sarana digital education cenderung lebih mempercayai pilihan gurunya anak-anak. Ternyata kepercayaan orangtua terhadap guru saat ini terbilang cukup besar sehingga orangtua dapat menjatuhkan pilihan dengan segera bila sang guru menyatakan teknologi tersebut memang baik dan cocok digunakan oleh para siswa.

    2. 43% merek yang memiliki nilai manfaat yang baik
    Di urutan kedua adalah produk yang manfaatnya bagus dan sesuai digunakan untuk pembelajaran online. Kali ini bukan tergantung pada rekomendasi guru namun lebih kepada pengalaman pribadi dan informasi yang didapat konsumen dari relasi juga sumber-sumber yang dapat dipercaya.

    3. 41% merek yang memiliki konten terbaik
    Selanjutnya adalah merek dengan kualitas konten dan fitur-fitur terbaik. Dengan fitur-fitur yang terbaik tampaknya cukup menjadi jaminan bahwa kegiatan pembelajaran online dapat sukses terlaksana. Walau fakta di lapangan nanti pasti akan tergantung pada banyak faktor penentu baik internal maupun eksternal.

    4. 41% merek yang memang sudah terpercaya di bidang teknologi pendidikan
    Yang terakhir yang jadi pertimbangan penentu adalah merek yang sudah dipercaya oleh orang tua secara pribadi khususnya merek yang cukup dikenal dalam ranah pendidikan.

    Dari data yang ada, maka guru merupakan ujung tombak pemilihan produk yang berguna bagi terselenggaranya digital education dengan sukses. Para guru dituntut untuk mengetahui teknologi dan dapat memilih produk-produk digital terbaik. Spesifikasi yang diperlukan seperti apa. Fitur-fitur pendukung yang wajib ada harus diketahui oleh para guru dan penyelenggara pendidikan. Mereka butuh sumber informasi yang lengkap dan terpercaya seperti di www.bhinneka.com.

    Saat sudah mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan, maka langkah selanjutnya adalah mencari toko yang produknya bergaransi, terpercaya, dan memiliki layanan aftersales yang baik. Dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun di bidang digital technology dan review yang memuaskan dari para konsumennya, cukuplah menjadi bukti bahwa toko Bhinneka memang serius dan berdedikasi dalam melaksanakan kewajibannya. Yaitu memberi informasi, menjual, dan memberikan pelayanan purna jual kepada para konsumennya. Jadi tidak perlu ragu dengan kualitas barang dan pelayanan www.bhinneka.com. Kunjungi dan buktikan sendiri pengalaman berbelanja kebutuhan dan perlengkapan untuk digital education di bhinneka.com.

    pande

    hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.