#HPjadul OS Windows untuk Perangkat Pintar

Ada yang tahu apa persamaan dari kedua perangkat berikut ini ?

Yup, sama-sama merupakan ponsel pintar di jamannya dan sama-sama menggunakan sistem operasi Windows.

Pada jaman dahulu kala, jauh sebelum era pertarungan iPhone vs Android, bisa dikatakan perang OS atau sistem operasi terheboh saat itu adalah rivalitas Palm vs Windows. 

Palm adalah sebuah sistem operasi dengan tampilan yang sederhana, dikembangkan dari tahun 1996 serta banyak digunakan oleh perangkat PDA atau Personal Digital Assistant pada awal-awal kemunculannya. Sementara sistem operasi Windows, pada tahun yang sama telah dikenal sebagai salah satu platform pc dan laptop dimana saat itu masih memiliki persaingan ketat dengan perangkat Mac miliknya Apple.

Penggunaan sistem operasi Windows pada perangkat ponsel pintar dalam perjalanannya ada Dua jenis.

Pertama, os Windows for Smartphones dan Kedua, os Windows PocketPC. Kalian tahu perbedaannya ?

Perangkat ponsel pintar yang dibekali dengan sistem operasi Windows for Smartphones biasanya hadir di pasar global tanpa fungsi layar sentuh. User Interface pada layar bisa dikenali dengan adanya dua area tombol kanan dan kiri di sisi bawah layar untuk fungsi yang berbeda. Secara dimensi baik layar maupun perangkat, didesain lebih simple dan sederhana bahkan beberapa diantaranya menyerupai ponsel biasa. Baru pada era hebohnya ponsel BlackBerry yang gembul dan dihiasi barisan thumbboard qwerty, beberapa rilis ponsel Windows Smartphones pun mulai meniru desain tersebut. Kalian bisa melihatnya pada ponsel pintar sejenis yang dirilis oleh Samsung dan Motorola.

Sementara itu, perangkat ponsel pintar yang dibekali dengan sistem operasi Windows for PocketPC selalu hadir dengan dimensi layar yang lebih lebar dan besar serta menggunakan fitur layar sentuh sebagai akses utamanya. Mengingat jenis layar sentuh yang diadopsi masih bertipe resistive, maka di pojokan kanan atas ataupun bawah perangkat, selalu diselipkan dengan stylus lancip sebagai akses utama layar. Meski bisa digantikan dengan cotton bud atau ujung jari tangan, namun sentuhannya tidak selembut akses layar ponsel jaman now. 

#windows #pocketpc #smartphones

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.