Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana untuk Usaha Kecil dan Menengah

Aplikasi pembukuan keuangan menjadi salah satu alternatif mudah dalam melakukan pelaporan dan pencatatan keuangan perusahaan. Pasalnya, salah satu kesalahan fatal yang banyak dilakukan oleh pengusaha yang baru menjalankan usaha adalah mengabaikan pembukuan keuangan. Hal itu dilakukan karena berbagai faktor, mulai dari masih menganggap remeh, prosesnya yang ribet dan lain sebagainya.

Pada proses awal, biasanya pelaku usaha akan fokus pada bagaimana cara mengembangkan produk, dan fokus pada pemasaran nya. Padahal memperhatikan cash flow keuangan setiap harinya menjadi hal yang harus dilakukan dan diperhatikan.

Membuat Pembukuan Sederhana

Membuat Buku Catatan Pengeluaran
Dalam langkah ini, pastikan kamu memiliki buku terpisah untuk mencatat berbagai pengeluaran atau belanja bahan baku yang dilakukan dalam periode tertentu. Dengan mencatat setiap pengeluaran usahamu kamu bisa mengetahui berapa besar jumlah modal usaha yang dikeluarkan. Dengan mengetahui jumlah pengeluaran, kamu bisa lebih mudah untuk menetapkan target dan strategi agar modal yang dikeluarkan kembali.

Membuat Buku Catatan Pemasukan
Setelah menyiapkan buku pengeluaran, jangan lupa untuk menyiapkan pula buku pemasukan yang berguna untuk mencatat setiap transaksi pemasukan perusahaan. Dalam hal ini pastikan kamu melakukan pencatatan secara kontinu untuk mempermudah dalam pembuatan pembukuan bulanan perusahaan. Dengan adanya buku kas pemasukan dan pengeluaran yang dicatat dengan kontinyu akan mudah untuk mengetahui berapa keuntungan perusahaan yang diperoleh setiap harinya.

Buku Hutang dan piutang
Dalam pembukuan keuangan, pencatatan hutang dan piutang menjadi salah satu hal yang penting. Dalam pencatatan piutang, kamu bisa mendapatkan tambahan pendapatan saat seseorang membayar piutangnya kepada usaha kamu. Sedangkan dalam catatan hutang sangat dibutuhkan agar kita dapat mengetahui kapan hutang kita harus dibayar dan berapa jumlahnya. Dengan buku ini, kamu bisa mengendalikan kasbon yang biasanya banyak terjadi pada warung makan dan usaha baru lainnya.

Buku Laba Rugi
Setelah beberapa komponen di atas tersusun dengan rapi, kamu bisa melanjutkan kegiatan yang dilakukan. Dalam membuat pembukuan, salah satu hal yang ditunggu adalah pencatatan laba dan rugi perusahaan.. buku ini digunakan untuk mencatat beban dan pendapatan perusahaan dalam satu periode tertentu. Kamu bisa mengetahui apakah dalam satu periode mengalami keuntungan atau kerugian.

Sebagai solusi untuk menjalankan berbagai kegiatan tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi pembukuan keuangan BukuKas. Aplikasi ini sangat memudahkan bagi pelaku usaha untuk mencatat dan mengamati transaksi keuangan yang terjadi.

Aplikasi pembukuan keuangan menjadi inovasi terbaru untuk menjalankan pembukuan dan pelaporan keuangan dengan cara yang mudan dan cepat dilakukan. BukuKas juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung lain seperti pengingat hutang dan sebagainya. Dengan keunggulannya, tidak heran jika aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 500.000 pelaku usaha baik skala besar maupun kecil.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.