#KoleksiJadul Ragam bentuk Kotak Kaset

Ada beragam bentuk kotak kaset tape di era kejayaan penjualan 90an yang dirilis oleh sejumlah perusahaan rekaman, ditawarkan demi mendapatkan sambutan luar biasa dari konsumen pasar.

Yang pertama, bentuk standar kotak. Diwakili oleh musisi Debtor aka om Ida Bagus Andi Loka dan ribuan musisi lainnya di blantika musik Indonesia maupun luar. Kalopun kalian punya produk semacam ini yang tidak bertuan, bisa dimanfaatkan untuk stand ponsel jaman now yang bodinya ratarata tipis.

Bentukan kedua, standar kotak dengan sudut membulat. Versi ini dirilis oleh beberapa perusahaan rekaman tahun 93/94, salah satunya menyajikan Suket karya om Jockie Suryoprayogo almarhum. Kalo ndak salah om Iwan Fals juga punya satu album yang kotak kasetnya membulat pada ujung atau sudut.

Bentukan ketiga ada standar kotak tapi sisi belakang full cover. Hadir dari salah satu artis luar, yaitu dobel album Michael Jackson HiStory. Bentukan ini biasanya digunakan untuk rilis album tahun 95/96 dan sudah tergolong agak modern.

Bentukan keempat ada kotak cover yang menggunakan bahan material kertas tebal. Biasanya diperuntukkan bagi artis luar yang merilis lagu dalam bentuk single. Satu kaset berisikan 1-2 lagu di masing-masing sisi. Contohnya Rob & Fab, mantan duo Milli Vanilli yang ke gep nyanyi lip sync di atas panggung.

Bentukan kelima ada yang standar kotak namun dibungkus cover kertas. Hadir dari artis-artis luar negeri macam Rolling Stones atau the Beatles dimana biasanya memberikan bonus lirik lagu dalam sebuah booklet kecil terpisah. Ini sangat berguna bagi mereka yang ingin bernyanyi dan mengetahui apa makna lagu juga artinya.

Bentukan keenam ada kemasan plastik tebal, yang dilapisi plastik tipis sebagai pelindung cover depan. Bentukan ini datang baik dari musisi dalam dan luar negeri di jaman old. Yang saya miliki ada album Semut Hitamnya God Bless dan belasan album om Iwan Fals era 80an.

Bentukan ketujuh, ada juga yang dirilis dalam bentukan kotak plastik yang unyu-unyu sehingga rentan rusak kalo buka tutup apalagi booklet lirik lagu disematkan dibelakang cover. Kemasan macam ini hadir dari musisi yang merilis album kisaran tahun 80an. Lebih ringan saat digenggam. Dalam gambar, diwakili oleh supergroup legend, Queen.

Kalo kalian, masih menyimpan bentukan kotak kaset yang mana ?

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.