#HPjadul Nokia lipat Camcoder series

Saya menemukan ada 5 ponsel Nokia yang didesain secara unik, meski secara perwajahan sebenarnya bukan hal baru saat seri pertama dari versi ini dirilis ke pasar global. Setidaknya dengan bentukan clamshell atau kulit kerang alias lipat, lalu konsep layar bisa diputar laiknya sebuah camcoder, jauh sebelumnya ada Sony Clie yang sudah menjajal lebih dulu. Tapi bagi penggemar Nokia, 6260 yang diturunkan pada tahun 2004 pertengahan, bisa jadi yang pertama kali mereka lihat.

Namun demikian adalah seri multimedia N90 yang iklannya begitu fenomenal untuk ukuran jaman old, menjadi titik awal bagi keluarga camcoder phone satu ini. Konstruksinya bisa dikatakan cukup ringkih untuk sebuah perangkat ponsel pintar. Hal ini kemudian disempurnakan kembali pada seri-seri berikutnya, yaitu Nokia N92 dengan fitur TV digital, dibantu konstruksi desain layar yang bisa didudukkan mendatar, Nokia N93 seri paling gemuk dan kokoh dari semua yang ada, dan terakhir seri N93i yang diklaim oleh Agen Simmons sebagai ponsel ‘buatan Jepang’ pada film Transformers (2007).

Terkecuali seri awal 6260, empat seri N merupakan ponsel flagship atau kebanggaan Nokia di jaman lampau. Bahkan salah satu serinya dirilis dalam 2 versi, normal atau standar, dan fashion phone.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.