#HPjadul #PDAjadul HP iPAQ PDA Elegan Jaman Old

Nama iPAQ infonya mengambil dari salah satu perangkat pc milik Compaq, yang kemudian diakuisisi oleh HP atau Hewlett-Packard’s, sebuah brand ternama pasar global.

Saat memasuki pasar di awal tahun 2000an silam, mereka merilis beberapa perangkat PDA atau Personal Digital Assistant murni, mengandalkan sistem operasi Windows PocketPC. Sehingga bisa dikatakan, HP iPAQ adalah salah satu brand yang identik dengan PPC sejak awal perkenalannya.

Secara desain, bisa dikatakan perangkat PDA yang diturunkan saat itu tergolong elegan dan mewah. Tidak heran bila pengguna HP iPAQ di jamannya lebih banyak datang dari kalangan eksekutif muda dan kantoran.

Perangkat terakhir yang diperkenalkan pada pasar global kalau tidak salah ingat adalah smartphone berbasis sistem operasi Windows Mobile 6.5 for SmartPhone. Sebuah perangkat pintar yang menyajikan layar landscape dan barisan thumbboard qwerty laiknya seri Motorola Q dan BlackBerry.

Saya sendiri hanya memiliki 3 seri diantara sekian banyak pda/phone dan perangkat gps yang pernah dirilis oleh HP iPAQ. yaitu (1) iPAQ 112, perangkat pda murni berbasis sistem operasi Windows Mobile 5.0. Ambil dalam kondisi baru gres stok lama, di lapak online Tokopedia 2 tahun lalu. Harganya ajip, 125 ribu dalam kondisi normal. Slot charger masih menggunakan versi lama yang lebar, dan tanpa fungsi telepon. Sehingga untuk koneksi internet, murni mengandalkan Wifi saja. Perangkat ini dulu pernah digunakan oleh para pramusaji gerai DCoz Renon untuk mencatatkan pesanan menu dari pengunjung. Lalu ada (2) iPAQ h6300 series, sebuah PDA Phone berwajah klasik lengkap dengan antena di sisi kiri dan tambahan thumbboard qwerty pada paket penjualannya. Sistem operasinya masih versi jadul, PPC 2003. Terakhir ada (3) iPAQ hw6500 series, pda phone dengan layar bujursangkar dan barisan thumbboard qwerty yang sudah menjadi satu di badan perangkat. Laiknya ponsel BlackBerry tanpa penggunaan antena lagi.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.