#HPjadul Keluarga Palm OS

Jauh sebelum berkuasanya Android, pasar dunia pernah diramaikan oleh perangkat PDA atau Personal Digital Assistant yang membantu penggunanya untuk mengatur jadwal, menerima dan mengirimkan email, atau menikmati hiburan, di luar aktifitas utama yang bisa dilakukan ponsel jaman itu.

Palm adalah sebuah sistem operasi. Kompetitor sang raja yang saat itu pernah menguasai pasar, Microsoft Windows.

Perangkatnya tergolong unik. Atau katakan saja Antik. Apalagi kalau dilihat kembali untuk ukuran Jaman Now. Katakan saja Tungsten T, perangkat paling kiri. Ini murni PDA.
Memiliki grafity area yang bisa dituliskan dengan stylus pen. Layar bisa di-Expand bilamana perlu.

Lalu ada Tungsten W, PDA favorit saya di Jaman Old. Perangkat PDA yang bisa difungsikan sebagai telepon namun pengguna wajib menggunakan headset. Liputan lengkap bisa dibaca disini.

Sebelahnya ada Palm Treo, yang dirilis dalam 2 versi OS. Palm dan Windows 5.0. Mendukung fungsi telepon dalam arti sebenarnya.

Paling kanan ada Palm Pre. Teknologinya dah menyerupai iPhone di awal kemunculan. Desainnya pun mirip dan terkesan mewah.

Ada yang pernah menggunakan dan masih menyimpan perangkat seperti ini ?

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.