#HPJadul Nokia N97/Mini, TouchScreen Serius Nokia Jaman Old

Teknologi layar sentuh yang disematkan pada layar ponsel bagi brand ternama Nokia pada era dimana seri N97 ini dirilis ke pasar global, sebenarnya bisa dikatakan bukan satu hal yang baru, mengingat di periode sebelumnya mereka sempat menurunkan seri 7710 yang penggunaanya macam ponsel gaming, serta dua tablet internet seri N800/N810. Disamping itu ditahun yang sama, kalau tidak salah sudah dipenuhi oleh ponsel PDA konvergensi besutan HTC, O2 ataupun Dopod yang sudah lebih dulu merajai pangsa pasar global.

Meski demikian untuk ukuran keseriusan tampaknya Nokia N97 ini memang menjadi satu terobosan baru mengingat selain adanya fitur touchscreen, tersedia pula input thumbboard qwerty yang berada dibalik layar dengan konstruksi slide ke arah samping kanan. Apalagi bekal lensa kamera yang disematkan pada bagian punggung tergolong WoW, 5 MP lensa Carl Zeiss ditambah kamera depan dengan resolusi VGA.

Kalau tidak salah ingat seri N dalam dinasti Nokia merupakan barisan ponsel yang memang difokuskan pada kebutuhan multimedia. Seperti halnya seri N lain, Nokia N97 ini dibekali pula dengan fitur-fitur terkini jaman itu, seperti system operasi Symbian 9.4 series 60, prosesor 434 MHz, internal storage 32 GB dengan memory 128 RAM, tambahan slot eksternal dan koneksi Wifi, Bluetooth serta GPS. Gak heran bilamana harga jual seri N97 rata-rata berada diatas angina disandingkan dengan ponsel lain yang dirilis dalam kurun waktu sama.

Berselang 1 tahun, Nokia N97 dirilis kembali dalam versi mini yang meski secara desain tidak banyak perbedaan, namun dengan dimensi ponsel yang sedikit lebih kecil, tampaknya terdapat pengurangan beberapa fitur seperti luasan layar juga internal storage.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik