#HPjadul Sony Clie series, PDA Japan Jaman Old

Seperti halnya saat berhasil menggenggam perangkat T-Mobile Sidekick Hiptop 2 tempo hari, rasa yang sama juga hadir saat 2 seri Sony Clie, perangkat genggam jaman old, bisa sampai di pintu rumah. Untuk waktu yang sangat lama, seri Clie ini sempat menjadi angan-angan lantaran bingung mau mencarinya dimana.

Sony Clie sendiri merupakan perangkat genggam yang lazimnya saat itu dikenal dengan nama PDA atau Personal Digital Asisstant, mengadopsi sistem operasi Palm dan diluncurkan di pasar Jepang tahun 2000 hingga 2005. Memiliki setidaknya 11 seri dengan bentukannya yang unik, dan sistem navigasi masih mengandalkan jog wheel, atau roda kecil yang menghias sisi samping perangkat, macam seri BlackBerry di kelahiran awal.

Disandingkan dengan ponsel-ponsel jaman sekarang, teknologi ataupun desain Clie series bisa dikatakan gak banyak berubah. Yaitu keberadaan layar sentuh yang masih murni mengandalkan stylus sebagai metode input, dimensi tipis nan besar, begitu nyaman digenggam untuk tangan ukuran yang saya miliki, kamera putar yang resolusinya tentu sama untuk pengambilan dari sudut manapun. Serta kemampuan office apps dan multimedia meskipun hanya menyediakan opsi storage ukuran MegaBytes saja.

Clie series yang saya dapatkan sebagai bagian dari misi #HPjadul ini, hadir dalam desain yang berbeda.

Sony Clie NX70v merupakan perangkat genggam dengan desain clamshell atau bentukan kerang alias lipat, dimana konstruksi atas murni mengadopsi area layar tok yang dapat pula diputar laiknya camcoder atau desain ala Nokia N90, dan konstruksi bawah, untuk barisan thumbboard dan tombol pilihan lainnya.
Lensa kamera dibenamkan pada konstruksi pojokan lipat, dan dapat diputar secara manual sesuai kebutuhan pengguna.

Sementara itu untuk Sony Clie TG50 mengambil bentukan pda murni dengan tambahan thumbboard dalam satu konstruksi dan fungsi clamshell hanya digunakan untuk menutupi layar. Seri ini mengingatkan saya pada Benq P50, atau iPaq 6500 yang memiliki desain sama persis namun tanpa penutup.

Kedua seri Sony Clie ini mengobati rasa rindu saya akan perangkat pda konvergensi jaman old yang sudah semakin sedikit jumlahnya.

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik