Selamat Ulang Tahun Mangupura, Ibu Kota Kabupaten Badung

Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun ke-10 Ibu Kota Kabupaten Badung “Mangupura” yang jatuh pada hari Sabtu 16 November 2019, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Badung ikut serta hadir dalam Upacara Bendera di lapangan Puspem Badung bersama beberapa opd lainnya. Apel bersama ini merupakan rangkaian tindaklanjut Surat Sekretariat Daerah Kabupaten Badung tanggal 29 Oktober 2019 lalu.

Mangupura ditetapkan sebagai Ibu Kota Kabupaten Badung melalui Peraturan Pemerintah nomor 67 pada tanggal 16 November 2009, memiliki area wilayah meliputi 9 Desa dan Kelurahan yang berada di Kecamatan Mengwi. 

Nama Mangupura terbentuk dari dua suku kata yakni mangu (berasal dari bahasa Jawa Kuno mango, lango, langu, dan langen yang artinya perasaan rindu menjadi terpesona oleh karena keindahan; segala sesuatu yang indah yang menimbulkan rasa cinta; serta keindahan, menawan hati, dan memikat), dan pura (dari bahasa Sanskerta, yakni dari akar kata pur yang berarti kota, benteng, atau kota yang berbenteng). Dengan demikian, Mangupura mengandung arti ibu kota yang menawan hati; ibu kota yang merupakan tempat untuk mencari keindahan, kedamaian dan kebahagiaan; ibu kota yang mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakatnya; dan ibu kota yang menumbuhkan rasa aman bagi masyarakatnya (wikipedia).

Ada beragam bentuk dan jenis perayaan yang diadakan dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Badung seiring peringatan HUT ke-10 Mangupura antara lain panggung rakyat yang diadakan di Gedung Balai Budaya tempo hari, lomba baleganjur, pameran Bonsai, pasar rakyat dan.masih banyak lainnya. Untuk pengamanan, infonya Badung melibatkan pihak aparat kepolisian, TNI, Satpol PP hingga pecalang. Harapannya adalah, semua kegiatan dapat berjalan secara aman dan kondusif, mengingat semua ini adalah kegiatan untuk menghibur masyarakat, sebagaimana arahan Bupati Badung.

Selamat Ulang Tahun ke-10 Mangupura, Bangun Cakti Gunamukti, Badung Bergerak Kuat dan Bermanfaat.

(*)

pande

hanyalah seorang Pegawai Negeri Sipil yang sangat biasa, mencoba hadir lewat tulisannya sebagai seorang blogger yang baik